Virus Singapura Dan Pengobatannya

Mungkin beberapa orang belum mengetahui apa itu Virus Singapura. Yang jelas penyakit ini pernah menjakiti warga singapura pada tahun 2000. Sudah ada lebih dari 2600 kasus tentang penyakit ini, bahkan beberapa kasus hingga menyebabkan kematian. Karena penyakit ini sampai menghebohkan dunia, oleh sebab itu penyakit ini dikenal dengan nama Flu Singapura/ virus singapura. Sedangkan, penyakit  ini  sendiri dalam bahasa kedokteran lebih dikenal dengan Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD) Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak dan tidak berbahaya. Tapi bila terjadi komplikasi, flu singapura bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itu kita harus mewaspadai penyakit ini dan jangan pernah menyepelekan suatu penyakit, meskipun itu tampak ringan.

Virus Singapura Dan Pengobatannya

Penyakit ini juga sering terjadi di Indonesia, meskipun jarang terjadi, tapi kita tetap harus mewaspadainya. Virus Singapura bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa. Flu Singapura biasanya menyerang anak-anak yang berusia 2 minggu – 10 tahun. Flu Singapura biasanya menyerang anak-anak yang memiliki imunitas yang kurang baik. Beberapa gejala yang biasanya ditimbulkan adalah demam, bintik-bintik merah di jari kaki dan tangan, serta sariawan yang menyebabkan nafsu makan berkurang, Beberapa komplikasi penyakit ini antara lain adalah diare, muntah, dehidrasi atau komplikasi yang lainya.  Jika komplikasi tersebut terjadi maka penderita flu singapuran harus segera dibawa ke dokter untuk memeperoleh penangan yang tepat. Virus Singapura umumnya jarang menyerang orang dewasa sebab orang dewasa lebih kebal terhadap virus enterovirus. Tapi tidak menutup kemungkinan jika ada orang dewasa yang terserang penyakit  ini ketika keadaan imun tubuhnya sedang lemah. Gejala yang muncul pada orang dewasa juga tak berbeda dengan gejala Flu singapura pada anak-anak, yakni sariawan, bintik-bintik kecil merah di tangan dan kaki.

Penyakit Virus Singapura umumnya tidak membutuhkan pengobatan yang khusus. Anda bisa menggunakan perawatan alami di rumah untuk membantu mengurangi gejala flu singapura. Caranya, konsumsi minuman atau cairan dingin untuk meredakan sakit tenggorokan. Anda harus mengkonsumsi banyak air agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, jangan mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang memiliki rasa asam dan pedas, kerupuk dan juga gorengan. Sebab makanan-makanan tersebut ini bersifat mengiritasi, dan membuat penyakit flu anda lebih parah.  Sedangkan untuk meredakan demam dan nyeri, minum acetaminophen (parasetamol) ataupun ibuprofen.

Menggunakan antibiotik tanpa indikasi bisa merugikan anda sebab efek samping dan kemungkinan terinfeksi oleh bakteri atau virus yang kebal terhadap antibiotik. Jika penderita anda mengalami muntah, diare atau tidak memiliki nafsu makan sehingga menjadi lemah, maka sebaiknya ia harus dirawat ke rumah sakit. Perawatan di rumah sakit bisa memungkinkan pemenuhan nutrisi dan juga cairan yang diperlukan tubuh  bisa memasuki tubuh melalui infus. Selain itu, Dokter biasanya akan memberikan asupan lainya seperti antibiotik, anti inflamasi dan vitamin untuk mempertahan daya tahan tubuh. Jika penderita Virus Singapura mengalami gatal-gatal maka dokter juga akan meresepkan obat anti alergi agar efek gatal dari luka bisa segera reda.

Selain menggunakan cara medis diatas, anda juga bisa menggunakan cara alami lainya untuk mengatasi flu Singapura, seperti dengan mengkonsumsi obat herbal yang mengandung banyak bahan-bahan alami. Obat tersebut bisa membantu anda mengatasi serangan flu dengan membuat daya tahan tubuh anda lebih meningkat. Demikianlah ulasan tentang Virus Singapura dan pengobatannya, semoga bermanfaat untuk anda.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Virus HPV Dan Pengobatannya yang Efektif

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *