Virus HPV Dan Pengobatannya yang Efektif

Virus HPV merupakan  sekumpulan virus yang menginfeksi tubuh manusia pada membran mukosa dan sel epitel di kulit dan bisa menyebabkan keganasan. Virus HPV ini mempunyai jenis yang cukup banyak, hampir mencapai 100 tipe HPV. HPV 16 dan HPV 18 dikenal sebagai penyebab dari kasus keganasan di leher rahim (serviks) wanita sebanyak 70%. Lalu Tipe HPV 6 dan juga 11 dikenal sebagai penyebab utama dari 90% kasus kutil kelamin. Penyakit ini bisa menular melalui hubungan seksual dan setiap orang bisa tertular infeksi HPV. Orang yang terinfeksi virus HPV tidak  biasanya tidak menunjukan gejala yang signifikan. Setelah terinfeksi, biasanya virus HPV berdiam diri di lapisan epitel kulit dan semakin bertambah banyak. Tipe HPV  yang lainya bisa menyebabkan sel normal di dalam tubuh menjadi abnormal, lalu mengakibatkan penyakit kanker. Infeksi HPV cukup bervariasi, diantaranya adalah kutil di jalan napas, kutil kelamin, kanker serviks, kanker dubur, kanker vulva, kanker penis, kanker vagina, kanker mulut dan juga kanker tenggorokan.

Virus HPV Dan Pengobatannya yang Efektif

Bila terdeteksi lebih awal dan diberikan penangan secara tepat, maka infeksi virus HPV masih bisa sembuh. Tapi, banyak orang yang baru mengetahui penyakit ini setelah mengalami stadium yang lebih lanjut,  contohnya pada kasus kanker serviks. Perkembangan HPV bisa dihambat dan dikurangi efeknya dengan cara mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin seperti vitami A, C, E, dan juga asam folat. Ada baiknya bila anda memastikan jika sayur dan juga buah yang anda konsumsi bebas dari pestisida dan juga bahan kimia.

Di zaman sekarang ini sudah tersedia banyak vaksin yang bisa digunakan untuk memberantas masalah karena virus HPV, seperti Gardasil yang digunakan untuk mengatasi HPV kutil kelamin, dan Cervarix untuk melindungi kita dari penyakit kanker leher rahim. Vaksin hendaknya diberikan pada anak yang berusia 11 atau 12 tahun. Bila orang dewasa belum memeperoleh vaksin tersebut sebaiknya segera mendapatkan, terutama bila seorang wanita berumur 21 tahun atau pria yang berumur 26 tahun. Jadi upayakan untuk memberikan vaksin sebelum melakukan  hubungan seksual secara efektif untuk mencegah penyakit ini.

Metode pengobatan untuk pasien yang terkena virus human papilloma virus cukup banyak dan umumnya bersifat topikal. Pengobtatan tersebut dilakukan guna mematikan sel-sel yang telah terinfeksi Virus HPV ataupun membuang sel-sel yang telah rusak dengan metode bedah listrik. Adapun cara lainya ialah dengan merangsang sistem imun tubuh supaya bekerja lebih aktif sehingga bisa membentuk antibodi untuk melawan virus berbahaya  tersebut.

Cara lainnya ialah dengan cara membekukan sel dengan nitrogen cair yang selanjutnya dibuang. Cara ini juga sering disebut dengan cryotheraphy. WHO memberikan pernyataan jika kanker leher rahim atau kanker serviks bisa disembuhkan secara total bila terdeteksi sejak dini.Tapi, hal itu bukan berarti penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Beberapa cara pengobatan diatas bisa membantu anda dalam mengobati virus HPV. Beberapa obat-obatan yang juga juga  bisa mengatasi infeksi HPV adalah trichloroacetic acid, salicylic acid,  podofilox (condylox) dan imiquimod (Aldara, Zyclara). Namun anda harus slalu mengingat jika obat-obatan tersebut bisa menyebabkan efek samping, oleh sebab itu anda harus menggunakanya dengan hati-hati dan harus sesuai dengan anjuran dokter! Demikianlah tadi ulasan tentang Virus HPV dan pengobatanya. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

 

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Pengertian Virus Torch Dan Pengobatannya

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *