Tips Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Kesehatan Ibu Hamil Muda – Masa kehamilan muda merupakan masa yang penuh dengan kebahagiaan dan kadang kebingungan. Ibu hamil muda diharuskan belajar mengenai beberapa hal penting yang dilakukan pada masa kehamilannya. Terutama trimester I yang merupakan masa penting dan kritis untuk perkembangan dan pertumbuhan organ vital janin. Ibu hamil harus mulai beradaptasi dengan kandungannya serta mengusahakan yang terbaik untuk menjaga kehamilannya.

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Berikut adalah ini beberapa tips menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda hal yang harus ibu hamil muda lakukan pada masa kehamilan awal:

  1. Kunjungan ke Dokter Kandungan

Setelah dipastikan bahwa Anda hamil melalui test pack urin, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu berkunjung ke dokter kandungan. Memeriksakan kehamilan ke bidan pun tak masalah, namun usahakan untuk mendapat pemeriksaan dengan USG satu kali dalam trimester I. Berkunjung ke dokter kandungan atau bidan pun penting untuk memeriksa tekanan darah Anda.

  1. Hati-Hati dengan obat

Ibu hamil muda harus sangat berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan, bahkan obat warung yang dijual secaa bebas di apotik. Beberapa jenis obat yang diminum ibu hamil bsia menembus plasenta dan ikut beredar di tubuh janin. Konsultasikan seluruh obat yang biasa Anda minum pada dokter kandungan.

  1. Cukupi asupan zat besi

Asupan zat besi yang cukup dalam masa kehamilan juga merupakan hal penting yang taj boleh dilewatkan ibu hamil muda. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan ibu mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Selain merugikan ibu, kekurangan zat besi juga akan merugikan janin karena janin sampai bayi nanti hanya mendapatkan asupan zat besi dari ibunya. Maka mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi ataupun meminum suplemen zat besi sangat penting bagi ibu hamil. Usahakan untuk tak mengkonsumsi zat besi bersamaan dengan susu atau teh karena mengurangi penyerapannya.

  1. Kurangi Kafein

Ibu hamil muda tak perlu puasa minum kafein, namun harus mengurangi asupan kafein berlebih. Kafein berlebhan dapat meningkatkan risiko keguguran. Batasi konsumsi kafein sebanyak 200 mg per harinya. Angka 200 mg kafein sama dengan 2 gelas kopi instan. Perlu diingat bahwa teh (bahkan teh hijau), minuman bersoda, cokelat dan minuman penambah energi pun juga mengandung kafein.

  1. Ketahui Makanan yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Sebaiknya ibu hamil muda mulai mencari serta membaca mengenai pengetahuan makanan bagi ibu hamil. Ibu harus mengetahui tentang jenis makanan apa yang harus dikonsumsi dan jenis makanan apakah yang harus dihindari pada saat mengandung. Ibu hamil muda tidak membutuhkan kalori yang terlalu banyak pada trimester I.

  1. Konsumsi asam folat

Semua ibu hamil muda memerlukan asupan asam folat selama masa kehamilannya. Jika perlu, Ibu dapat membeli suplemen asam folat diikuti dengan konsultasi hal ini terlebih dahulu pada bidan atau dokter kandungan. Ibu membutuhkan 400mcg asam folat atau Vitamin B9 setiap harinya. Peran asam folat penting sekali pada trimester I karena dapat membantu perkembangan saraf janin serta keadaan kekurangan asam folat dapat menimbulkan komplikasi kesehatan yang cukup berbahaya pada janin Anda.

  1. Berhenti merokok serta hindari asap rokok

Sudah menjadi pengetahuan umum jika rokok dapat menyebabkan penyakit pada orang sehat yang menghirup asapnya. Hal ini juga berlaku pada ibu hamil. Rokok dapat membahayakan ibu dan janinnya dengan menyebabkan kehamilan di luar rahim, ketuban pecah sebelum waktunya di usia kehamilan yang lebih tua dan keguguran.

Itu tadi Tips Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *