Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Tips menjaga kesehatan telinga- Seberapa sering Anda memeriksakan telinga Anda? Bisa jadi sangat jarang atau mungkin tidak pernah? Ya, kesehatan telinga memang sering kali luput dari perhatian. Bahkan mungkin sebagian besar masyarakat sangat jarang memeriksakan telinganya secara rutin. Bisanya orang baru akan memeriksakan telinganya hanya saat mengalami gangguan saja. Padahal sebagaimana kita tahu bahwa banyak sekali jenis gangguan yang mungkin bisa menyerang kesehatan telinga kita, tanpa kita sadari. Mulai dari gangguan telinga ringan, sedang, berat atau gangguan telinga karena faktor lain seperti kecelakaan dan faktor usia.

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Nah sebelum Anda mengalami kemungkinan gangguan pada telinga, ada baiknya Anda memperhatikan dan menjalankan beberapa hal penting yang bisa menjaga telinga tetap sehat dan pendengaran Anda tetap tajam. Sebagaimana dilansir dari detik health. com ada beberapa tips menjaga kesehatan telinga, antara lain:

  1. Lakukan Pemeriksaan Rutin.

Ada baiknya jangan hanya memeriksakan telinga hanya ketika merasa ada gangguan saja. Karena sebenarnya dengan melakukan pemeriksaan telinga secara rutin Anda juga bisa melihat atau memantau kondisi sensitivitas pendengaran telinga Anda. Selain itu bisa juga mendeteksi kemungkinan adanya gangguan pada telinga yang mungkin tidak Anda sadari.

  1. Kurangi Mendengarkan Suara Keras.

Jika melakukan pemeriksaan rutin tidak mungkin untuk Anda lakukan, maka cara terbaik ialah dengan sebisa mungkin menghindari kebiasaan yang akan berdampak buruk untuk pendengaran telinga. Seperti misalnya mendengarkan musik dengan volume yang terlalu keras. Sekalipun Anda sangat menyukai musik, tapi jika mendengarkan musik terlalu lama dengan suara yang terlalu keras tentu akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi pendengaran Anda, apalagi suara yang keras di atas 85 desibel.

  1. Pola Makan Sehat.

Untuk menjaga telinga tetap sehat, maka Anda juga perlu menghindari konsumsi lemak hewani tak jenuh secara berlebihan. Tapi sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B12 dan E yang bisa menjaga sistem pendengaran Anda tetap tajam. Selain itu, kalsium dan vitamin D juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang pada area telinga, terutama kolkea.

  1. Hindari Kafein dan Natrium Berlebih.

Tips menjaga kesehatan telinga yang selanjutnya adalah bahwa kafein berlebih rupanya bisa menghambat aliran darah ke telinga. Sementara natrium bisa menyebabkan retensi cairan penyebab pembengkakan pada organ di telinga. Bahkan menurut salah satu studi penelitian, orang yang memiliki tekanan darah tinggi lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran. Sementara natrium yang tinggi dalam tubuh bisa menjadi salah satu penyebab tekanan darah menjadi tinggi (hipertensi)

  1. Stop merokok.

Apa hubungan rokok dengan kesehatan telinga? Ternyata asap rokok bukan hanya berdampak buruk pada kesehatan paru-paru, tapi juga bagi pendengaran. Sebuah studi menunjukan jika ternyata paparan tembakau menjadi salah satu penyebab gangguan pendengaran. Dalam jurnal asosiasi kesehatan Amerika dikatakan bahwa semakin banyak eksposur terhadap asap rokok maka kemungkinan sesorang mengalami gangguan pendengaran saat usia lanjut lebih besar.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan telinga yang bisa kita lakukan agar telinga kita tetap sehat dan pendengaran kita tetap tajam. Sekalipun kesehatan telinga sering luput dari perhatian kita, setidaknya kita bisa menghindari datangnya gangguan ataupun penyakit pada telinga kita. Bagaimanapun, telinga sebagai organ pendengaran sangatlah penting bagi manusia. Bayangkan jika telinga atau pendengaran kita mengalami gangguan, tentu komunikasi kita sehari-haripun akan terganggu.

Saksikan video di berikut :

Baca artikel sebelumnya juga :

Tips menjaga kesehatan mata

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *