Tips Menjaga Kesehatan Payudara

Tips Menjaga Kesehatan Payudara

Tips Menjaga Kesehatan Payudara sebaiknya diketahui oleh setiap wanita sebab payudara adalah organ yang penting untuk wanita. Tak hanya bisa berpengaruh terhadap penampilan kita saja tapi payudara juga dapat menjadi bumerang untuk wanita itu sendiri bila kesehatannya tidak dijaga. Payudara adalah organ vital untuk wanita, tanpa payudara pastinya organ wanita tak akan lengkap. Selama ini terdapat berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang organ payudara dan yang paling menakutkan adalah kanker payudara. Kanker payudara ini merupakan pembunuh nomor 2 untuk setelah kanker serviks. Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan masalah kanker payudara ini, oleh karena itu mari kita jaga kesehatan payudara kita agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

Tips Menjaga Kesehatan Payudara

Tips Menjaga Kesehatan Payudara

Tips Menjaga Kesehatan Payudara

Tips Menjaga Kesehatan Payudara

Berikut adalah Tips Menjaga Kesehatan Payudara

  1. Gunakan bra dengan ukuran pas

Bila kulit disekitar area payudara anda terasa gatal dan terlihat merah, mungkin saja bra yang anda gunakan terlalu kecil. Atau mungkin karena kulit anda tak cocok dengan bahan dari bra tersebut. Oleh sebab itu pilihlah bra dengan bahan yang nyaman di kulit dan sesuai ukuran supaya membuat payudara anda sehat.

  1. Melakukan SADARI

SADARI merupakan singkatan dari periksa payudara sendiri yang wanita harus mengerti cara mengetahui kesehatan payudaranya dengan memeriksanya sendiri. Sadari ini dapat dilakukan dengan mudah dan mempunyai tujuan untuk mendeteksi apakah ada gejala-gejala yang mengarah pada tumor atau kanker  di payudara kita. Lebih dari 90 % tumor yang terdapat dalam payudara wanita dapat dideteksi dengan menggunakan cara sadari ini. Sadari ini adalah bagian yang penting untuk menjaga kesehatan payudara wanita. Cara untuk melakukan sadari ialah dengan mengangkat tangan kiri ke atas kepala, lalu raba payudara anda dengan menggunakan tangan kanan. Rasakan apakah terdapat benjolan atau tidak di payudara anda. Jika anda belum yakin anda bisa memeriksakannya ke dokter melalui ultrasonografi (USG). Ini sangat disarankan untuk dilakukan oleh wanita yang memasuki usia 20 tahun keatas.

 

  1. Rajin olahraga

Berolahraga sekitar 45 menit sampai satu jam dengan rutin dapat mencegah kanker payudara. Latihan kebugaran bisa membantu anda untuk meningkatkan fungsi imun tubuh, mengurangi resiko kegemukan, dan menurunkan kadar hormon insulin dan estrogen.

  1. Hindari stres

Memang belum ada bukti bila stres bisa memicu terjadinya penyakit kanker payudara. Tapi, payudara dapat terasa sakit sebab beberapa jenis hormon di payudara mengalami peningkatan ketika stres.

  1. Jaga berat badan

Selain akan menganggu penampilan anda, berat badan yang berlebih atau obesitas bisa membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit. Obesitas bisa meningkatkan resiko munculnya penyakit dan menurunkan sistem kekebalan tubuh kita. Ini merupakan penyebab dari berbagai jenis masalah kesehatan dan berbagai masalah kesehatan. Bahaya obesitas ini tak boleh disepelekan karena bisa menimbulkan masalah penyakit jantung  bahkan bisa memicu terjadinya stroke. Obesitas juga bisa menjadi pemicu terjadinya kanker payudara 2 kali lipat bila dibandingkan dengan wanita yang mempunyai  berat badan normal. Penelitian telah menemukan fakta jika wanita yang berat badannya naik sebanyak 22 kg hingga 25 kg setelah usia ke 18 tahun mempunyai resiko terkena penyakit kanker payudara. Untuk itu anda harus selalu menjaga berat badan anda agar terhindar dari berbagai maslah kesehatan. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan rendah lemak

  1. Mengkonsumsi Buah yang mengandung Antioksidan

Tips Menjaga Kesehatan Payudara selanjutnya adalah dengan mengkonsumi buah-buahan yang mengandung antioksidan. Buah yang mengandung antioksidan sendiri bermacam-macam ada buah apel hijau, buah sirsak, manggis, dll. Anda bisa memilih yang sesuai dengan selera anda. Untuk anda yang mempunyai riwayat keluarga mengidap kanker payudara dapat mengkonsumsi air rebusan kulit manggis kering dan rebusan daun sirsak agar  kesehatan payudara anda tetap terjaga.

Baca artikel sebelumnya ya…

Tips menjaga kesehatan tulang

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *