Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips menjaga kesehatan mata- Mata merupakan alat penglihatan yang tentunya sangat penting bagi manusia. Banyak orang yang menyebut bahwa mata merupakan jendela untuk melihat dunia. Bagi Anda yang memiliki mata yang sehat sudah sepatutnya Anda bersukur karena tentunya itu merupakan suatu anugrah. Karena tidak semua orang dianugrahi mata atau penglihatan yang sehat. Menurut salah satu sumber terpercaya, yaitu World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa di Asia Tenggara sejauh ini terdapat 45 juta orang yang menderita kebutaan mata. Di Indonesia sendiri ada begitu banyak penderita mata buta, katarak ataupun berbagai penyakit mata lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan mata sebelum penyakit meyerang mata kita.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Dilansir dari berbagai sumber, salah satunya detik health, ada beberapa tips menjaga kesehatan mata yang bisa dilakukan, diantaranya :

  1. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Mata.

Cara paling mudah untuk menjaga mata kita selalu sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan mata. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A,C dan E karena dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Selain itu ikan salmon juga memilik kandungan yang sangat baik untuk kesehatan mata.

  1. Hindari Kebiasaan

Beberapa kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok  bisa memberikan efek negatif pada mata. Banyak meminum alkohol bisa menyebabkan pupil menjadi tidak stabil, pandangan menjadi kabur bahkan hingga rabun mata. Bahkan menurut para ahli, merokok bisa menjadi salah satu penyebab penyakit mata katarak, degenari makula atau hilangnya ketajaman penglihatan mata, bahkan bisa menyebabkan beberapa kerusakan pada saraf mata.

  1. Periksakan Mata Secara Rutin.

Mata menjadi salah satu organ tubuh yang mungkin sangat jarang diperiksa. Padahal sama seperti anggota tubuh lainnya, mata juga perlu untuk diperiksa secara rutin. Karena jika Anda terlalu stres dengan kesibukan pekerjaan bisa juga dampak dari mata yang tidak sehat. Oleh sebab itu sebisa mungkin lakukanlah periksakanlah mata Anda secara rutin.

  1. Senam Mata.

Tips menjaga kesehatan mata yang selanjutnya adalah sama halnya seperti tubuh, jika mata Anda merasa lelah maka lakukanlah senam mata. Biasanya mata kita akan terasa lelah jika terlalu lama melihat layar komputer ataupun karena radiasi cahaya matahari. Senam mata bisa dilakukan dengan memutar-mutar bola mata ke kanan dan kiri, atas dan bawah selama beberapa detik agar mata kembali terasa rileks.

  1. Istirahatkan Mata.

Mata juga memerlukan istirahat. Mata yang sudah lelah tapi dipaksakan untuk tetap ‘melek’ akan berdampak buruk bagi kesehatan mata itu sendiri. maka, sebisa mungkin jangan terlalu lama berada di layar komputer, terlalu lama menonton tv dengan pencahayaan yang kurang.

  1. Hindari Mengucek Mata.

Banyak orang yang ketika kelilipan ataupun merasa matanya gatal akan cenderung mengkucek matanya hingga tampak merah. Padahal sangat tidak dianjurkan untuk mengucek mata berlebihan karena bisa mengakibatkan iritasi pada bola mata Anda.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mata yang bisa kita lakukan untuk menjaga mata kita tetap sehat. Selain itu, hindari juga kebiasaa-kebiasaan yang bisa berdampak buruk pada mata, seperti membaca terlalu dekat dengan objek, atau membaca dengan pencahayaan yang kurang atau hal-hal lain yang memungkinkan mata Anda bekerja terlalu lelah. Karena banyak  dari kita yang mengalami berbagai gangguan pada mata karena akibat dari berbagai kebiasaan yang kurang baik.

Baca artikel lainnya juga ya..

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips Cara Melangsingkan Tubuh yang Sehat, Aman dan Alami

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *