Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tips menjaga kesehatan jantung– Jika ada organ manusia yang paling vital, maka jawabannya adalah jantung. Jantung berfungsi untuk mempompa dan melakukan peredaran darah dalam tubuh. Disfungsi jantung tentunya akan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena bisa sangat mematikan. Penyakit jantung tentu saja sangat dihindari dan ditakuti oleh siapapun. Tapi di sisi lain banyak diantara kita yang masih sering menyepelekan hal-hal yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Padahal jika ingin terhindar dari penyakit jantung, cara terbaik adalah dengan mencegah datangnya penyakit jantung tersebut.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, hasilnya menunjukan bahwa sebenarnya banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, mulai dari hal paling sederhana hingga hal vital. Dilansir dari berbagai sumber ada beberapa tips menjaga kesehatan jantung, antara lain:

  1. Melakukan Olahraga Ringan.

Ada beberapa olahraga ringan yang sangat membantu jantung tetap sehat. Mulai dari bangun tidur lebih pagi, melakukan gerakan yoga dan berjalan kaki minimal 20-30 dalam sehari adalah salah satu bentuk olahraga ringan yang bisa menjaga kesehatan jantung. Begitulah pendapat dari ahli jantung New Delhi, dr Vanveen Bhamri.

  1. Sering Tertawa.

Cara ini mungkin terkesan sepele, tapi ternyata manfaatnya cukup luar biasa. Tertawa terbahak-bahak sekitar 15 menit ternyata setara dengan melakukan gerakan aerobik selama 30 menit. Tertawa bisa menekan pelepasan hormon stres kortisol sehingga tekanan darah akan terkendali.

  1. Hindari Stres.

Stres bisa menjadi pemicu penyakit jantung. Saat seseorang mengalami stres maka hormon adrenalinnya akan meningkat dan kondisi jantung akan berdebar sehingga tekanan darah pun akan meningkat, sehingga pembuluh darahnya akan menyempit.

  1. Cukupkan Istirahat.

Dilansir dari detik health, sering bergadang hingga larut bukan hanya menimbulkan efek lemah pada tubuh, tapi juga meningkatkan resiko stres dan tekanan darah yang tentunya sangat berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Sekalipun sederhana, istirahat yang cukup akan sangat membantu menjaga kesehatan jantung kita.

  1. Ketahui Angka-angka Vital.

Ada beberapa indikator untuk mendeteksi masalah pada jantung. Misalnya dengan memeriksakan rutin tekanan darah, memeriksa denyut nadi, memeriksakan kadar lemak, kolesterol dan trigliserida. Dengan demikian Anda tips menjaga kesehatan jantung salah satunya adalah dengan selalu bisa memantau kondisi kesehatan jantung.

  1. Hindari Rokok dan Alkohol.

Bukan rahasia lagi kalau rokok dan Alkohol jadi penyebab penyakit jantung. Sekalipun banyak orang yang tidak memedulikan bahaya yang ditimbulkannya. Hal ini memang karena efek yang ditimbulkannya jangka panjang. Namun demikian bagi Anda yang peduli dengan kesehatan jantung, sebaiknya Anda hindari rokok dan alkohol. Terlebih karena asap rokok bukan semata-mata merugikan Anda tapi juga orang di sekitar Anda.

  1. Pilih Makanan yang Sehat.

Siapapun pasti tahu hal ini. Tapi yang dimaksud bukan hanya masalah asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh, tapi juga usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri (makanan rumahan) bukan makanan kemasan cepat saji atau instan. Makanan rumahan yang dimasak sendiri lebih baik karena tidak mengandung berbagai bahan pengawet.

Demikianlah beberapa tips menjaga kesehatan jantung. Siapapun pasti tahu bahwa kesehatan tidak bisa dibeli dengan uang. Jadi, sebelum penyakit jantung menyerang Anda, jangan abaikan hal-hal di atas. Mungkin beberapa penyebab jantung baru akan dirasakan dalam jangka waktu yang cukup lama, meskipun begitu jangan pernah menyepelekan penyebab penyakit jantung dan jangan abaikan peringatan kesehatan.

Baca juga artikel sebelumnya ya….

Tips menjaga kesehatan tenggorokan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *