Tips Menjaga Kesehatan Ibu Setelah Melahirkan Caesar

Kesehatan Ibu Setelah Melahirkan Caesar – Operasi caesar menjadi langkah persalinan yang dilakukan dengan beberapa alasan medis yang sangat kuat. Meskipun ibu hamil dapat memilih proses kelahiran ini namun biasanya memiliki resiko khusus. Operasi caesar dilakukan dengan pembedahan pada bagian dinding rahim untuk mengeluarkan bayi. Dengan proses ini, bagian penting yang harus diperhatikan oleh semua ibu yaitu pemulihan rahim setelah operasi. Selain itu, biasanya proses ini menimbulkan rasa sakit yang lebih besar jika dibandingkan dengan melahirkan normal.

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Setelah Melahirkan Caesar

Setelah operasi Caesar, ibu yang baru melahirkan biasanya masih memiliki keterbatasan dalam melakukan berbagai kegiatan fisik. Langkah perawatan dimulai dengan membiasakan ibu merasa nyaman akan luka bekas operasi. Setelah itu dilanjutkan dengan cara melakukan beberapa latihan fisik ringan seperti duduk, miring dan kemudian berdiri lalu berjalan. Prosesnya memang memerlukan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan persalinan normal. Namun untuk menjaga Kesehatan Ibu Setelah Melahirkan Caesar, maka bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini.

  1. Tidak Mengangkat Bayi Sendiri

Setelah operasi Caesar, bekas luka operasi memang tak bisa sembuh dengan cepat. Untuk mempercepat pemulihan maka anda harus menghindari gerakan membungkuk atau mengangkat. Jika ibu ingin mengangkat bayi sebaiknya minta bantuan dari orang lain. Ibu bisa menggendong bayi saat duduk di kursi dengan nyaman. Berikan bantalan yang lembut di sekitar perut guna mencegah tekanan perut dari berat bayi. Dengan cara ini maka ibu bisa tetap menyusui bayi.

  1. Minum banyak air

Mengkonsumsi air akan membantu ibu agar tak mendapatkan dehidrasi. Dehidrasi biasanya dialami oleh ibu yang telah melewati operasi caesar. Rasa haus yang berlebihan seringkali menyerang dan harus diatasi dengan minum air putih secara teratur. Air bisa membantu dalam mengatasi kebutuhan mineral dan bisa menjadi cara untuk menjaga agar produksi ASI terus berjalan. Kebutuhan air ini, juga bisa dicukupi dengan manfaat air kelapa muda serta manfaat air kelapa hijau.

  1. Konsumsi makanan yang berserat tinggi

Biasanya sembelit banyak dihadapi oleh ibu yang baru melakukan operasi caesar. Organ perut dan juga pencernaan mengalami beberapa perubahan yang besar setelah operasi. Untuk mengatasi hal ini maka ibu harus lebih sering untuk mengkonsumsi makanan yang berserat. Berbagai jenis jus dari sayuran dan buah sangat disarankan. Konsumsi sayuran yang dimasak juga harus dilakukan secara rutin. Jika sembelit tetap tak berkurang maka ibu harus mendapat bantuan dari obat dokter.

  1. Hindari Infeksi

Luka bekas operasi biasanya sembuh dalam waktu sekitar 7 hari. Namun beberapa ibu yang sudah melakukan operasi caesar juga bisa mendapat infeksi karena beberapa faktor. Tanda infeksi yang harus diperhatikan adalah seperti badan terasa lebih lelah, demam, menggigil, rasa sakit pada bekas operasi dan muncul nanah bekas operasi. Selain itu, pertimbangkanlah beberapa cara untuk mendapat perawatan yang tepat untuk bekas luka operasi dari perawat atau dokter.

  1. Minumlah obat

Setelah operasi caesar biasanya dokter akan memberikan obat yang harus diminum secara teratur. Biasanya obat ini mengandung zat anti inflamasi yang dapat mencegah peradangan serta membantu luka operasi agar cepat sembuh. Obat ini juga dapat mengatasi rasa sakit pada bagian bekas luka, sehingga ibu menjadi nyaman.

Itulah sekilas tentang tips menjaga Kesehatan Ibu Setelah Melahirkan Caesar.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *