Tips Menjaga Kesehatan Hidung

Tips Menjaga Kesehatan Hidung

Tips menjaga kesehatan hidung Bernafas adalah alasan utama mengapa manusia bisa hidup. Tentu saja, karena siapapun tak akan bertahan hidup tanpa bernafas. Dan salah satu organ yang berhubungan langsung dengan fungsi tersebut adalah hidung. Mengingat fungsinya yang sangat penting, maka jangan pernah sekali-kali mengabaikan kesehatan hidung. Karena jika hidung mengalami gangguan atau masalah, secara otomatis juga oksigen yang masuk ke paru-paru tentunya akan semakin terbatas. Ambilah contoh, pasti kita semua pernah merasakan pilek atau hidung tersumbat dan kita bisa merasakan sendiri bagaimana susahnya bernafas dalam keadaan seperti itu. Selain berfungsi sebagai sistem pernafasan, hidung juga berfunsi sebagai indera penciuman. Semakin sehat hidung kita maka oksigen semakin lancar dan penciuman pun tentunya akan semakin tajam.

Jika kita perhatikan, lubang hidung kita ditumbuhi bulu-bulu halus. Keberadaannya itu tentu sangat berguna sebagai penyaring debu, polusi ataupun kuman mungkin yang masuk ke hidung sehingga tidak terhirup masuk ke paru-paru. Hanya saja hidung kita tidak selalu berada dalam kondisi yang baik untuk melakukan tugasnya. Adakalanya kesehatan hidung kita terganggu  karena hidung tersumbat, penumpukan lendir atau kotoran yang menghambat kinerja hidung. Hal tersebut bisa saja terjadi lebih sering apabila kesehatan hidung tidak pernah kita perhatikan.

Tips Menjaga Kesehatan Hidung

Tips Menjaga Kesehatan Hidung

Maka, sekalipun sepele, sebaiknya kita jangan pernah mengabaikan kesehatan hidung kita. Untuk menjaga hidung dalam keadaan yang sehat, ada beberapa tips menjaga kesehatan hidung yang perlu kita perhatikan, antara lain:

  1. Hindari Polusi

Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan biasanya akan sangat akrab dengan berbagai polusi udara, baik itu dari asap kendaraan, asap dan bau limbah pabrik, asap rokok ataupun debu. Jika terlalu sering menghirup polusi, bukan tidak mungkin kesehatan hidung bahkan paru-paru akan terganggu. Oleh karena itu jika memungkinkan usahakan untuk selalu menggunaka masker.

  1. Jangan Menggosok Hidung.

Sering kali hidung bagian dalam terasa sangat gatal,ndan kita cenderung menggosoknya keras-keras hingga mengeluarkan lendir, terutama pada saat hidung tersumbat. Sekalipun ingin menggosoknya lakukanlah dengan pelan. Karena menggosong terlalu keras dikhawatirkan akan membuat bagian dalam hidung terlukan sehingga rentan akan infeksi.

  1. Bersihkan Hidung Secara Rutin.

Kotoran atau kuman yang masuk ke dalam hidung bisa disebabkan oleh banyak hal. Selain karena polusi, jari-jari tangan kita yang tidak bersih justru bisa menyebabkan kotoran dan kuman masuk ke hidung. Sebelum mengorek hidung, sebaiknya pastikan jari tangan dalam keadaan yang bersih dari kuman dan kotoran. Selain itu usahakan untuk selalu membersihkan bagian dalam hidung, misalnya saat mandi atau pada saat membasuh muka.

  1. Gunakan Pelembab Udara

Sebagian orang sering kali merasakan kalau hidungnya sering kering bahkan sering mengalami mimisan. Jika misalkan Anda juga kerap mengalaminya, mungkin Anda bisa menggunakan pelembab udar (air humidifier) di rumah Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk selalu menjaga hidung dalam keadaan sehat. Sebenarnya cara-cara di atas sangatlah sederhana dan sangat mudah utuk dilakukan. Secara umum, masyarakat jarang mengalami keluhan gangguan atau penyakit pada hidung. Biasanya yang paling umum dialami adalah hidung tersumbat atau pilek yang dengan sendirinya akan sembuh. Tapi ada beberapa gangguan pada hidung, seperti polip hidung yang tentunya memerlukan penanganan dari dokter. Karena sekalipun tidak bersifat mematikan, polip hidung akan sangat menggangu pernafasan.

 

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Tips menjaga kesehatan telinga

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *