Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Benar 1

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Benar

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal – Ginjal merupakan satu dari beberapa organ vital dalam tubuh yang berperan sebagai sistem ekskresi pada manusia. Di dalam tubuh terdapat sepasang ginjal yang terletak di daerah dekat pinggang. Ukuran panjang satu organ ginjal manusia kira-kira 10 cm dan berat lebih dari 200 gram. Ginjal sangat berperan penting dalam pengaturan tekanan darah, mengatur keseimbangan asam-basa, membantu mempertahankan kalsium untuk tulang dan merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah. Begitu besarnya peran ginjal bagi tubuh, kita harus menjaga kesehatan ginjal.

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Benar 1

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Benar 1

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Benar 2

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Benar 2

Berikut ini tips menjaga kesehatan ginjal:

  1. Mengatur pola makan

Cara ini merupakan tips ampuh merawat dan menjaga kesehatan ginjal anda. Pilihlah makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan yang di tanam tanpa pupuk kimia (organik) dan jauhilah makanan olahan, konsumsilah daging atau ikan putih dan kurangi konsumsi garam berlebih tanpa lemak.

  1. Aktif bergerak

Ginjal Anda dapat dijaga dengan cara yang paling mudah yakni beraktivitas fisik. Anda harus aktif bergerak dan janganlah bermalas-malasan, karena kesehatan Anda dapat terjaga hanya dengan terbiasa menggerakkan badan.

  1. Jagalah berat badan

Perut yang bergelambir akibat tumpukan lemak dapat menurunkan rasa percaya diri Anda jika ingin bercengkrama dengan teman. Selain mempengaruhi keadaan emosional Anda berat badan yang berlebihan sangat tak baik untuk kesehatan karena organ tubuh bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak tersebut, termasuk organ ginjal yang lama kelamaan dapat membuatnya menjadi lemah kinerjanya.

  1. Jauhilah alkohol dan hindari rokok

Tembakau yang Anda hisap sehari-harinya akan merusak paru-paru dan ginjal. Selain itu rokok dan alkohol juga merupakan penyebab yang utama tubuh Anda terserang berbagai penyakit mengerikan salah satunya yaitu ginjal.

  1. Kontrol Tekanan Darah

Penyakit ginjal dipicu oleh tekanan darah tinggi. Selama lima tahun terakhir di peroleh data dari IRR yang membeberkan bahwa 35% penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi.

  1. Hindari Stres

Stres yang menyerang dapat membuat tekanan darah menjadi naik dan seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika tekanan darah tinggi maka risiko terserang penyakit ginjal pun lebih besar.

  1. Minumlah Air Putih

Minum air putih 6 sampai 8 gelas sehari. Ini sangatlah baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal Anda..

  1. Menghindari beberapa obat anti nyeri dan antibiotic

Usahakan tidak mengkonsumsi atau menghindari beberapa obat anti nyeri dan antibiotic. Ini dikarenakan dapat merusak ginjal Anda atau anda dapat berkonsultasi terkait  penggunaan obat tersebut kepada dokter spesialis dahulu.

  1. Mengurangi konsumsi makanan asin

Jangan terlalu banyak memakan makanan asin. Karena jika anda mengkonsumsi makanan yang asin, kerja ginjal tidak akan maksimal. Untuk itu gunakan penyedap rasa secukupnya saja untuk membantu menjaga kesehatan ginjal. Walaupun terdengar sepele, cara ini cukup membantu untuk memaksimalkan kinerja ginjal. Menghindari kandungan garam yang berlebihan sangat disarankan. Saat garam yang berlebihan mengendap dalam tubuh, maka ditimbun menjadi batu ginjal. Makanan ringan dan makanan kaleng biasanya memilki kandungan garam yang tersembunyi.

Nah, itulah beberapa Tips Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Benar. Akan lebih baik untuk menghindari penyesalan karena sakit ginjal karena terlalu meremehkan menjaga kesehatan. Karena ginjal sangat penting untuk tubuh dengan fungsinya yang sangat luar biasa, tentu mencegah akan lebih baik daripada mengobati.

Baca artikel sebelumnya ya…

Tips menjaga kesehatan lambung

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *