Tips Menjaga Kebersihan Pakaian Bayi

Tips menjaga kebersihan pakaian bayi – Mencuci pakaian bayi adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan bayi. Pakaian yang kurang bersih atau salah menggunakan deterjen justru menimbulkan masalah kesehatan pada bayi terutama kesehatan pada kulit bayi. Selain itu, salah dalam merawat pakaian bayi juga membuat pakaian tersebut rusak karena sebagian besar pakaian bayi terbuat dari bahan yang lembut seperti katun. Maka dari itu, anda perlu memerhatikan secara cermat label pemeliharaan pakaian bayi agar tidak salah saat membersihkan pakaian bayi. Untuk membantu anda, berikut beberapa tips menjaga kebersihan pakaian bayi yang bisa Anda coba.

Tips Menjaga Kebersihan Pakaian Bayi

  1. Cuci pakaian bayi yang baru dibeli

Perlu anda ketahui bahwa bayi memiliki kulit yang sangat sensitive sehingga anda harus memastikan mencuci semua baju baru ataupun baju bekas yang dikenakan oleh si kecil. Pada baju baru maupun baju bekas biasanya masih menempel kotoran, deb atau bahkan bakteri saat di pabrik atau di toko pakaian. Baju bekas berpotensi menjadi tempat menempelnya bakteri dan kuman dari bekas pemakaian yang sebelumnya sehingga rawan membuat si kecil tertular penyakit. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk mencuci baju baru ataupun baju bekas yang akan digunakan si kecil. Pisahkan pakaian yang berat seperti jaket dengan pakaian kecil seperti baju dalam saat mencuci baju bayi.

  1. Cermati dalam memilih bahan pakaian

Membersihkan pakaian bayi dengan menggunakan mesin cuci tentu bisa membantu meringankan pekerjaan anda bukan? Namun perlu bunda ketahui bahwa ada beberapa jenis baju bayi yang tidak bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Sebaiknya sebelum membeli baju bayi, perhatianlah tindakan perawatan yang diperlukan.

  1. Pilih detergen yang khusus bayi

Deterjen yang dijual dipasaran membuat tangan anda panas dan mengelupa? Hal tersebut yang membuat kebanyakan baju lebih cepat rusak, serat bajunya putus dan kain baju menjadi tipis. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan detergen khusus bayi saja karena kulit bayi rentan mengalami iritasi kulit yang salah satunya bisa disebabkan oleh penggunaan deterjen. Saat membersihakan pakaian, ada baiknya anda memisahkan antara pakaian bayi dan pakaian orang dewasa. Gunakanlah deterjen khusus baju bayi yang dapat menghasilkan sedikit residu dan mengandung sedikit wewangian sehingga tak menyebabkan iritasi kulit pada bayi. Jika si kecil mengalami iritasi kulit, anda bisa memeriksa deterjen apa yang digunakan untuk mencuci pakaian bayi dan menggantinya dengan deterjen khusus bayi yang ramah untuk kulit bayi.

  1. Segera bersihkan noda

Baju bayi tak terlepas dari noda. Mulai dari noda air susu, buang air maupun muntah. Salah satu cara ampuh yang dapat dilakukan yaitu dengan secepat mungkin membersihkan noda tersebut dan merendamnya di dalam air dan deterjen agar noda yang menempel bisa cepat hilang. Namun, tidak jarang anda berada pada situasi yang tidak memungkinkan untuk merendam baju si kecil yang kotor. Jika situasinya begini, anda bisa membersihkannya dulu dengan tisu basah sehingga noda tak terlalu lama menempel di baju yang membuatnya sulit dihilangkan.

  1. Perhatikan suhu air

Sebenarnya baju bayi tidak memerlukan waktu yang lama untuk direndam. Bahkan, tak masalah jika ibu tidak merendam baju bayi tersebut jika kotorannya belum mengering pada baju tersebut. Dalam hal ini, disarankan agar menggunakan air yang hangat. Air dengan suhu 30 – 40 derajat celsius mampu membunuh bakteri yang mungkin menempel pada baju.

Itulah beberapa tips menjaga kebersihan pakaian bayi yang perlu untuk anda ketahui. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Cara Tepat Membersihakan Buah dan Sayuran

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *