Tips Membuat Anak Tidak Susah Makan Sehingga Gizinya Tercukupi

Tips Membuat Anak Tidak Susah Makan Sehingga Gizinya Tercukupi

Tips Membuat Anak Tidak Susah Makan – Anak susah makan adalah salah satu permasalahan yang seringkali dikeluhkan orang tua, yang terutama para ibu. Setiap ibu tentu khawatir jika anak susah makan sebab kecukupan gizi tidak bisa terpenuhi.  Memang sudah jadi tugas seorang ibu untuk memperhatikan pola makan sang buah hati apalagi jika anak masih berusia di bawah 5 tahun. Sayangnya proses ini tidak selalu berjalan mulus.

Tips Membuat Anak Tidak Susah Makan Sehingga Gizinya Tercukupi

Tips Membuat Anak Tidak Susah Makan Sehingga Gizinya Tercukupi

Tips Membuat Anak Tidak Susah Makan di bawah ini mungkin bisa anda jadikan solusi bagi masalah anda. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan anak susah makan diantaranya yaitu faktor fisik dan juga faktor psikis. Adapun untuk faktor fisik yang sering terjadi yaitu adanya gangguan di bagian organ pencernaan maupun adanya infeksi yang terjadi di dalam tubuh sang buah hati. Sedangkan untuk faktor psikis diantaranya meliputi gangguan psikologis yang dialami oleh anak anak, misalnya seperti keadaan rumah tangga yang cukup bermasalah, suasana ruang makan yang tidak menyenangkan, tidak pernah ada waktu makan bersama orangtua, serta anak dipaksa mengkonsumsi makanan yang tak disukainya. Lalu bagaimana caranya agar anak tidak lagi susah makan?

Tips Membuat Anak Tidak Susah Makan yang dapat anda coba diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Cobalah untuk menyajikan makanan dengan porsi kecil. Ingatlah bahwa lambung si kecil masih belum mampu menampung banyak makanan, jadi berikanlah makanan si buah hati sedikit demi sedikit.

2. Variasi-kan jenis makanan. Cobalah untuk membuat beberapa pilihan makanan, kemudian        biarkan si kecil memilih makanan yang dia sukai.

  1. Sajikan makanan dengan menarik. Sajian makan yang menarik terkadang dapat mempengaruhi selera makan buah hati anda. Misalnya, dengan mencetak nasi goreng menggunakan cetakan teddy bear.
  1. Jadikan saat-saat makan menjadi saat-saat yang menyenangkan. Hindarilah ancaman, hukuman, atau menakut-nakuti anak supaya dia makan lebih banyak. Karena bisa saja ancaman, hukuman, dan hal yang tidak menyenangkan yang lain bisa menimbulkan trauma psikologis bagi si kecil.
  1. Makan secara teratur. Jadwalkanlah waktu makan secara teratur, supaya anak terbiasa dengan jam makannya.
  1. Beri camilan sehat. Anak-anak yang berusia 2 tahun atau lebih, aktivitasnya bertambah banyak. Hal ini sering membuatnya sulit makan dengan tenang. Adapun untuk menyiasati-nya, berikanlah ia camilan sehat dengan porsi kecil namun cukup beragam. Contohnya bola-bola kentang yang berisi wortel serta daging cincang, donat keju, dan lain sebagainya.
  1. Libatkan-lah anak untuk menyiapkan makanan. Tips Membuat Anak Tidak Susah Makan salah satunya adalah dengan melibatkan anak untuk menyiapkan makanan. Contohnya dengan meminta pertolongan anak untuk mengambilkan buah ataupun sayur di swalayan atau membantu menyiapkan makanan.
  1. Hindarilah memberi iming-iming camilan atau makanan penutup sebagai suatu hadiah. Hal ini bisa menyiratkan bahwa makanan-makanan penutup adalah makanan yang enak serta baik untuk anak. Di samping itu, bisa meningkatkan keinginan mengkonsumsi makanan-makanan yang manis untuk anak. Anda bisa memberikan makanan penutup 2 hari seminggu, sedangkan untuk pekan berikutnya tak perlu anda

Semoga bermanfaat.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Penyebab, Pencegahan, Dan Pengobatan Mimisan Yang Patut Anda Ketahui

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *