Tingginya Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jamur Kancing

Manfaat Jamur KancingJamur kancing yang memiliki nama latin Agaricus Bisporus merupakan salah satu jenis jamur konsumsi yang menjadi favorit untuk dijadikan bahan berbagai macam hidangan masakan. Jamur kancing ini memiliki bentuk yang unik, yaitu bulat yang hampir menyerupai kancing baju. Warna jamur kancing juga beragam, yaitu putih bersih, krem, dan coklat muda. Jamur kancing ini bebas lemak, rendah kalori, bebas sodium, dan kaya akan kandungan nutrisi vitamin dan mineral, seperti vitamin B dan potassium. Sehingga, banyak orang yang memanfatkan jamur kancing sebagai salah satu bahan makanan diet sehat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, manfaat jamur kancing sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh kita.

Tingginya Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jamur Kancing

Kandungan nutrisi lainnya yang ada pada jamur kancing, yaitu air, protein kasar, karbohidrat, serat, dan abu. Tingginya kandungan zat besi dan proteinnya sangat baik untuk memperlancar pencernaan dan sirkulasi darah. Seratnya pun juga sangat baik untuk organ pencernaan, seperti usus. Sehingga, kita sangat disarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi jamur kancing ini. Berikut ini beberapa diantaranya manfaat jamur kancing;

  1. Mencegah resiko kanker

Kandungan vitamin dan mineral dalam jamur kancing, seperti thiamin, magnesium, dan zinc dapat berguna untuk melawan serangan zat karsinogenis penyebab munculnya resiko penyakit kanker di tubuh. Selain kanker, jamur kancing ini juga dapat membantu mencegah resiko tumor pada tubuh.

  1. Mencegah resiko stroke

Kandungan potasiumnya yang sangat tinggi dapat dimanfaatkan untuk mencegah terkena resiko stroke. Zat potassium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menormalkan aliran darah yang menyebabkan terjadinya penyumbatan pada darah.

  1. Sebagai anti-oksidan alami

Kandungan antioksidan seperti riboflamin, niacin, dan selenium pada jamur kancing sangat tinggi. Manfaat antioksidan ini adalah dapat melawan radikal bebas, melawan sel-sel kanker dalam tubuh, dapat meningkatkan sistem imun, mengatasi migraine, bahkan dapat juga untuk membantu melawan sakit AIDS.

  1. Membantu melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang dimiliki jamur kancing juga sangat tinggi. Selain dapat membantu melancarkan pencernaan, kandungan seratnya juga dapat mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Jamur kancing dapat dijadikan sebagai bahan alternatif untuk menurunkan berat badan karena jamur ini rendah kalori.

  1. Membantu menambah energy

Jamur kancing memiliki kandungan karbohidrat yang dapat membantu memberikan asupan energi dengan memecah glukosa dan fruktosa dalam tubuh menjadi energi.

  1. Mengurangi resiko kanker prostat.

Kandungan selenium dalam jamur juga membantu mencegah kanker prostat.

Manfaat jamur kancing diatas dapat kita peroleh dengan baik bila kita juga memperhatikan kondisi jamur yang dimasak. Disarankan saat mengkonsumsi jamur kancing diperhatikan kebersihan dan kelayakannya. Biasanya, jamur kancing ini dijual dalam bentuk segar ataupun dalam kalengan. Jamur kancing dimasak utuh atau dipotong-potong lebih dulu. Jamur kancing bila tidak segera dimasak dapat cepat berubah warna menjadi kecoklatan dan aromanya akan hilang setelah dipotong dan dibiarkan di tempat dan udara terbuka. Jamur kancing segar sebaiknya cepat dimasak saat masih belum berubah warna. Jamur kancing memiliki rasa unik yang enak dan bila kita pandai mengolahnya, rasa jamur kancing seperti rasa daging.

Itulah sekiranya informasi yang bisa kami sampaikan mengenai kandungan nutrisi dan manfaat jamur kancing untuk kesehatan tubuh kita. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Besarnya Manfaat Jamur Kuping Untuk Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *