Tahukah Kamu Tentang Khasiat Dan Manfaat Buah Berdasarkan Warna

Khasiat Dan Manfaat Buah Berdasarkan Warna – Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa buah-buahan itu memiliki warna yang beragam. Taukah kalian mengapa seperti itu? Karena, buah-buahan memiliki zat phytochemical  dan zat PhytoNutrient yang tidak sama. Zat-zat tersebut merupakan bioaktif alami pada buah-buahan sebagai pembentuk warna sekaligus petunjuk untuk mengetahui kandungan nutrisi yang berkhasiat dari buah-buhan tersebut.

Tahukah Kamu Tentang Khasiat Dan Manfaat Buah Berdasarkan Warna

Karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya membuat buah-buahan merupakan makanan super yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. Ada beragam nutrisi dalam buah seperti vitamin A, B, C, D, E, dan K yang masing-masing memiliki khasiat dan manfaat tersendiri bagi kesehatan. Selain vitamin, buah juga merupakan sumber mineral dan serat yang baik dalam membantu proses pencernaan. Berikut ini akan kami sampaikan untuk anda mengenai khasiat dan manfaat buah berdasarkan warna buahnya. Semoga nantinya informasi dari kami ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda mengenai khasiat dan manfaat buah berdasarkan warna.

Untuk uraiannya, sebagai berikut;

  • Khasiat dan manfaat buah berwarna merah.

Buah berwarna merah pada umumnya memiliki kandungan nutrisi utama berupa zat lycopene, asam ellagic, quercentin, dan hesperidin. Manfaat dari zat-zat tersebut dapat berguna untuk mencegah serangan penyakit jantung, kanker, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, mengurangi pertumbuhan tumor, dan meregenerasi sendi pada arthritis. Jenis-jenis buah yang berwarna merah berkhasiat,  diantaranya; tomat, strawberry, jambu merah, semangka, pepaya, dan lain sebagainya.

  • Khasiat dan manfaat buah berwarna hijau

PhytoNutrient utama dalam buah berwarna hijau adalah chlorophyl, vitamin C, betakaroten, asam folat, kalsium, magnesium, dan lutein zeaxhanthin. Khasiat dari kandungan zat-zat tersebut dapat untuk mengurangi sakit pankreas dan menghambat zat karsinogen pemicu kanker. Contohnya; avocado, kiwi, dan lainnya.

  • Khasiat dan manfaat buah berwarna kuning dan orange

Nutrisi utama dalam buah-buahan berwarna kuning dan orange adalah betakaroten, beta-cryptothanxin, lutein, karotenoid, dan zeaxanthin. Khasiat dari zat-zat tersebut adalah untuk meningkatkn kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan mata, membantu proses pembentukan sel-sel baru sehingga  dapat menunda proses penuaan dini dan mencegah rusaknya sel tubuh. Contoh buah-buahannya ,yaitu pisang, wortel, mangga, kentang, dan lain sebagainya.

  • Khasiat dan manfaat buah berwarna biru dan ungu

Kandungan PhytoNutrient utama yang ada dalam buah-buahan berwarna biru dan ungu adalah zat resveratrol, anthocyanin, anthocyanins flavanoids dan fenolat yang memiliki fungsi sebagai anti-oksidan dan anti karsinogen tinggi dalam mengurangi resiko penyakit jantung dan kardiovaskular, serta dapat meningkatkan memori dan memperlambat penuaan dini. Jenis-jenis buahnya adalah blueberry, bit, dan anggur.

  • Khasiat dan manfaat buah berwarna putih

PhytoNutrient utama pada jenis buah warna ini adalah zat beta-clucans, flavenoids, alicoln, dan lignan. Kandungan nutrisinya bermanfaat dalam menyeimbangkan kadar hjrmon, penurun kolesterol, pereda penyakit flu dan pilek, serta penghambat sel kanker. Contoh buah-buahan berwarna putih, yaitu pir, kembang kol, dan bawang putih.

Itulah informasinya tentang khasiat dan manfaat buah berdasarkan warna. Sekarang, taukah anda kenapa alasannya secara medis buah-buahan sangat disarankan untuk dikonsumsi? Karena, dengan mengkonsumsi buah-buahan kita akan mendapatkan banyak khasiat dan manfaat didalamnya seperti yang diuraikan diatas. Untuk itu, mulai sekarang, perbanyaklah mengkonsumsi buah-buhaan supaya tubuh anda selalu terjaga kesehatannya. Sekian informasi khasiat dan manfaat buah berdasarkan warna dari kami dan nantikan informasi mengenai hal-hal lainnya berikutnya.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Berjuta Khasiat Dan Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *