Seputar Tips Kesehatan Ibu Hamil 6 Bulan

Tips Kesehatan Ibu Hamil 6 Bulan – Ibu hamil yang telah memasuki usia kehamilan 6 bulan pasti telah merasakan perubahan yang besar pada dirinya. Bagi anda para ibu hamil , berikut ini kami berikan informasi mengenai tips kesehatan ibu hamil 6 bulan sebagai tambahan pengetahuan anda dalam menjalani masa-masa kehamilan.

Seputar Tips Kesehatan Ibu Hamil 6 Bulan

Biasanya, di usia kehamilan 6 bulan ada sejumlah keluhan yang mulai dirasakan, baik itu keluhan ringan maupun berat. Keluhan-keluhan tersebut, yaitu:

  • Perut sakit seperti diremas

Rasa sakit ini merupakan suatu kontraksi yang akhirnya menimbulkan sensasi perut seperti diremas-remas. Dalam dunia medis, gejala ini disebut sebagai braxton hick, yaitu suatu kontraksi yang terjadi karena rahim sedang mempersiapkan diri menjelang proses kelahiran.

  • Nyeri perut bagian bawah

Nyeri perut saat hamil termasuk sesuatu hal yang normal. Rasa nyeri bisa sebagai tanda bahwa bayi dalam keadaan yang sehat. Adanya nyeri perut disebabkan gerakan bayi yang sudah mulai sangat aktif, karena biasanya kepala bayi sudah masuk ke daerah panggul sehingga memberikan efek sakit pada bagian bawah perut. Cara untuk mengatasinya, yaitu; mulailah untuk menyamankan posisi tidur dengan tidak tidur dalam posisi miring. Posisi tidur harus seimbang antara kiri dan kanan, dan sebaiknya berikan alas bantal di kedua kaki. Namun, bila rasa nyeri terus menganggu, periksakan diri ke dokter kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG untuk memastikan kondisi rahin dan janin serta jaringan yang ada di perut anda.

  • Perut kembung

Perut kembung terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Saat hamil, jumlah hormon estrogen dan progesteron semakin meningkat. Namun, pergerakan usus berkurang karena bayi semakin membesar dan menyebabkan tekanan pada lambung yang memicu perut kembung. Untuk mengatasi perut kembung saat hamil, anda tidak perlu membeli obat di apotek ataupun berobat ke dokter, karena ada cara sederhana untuk mengatasinya, yaitu mengonsumsi minuman jahe hangat.

  • Mengalami keputihan

hal ini terjadi juga karena adanya perubahan hormone esterogen. Selama cairan yang keluar bening, encer, dan tidak berbau, maka ini adalah keputihan yang normal dalam kehamilan. Namun, anda perlu waspada jika keputihan berubah warna, berbau amis dan menyengat, serta menimbulkan rasa gatal  (iritasi), karena bisa jadi ini disebabkan oleh infeksi jamur ataupun bakteri. Solusi yang perlu anda lakukan adalah segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sebab, keputihan abnormal dapat mempengaruhi kondisi kehamilan dan janin.

  • Kaki bengkak

Tak hanya perut saja yang mulai menunjukkan keluhan, bagian kaki juga ternyata juga mengalami keluhan lain seperti pembengkakan.

  • Krisis percaya diri

Penampilan yang berubah biasanya membuat banyak ibu-ibu hamil muda yang merasakan krisi percaya diri.

  • Sakit pinggang

Berat badan bayi dalam kandungan yang kian membesar membuat posisi otot perut dan punggung lebih tertekan sehingga menimbulkan sakit pinggang. Kurangi aktivitas berat dan jaga posisi tubuh, serta tidak membungkuk bisa mengurangi rasa sakit pinggang.

  • Mudah lelah

Adanya perubahan kadar hormon, pembentukan plasenta, serta metabolisme tubuh secara alami membuat tubuh lebih cepat merasakan lelah.

  • Kenaikan berat badan yang tidak terkendali

Hal ini umum terjadi dan menjadi keluhan para ibu hamil seiring dengan semakin bertambahnya usia kehamilan.

  • Mual dan muntah

Hal ini terjadi karena perubahan hormon esterogen dan hCG(human chorionic gonadotropin), rasa sensitif terhadap suatu bau, dan rasa stress yang timbul.

Bila terjadi keluhan-keluhan diatas, janganlah merasa panik, sebab hal tersebut normal terjadi. Namun, bila rasa sakit kerap melanda dan sangat menganggu, segera periksakan untuk diketahui secara pasti apa penyebabnya. Pemeriksaan medis yang mendalam dan secra rutin sangat diperlukan untuk tips kesehatan ibu hamil 6 bulan. Selain itu, saat usia kehamilan mencapai usia 6 bulan,  anda juga perlu memberi stimulasi agar perkembangan tubuh dan otak janin semakin pesat. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi di bulan ke 6 kehamilan.

Berikut ini jenis-jenis makanan yang cocok untuk ibu hamil 6 bulan:

  • Daging rendah lemak
  • Sayuran Hijau
  • Ikan salmon
  • Ubi jalar
  • Telur bebek
  • Buncis
  • Buah-buahan

Makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mencukupi kebutuhan asupan nutrisi ibu hamil yang biasanya lebih tinggi dibandingkan biasanya saat belum hamil. Memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi juga merupakan salah satu tips kesehatan ibu hamil 6 bulan.

Itulah beberapa informasi seputar tips kesehatan ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Meningkatkan Kesehatan Ibu Sebagai Upaya Menjalankan Program Kesehatan Ibu Dan Anak

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *