Seputar Khasiat Dan Manfaat Buah Sirsak Bagi Manusia

Khasiat Dan Manfaat Buah Sirsak – Pernah merasakan buah sirsak? Buah yang kulitnya berwarna hijau berduri dengan warna daging putih dan berbiji hitam ini memang rasanya sedikit asam. Buah dengan nama latin Annona muricata L ini terkenal memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk manusia baik itu bagian buah, daun, hingga bagian batang dan akar pohonnya.

Seputar Khasiat Dan Manfaat Buah Sirsak Bagi Manusia

Pada bagian buahnya memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi. Kandungan nutrisinya antara lain; air, karbohidrat, vitamin B1, B2, C, serat pangan, mineral fosfor, kalsium, kalium, serta senyawa actogenins, annocatanin, annocatalin, annonacin, gigantetronin, linoleic acid, gentisic acid,  muricapentonin, zat tiamin, zat riboflavin, lemak nabati, asam sitrat, asam malat, dan asam isositrat. Dari kandungan zat-zat tersebut, khasiat dan manfaat buah sirsak yang dapat dirasakan oleh manusia bila mengkonsumsinya secara tepat adalah;

  • Kandungan senyawanya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga dapat menangkal tubuh dari bahaya penyakit.
  • Karbohidratnya bisa sebagai pemasok dan penambah energi bagi tubuh. Ditambah lagi dengan vitamin B1 nya mampu untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh.
  • Zat tiamin didalamnya dapat menjaga fungsi otak dan meningkatkan memori serta konsentrasi manusia. Selain , dapat memperkuat sistem saraf motorik dalam otak.
  • Zat riboflavin-nya bisa membantu produksi hemoglobin (sel darah merah) dalam darah.
  • Seratnya dapat menjaga kesehatan pencernaan.
  • Vitamin C-nya sebagai antioksidan yang melawan berbagai macam penyakit dalam tubuh, menyembuhkan luka, dan mencegah kerusakan kulit.
  • Zat kalium-nya dapat membantu kerja otot-otot dalam tubuh, mengatur tingkat tekanan darah, danm emperbaiki tulang.
  • Mineral fosfor dan kalsium-nya untuk pembentukan tulang dan menghambat osteoporosis.
  • Nutrisi-nutrisi yang lainnya bisa membantu mengurangi resiko serangan jantung, mencegah katarak, melawan kanker, dan mengurangi resiko diabetes.

Tak hanya khasiat dan manfaat buah sirsak saja yang bisa dimanfaatkan  manusia untuk menjaga kesehatannya, daun sirsak juga memiliki banyak khasiat dalam menjaga kesehatan tubuh. Daun sirsak memiliki senyawa acetoginin yaitu bulatacin, aquamosin, dan asimisin yang berfungsi sebagai anti-feedent untuk menghambat dan menghancurkan sel-sel kanker seperti kanker prostat, paru-paru, dan payudara. Daun sirsak memiliki sifat penyembuhan sehingga bisa sebagai obat anti kejang, mengurangi demam, menurunkan tekanan darah tinggi, dan peradangan pada kaki bengkak. Selain itu, daun sisrsak juga kaya senyawa protein, fruktosa, kalium, lemak, vitamin A dan B sebagai sifat obat yang sangat baik untuk bahan produk kesehatan herbal. Berikut ini kami sajikan beberapa cara penggunan daun sirsak sebagai ramuan obat herbal alami:

  • Ramuan herbal mengatasi kanker

Caranya: siapkan 10 helai daun sirsak. Cuci bersih lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah itu, saring dan dinginkan. minum setiap pagi 3-4 kali seminggu.

  • Ramuan herbal asam urat

Caranya: siapkan 6 -10 helai daun sirsak. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 2 cangkir air hingga mendidih dan biarkan hingga tersisa 1 cangkir. Minum 2x sehari di pagi dan sore hari.

  • Ramuan herbal mengatasi nyeri punggung

Caranya: rebus 20 lembar daun sirsak yang telah dicuci dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minum ¾ cangkir sekali sehari.

  • Ramuan obat eksim dan rematik

Caranya: haluskan daun sirsak yang telah dicuci bersih, lalu oleskan pada bagian tubuh yang nyeri. Lakukan secara rutin sehari dua kali.

Selain dari khasiat dan manfaat buah sirsak dan daunnya, biji sirsak juga dapat dimanfaatkan oleh petani sebagai insektisida alami karena pada bijinya mengandung racun. Sedangkan, akar dari pohon sirsak dapat dijadikan sebagai alternative penawar racun.

Banyak sekali bukan khasiat dan manfaat buah sirsak? Maka dari itu, konsumsilah buah sirsak dan daunnya untuk menjaga kesehatan anda. Namun, harus tetap ingat bahwa jangan mengkonsumsinya terlalu berlebihan karena bila berlebih malah tidak baik untuk tubuh kita. Dan, sebelum mengkonsumsinya, cuci bersih buah maupun daunnya dengan air mengalir.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Berbagai Khasiat Dan Manfaat Buah Nanas

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *