Sejarah dan Manfaat Olahraga Panahan

Manfaat Olahraga PanahanPanahan merupakan salah satu cabang olahraga yang memakai alat berupa busur serta anak panah. Di dalam permainan dan perlombaan panahan, setiap pemain harus melesatkan anak panahnya sesuai dengan target atau sasaran yang sudah ditentukan. Olah raga ini telah dikenal sejak berabad-abad tahun lalu sejak jaman masa kerajaan di Indonesia. Panahan juga awalnya merupakan senjata yang dipakai untuk bertahan hidup pada jaman dahulu. Bukti sejarah juga telah menunjukkan bahwa olah raga panahan telah ada sejak 5000 tahun yang lalu saat jaman berburu dan senjata perang bagi manusia jaman lalu.

Sejarah dan Manfaat Olahraga Panahan

Begitu juga di Indonesia, panahan juga merupakan suatu warisan budaya yang meskipun tidak diketahui kapan pastinya ada di Indonesia, namun masih tetap banyak orang yang melestarikan olahraga ini. Hingga kini banyak sekali atlet olahraga panahan yang telah mengharumkan nama bangsa baik di kancah internasional maupun nasional.

Bahkan dalam salah satu ajaran islam, pernah dikatakan bahwa Nabi Muhammad menganjurkan tiga jenis olahraga yang patut diajarkan kepada anak-anak, yaitu berenang dan memanah. Disebutkan dalam sebuah hadist yaitu;

Ajarkan putera-puteramu berenang dan memanah.” (HR. Ath-Thahawi).

Bisa disimpulkan bahwa olahraga panahan telah ada sejak jaman nabi dahulu.

Jika dilihat sekilas, panahan memang merupakan olahraga yang statis. Hal ini karena olahraga ini memang hanya membutuhkan ketahan otot tangan, sedikit jalan kaki dan juga fokus yang tinggi. Namun, sebenarnya ada banyak manfaat olahraga panahan yang bermanfaat bagi manusia, di antaranya adalah;

  1. Meningkatkan keseimbangan

Bagi yang memiliki permasalahan dengan keseimbangan, Manfaat Olahraga Panahan bisa menjadi alternatif yang membantu. Sebab, olahraga panahan ini bisa melatih koordinasi kekuatan otot sekaligus otak. Cerebellum yang ada pada bagian belakang otak akan mengirimkan sinyal ke otot untuk menjaga kondisi tubuh agar seimbang. Saat melesatkan anak panah juga melatih kita untuk dapat mengontrol tubuh dengan sempurna.

  1. Melatih koordinasi

Tidak terlalu berbeda jauh dengan ulasan pada poin nomor 1, ketika memanah, koordinasi antara anak panah, mata, core dan upper body serta tangan harus bisa terkoordinasi dengan baik.

  1. Melatih fokus dan daya tahan

Agar dapat memanah target dengan sempurna, tubuh harus dalam posisi terbaiknya. Karena dengan memanah, otak akan terlatih untuk dapat focus mencapai target. Dalam hal ini adalah bagian lobus frontal otak yang paling dioptimalkan. Dengan semakin lama bagian otak ini terlatih untuk fokus, maka semakin membuat kita lebih mudah untuk bisa berkonsentrasi dengan baik.

  1. Melatih kesabaran

Tidak pada saat memancing ikan, melatih kesabaran jufa bisa dilatih dengan olahraga panahan. Memanah akan mampu melatih kita untuk bersabar mencapai target yang presisi. Sehingga apabila kita rajin melakukan olahraga ini, maka kita akan bisa bersabar dalam hal apapun.

  1. Menghilangkan stress

Ketika melesatkan anak panah menuju titik sasaran, melihat anak panah tersebut melayang, dan saat anak panah tersebut mencapai target hal ini bisa membantu mengurangi stress yang ada dikepala. Hal ini dikarenakan olahraga panahan melatih otak untuk selalu berfikir positif guna mencapai target yang harus dipanah.

Demikianlah tadi ulasan tentang Manfaat Olahraga Panahan. Bagi anda yang memang jarang berolahraga, ada baiknya mencoba olah raga ini lebih dulu karena olah raga ini tak banyak menggunakan gerakan yang berarti sehingga tubuh anda tidak akan kaget. Terimakasih dan selamat membaca.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Nge Gym

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *