Perlunya Istirahat Dan Tidur bagi Ibu Hamil

Kebutuhan Istirahat ibu hamil – Ibu hamil sering mengalami gangguan dalam beraktivitas. Faktor yang sering dialaminya disebabkan oleh perubahan psikis dan fisik ibu hamil. Misalnya Ibu hamil yang sudah memasuki trimester akhir mengalami perubahan pada perut yang semakin membesar dan tidak dapat beraktivitas secara leluasa. Seiring dengan perubahan psikis dan fisik ibu hamil maka penting dalam menjaga kebugaran dan kesehatan selama kehamilan. Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan istirahat cukup yang dapat dilakukan dengan tidur siang. Dengan tidur siang ibu hamil dapat mengembalikan kebugaran serta menjaga kesehatan?

Perlunya Istirahat Dan Tidur bagi Ibu Hamil

Pentingnya tidur siang karena ibu hamil seringkali merasakan lesu, lelah dan lemah yang disebabkan karena adanya perubahan hormon yang terjadi selama hamil. Apabila anda kurang beristirahat maka kondisi anda akan semakin memburuk dan berdampak pada perkembangan janin anda. Ibu hamil juga sangat disarankan untuk tidur malam yang cukup dan dapat menyempurnakannya dengan menyempatkan diri untuk tidur siang. Dengan melakukan tidur siang yang cukup maka dapat membantu anda dalam mengembalikan energi yang telah hilang bahkan dapat bermanfaat bagi kesehatan serta kebugaran tubuh. Manfaat yang dapat anda lakukan dengan tidur siang secara teratur yaitu dapat mempertajam memori dan lebih kosentrasi.

Ibu hamil dianjurkan menyempatkan tidur siang terutama pada usia kehamillan trimester pertama dan juga terakhir. Hal yang harus anda ketahui bahwa ibu hamil yang tidur siang tak mempermasalahkan durasi waktu karena masing masing memiliki aktivitas yang berbeda-beda. Terpenting bagi anda memiliki kualitas tidur yang baik. Ibu hamil dapat tidur 2 hingga 3 jam, hal ini tergantung usia ibu hamil.

Perlu untuk anda ingat, ibu hamil sebaiknya dapat mengatur tidur siang dengan baik sehingga tak akan menggangu waktu tidur malam. Jika telat terjadi waktu tidur siang maka dapat mempengaruhi serta menggangu jam tidur malam anda sehingga tidak berpengaruh pada ibu hamil ketika tidur malam hari. Untuk anda ibu hamil yang memiliki aktivitas di luar rumah bisa mengatur tidur siang sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya saat tubuh anda mengalami kelelahan dan lesu maka merupakan tanda bahwa ibu hamil memerlukan tidur siang.

Sehingga banyak sekali ibu hamil yang bertanya-tanya pentingkah tidur siang bagi ibu hamil? Penting atau tidaknya tidur siang tergantung kebutuhan ibu hamil . Bagi ibu hamil yang sudah terbiasa dengan aktivitas siang hari maka kemungkinan kebutuhan tidur siang lebih kecil dan bisa anda lengkapi dengan kecukupan tidur di malam hari.

Seorang ibu hamil juga memerlukan tenaga yang lebih banyak daripada wanita yang sedang tidak hamil. Maka dari itu, sangat penting bagi seorang ibu hamil untuk tak merasa lelah. Saat merasa lelah, sebaiknya Anda duduk dan beristirahat agar aliran darah dalam tubuh bisa lancar. Hal lain yang perlu Anda adalah saat Anda duduk, usahakan kaki tidak menggantung dan tambahkan bantal pada punggung. Selain itu, ibu hamil juga perlu mendapatkan istirahat malam yang cukup yakni selama 7 sampai 9 jam untuk mengembalikan tenaga yang hilang dan agar bisa lebih segar saat bangun pagi. Itulah sekilas tentang kebutuhan istirahat ibu hamil. Bagi anda yang sedang hamil, sebaiknya tidurlah dengan cukup untuk menjaga agar tubuh sehat dan bugar. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Kebutuhan Jam Tidur Berkualitas Berdasarkan Usia

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *