Pentingnya Kesehatan Payudara Ibu Menyusui

 

Kesehatan payudara ibu menyusui – Merawat payudara pada saat memberi ASI pada si kecil memang menjadikan aktivitas menyusui dapat dilakukan dengan nyaman dan tanpa adanya rasa sakit. Menyusui memang sangat dianjurkan untuk dilakukan ibu pada anaknya. Air susu ibu atau ASI menyediakan nutrisi yang ideal seperi vitamin, protein dan juga lemak. Menyusui juga memberi manfaat untuk sang ibu seperti membantu menurunkan berat badan, membantu mengurangi perdarahan uterus usai melahirkan dan juga menurunkan risiko osteoporosis, kanker payudara dan juga kanker ovarium.

Pentingnya Kesehatan Payudara Ibu Menyusui

Akan tetapi, biasanya pada saat menyusui, bisa saja ada masalah yang muncul dan terjadi di payudara dan puting. Misalnya kesehatan payudara ibu menyusui seperti nyeri puting, puting kering dan juga pecah-pecah, puting masuk ke dalam, payudara membengkak, saluran susu yang tersumbat hingga infeksi payudara. Akan tetapi dengan merawat payudara, maka masalah tersebut bisa diatasi dan juga dicegah.

Dan supaya sang ibu dan si kecil bisa menikmati masa menyusui, rawat payudara anda dengan langkah berikut ini :

  • Pelajari bagaimana cara memosisikan si kecil dan mulutnya dengan benar pada saat menyusui. Pastikan mulut si kecil mencakup sebagian besar areola anda dan hanya putingnya saja. Bila posisi mulut si kecil ini benar, maka anda akan merasa nyaman, tidak merasa pegal dan juga membantu mencegah puting terasa sakit dan mencegah masalah payudara yang lain.
  • Cobalah posisi menyusui yang berbeda. Temukanlah posisi terbaik untuk anda dan juga si kecil serta minta saran dokter atau bidan terkait cara memegang dan menyusui bayi dengan benar
  • Cegah si kecil supaya tidak menggigit.
  • Menyusui si kecil dengan cara teratur setiap 2 sampai 3 jam
  • Apabila payudara anda merasa sakit, maka mulai susui si kecil pada payudara yang tidak sakit, selanjutnya pada payudara yang sakit. Si kecil memang seringkali menyusui dengan lebih lembut atau tenang di susuan yang kedua.
  • Taruhlah kompres dingin untuk mengebaskan daerah payudara yang sakit sebelum anda menyusui. Menaruh sesuatu yang dingin di payudara memang bisa membantu menumpulkan rasa yang sakit.

Dan setelah menyusui, anda bisa merawat payudara dengan cara berikut ini  :

  1. Pertama bersihkanlah puting dengan sangat lembut tanpa memakai sabun atau sampo sampai bersih. Jangan gunakan alkohol, lotion maupun parfum pada puting. Gunakanlah salep antibakteri untuk mengatasi puting yang pecah-pecah.
  2. Oleskan lah salep yang di dalamnya mengandung senyawa tunggal lanolin di puting setiap kali anda selesai menyusui. Sebab hal ini nantinya akan mengurangi rasa sakit maupun nyeri dan menjadikan luka sembuh lebih cepat tanpa membentuk keropeng.
  3. Sering-seringlah anda mengganti bantalan payudara atau breast pad.
  4. Apabila payudara sakit pada saat menyusui, maka berhenti menyusui secara langsung dan gunakanlah pompa ASI selama beberapa hari.
  5. Apabila merasa puting anda datar atau masuk ke dalam, segera pergi ke dokter.
  6. Setiap selesai menyusui, oleskan beberapa tetes ASI di puting Anda dan biarkanlah sampai kering. ASI akan melembapkan dan melindungi puting dari infeksi.
  7. Selalu pegang payudara dengan tangan yang bersih.

Memang sangat penting sekali menjaga kesehatan payudara ibu menyusui, untuk itu bagi anda yang saat ini sudah menjadi ibu atau calon ibu yang menyusui sangat penting sekali untuk memperhatikan tata cara serta merawat payudara pada saat menyusui sang buah hati. Semoga bermanfaat.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Masalah Kesehatan Ibu Di Indonesia

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *