Pengertian Virus Torch Dan Pengobatannya

Virus Torch Dan Pengobatannya – Torch adalah singkatan dari Toxoplasma gondii (toxo) yakni gabungan dari empat jenis penyakit infeksi yaitu toxoplasma, rubella, cytomegalovirus dan herpes. 4 jenis penyakti infeksi ini, sama-sama berbahaya bagi janin jika infeksi diderita oleh ibu hamil.

Pengertian Virus Torch Dan Pengobatannya

Penyebab infeksi virus torch yaitu hewan yang ada di sekitar kita, seperti kucing, ayam,  tikus, burung, kambing, merpati,  anjing, sapi,  babi dan lainnya. Pada umumnya, infeksi toxoplasma terjadi tanpa disertai dengan gejala yang spesipik. Kira-kira hanya 10 sampai 20% kasus infeksi, toxoplasma yang disertai dengan gejala ringan, seperti gejala influenza, malaise, demam,  lelah pada umumnya tak menimbulkan masalah.

Awalnya seseorang yang mengidap toxo ini terlihat sehat, namun saat sedang hamil mulai muncul sejumlah gejala. Gejala yang seringkali terjadi adalah flek pada wanita yang hamil, flek ini bisa terjadi terus menerus sepanjang kehamilan. Janin dalam rahim tidak berkembang, hamil anggur atau bayi meninggal pada usia kandungan 7-8 bulan.

Sebenarnya toxo bukan penyakit menular kepada pasangan, namun ia menular pada keturunan. Bisa jadi anak pertama atau kedua sehat, namun anak ketiga cacat atau mengalami autism dan epilepsi. Namun yang sering terjadi, baik anak pertama maupun anak kedua turut terinfeksi.

Berbeda dengan rubella, penyakit ini seringkali disebut campak jerman. Pada kasus Rubella, ibu hamil tak mengalami keguguran. Namun yang sering terjadi adalah bayi yang dilahirkan mengalami pengapuran pada otak, glukoma, tuna rungu, sulit bicara dan bibir sumbing.

Sedangkan pada pengidap cyto megalo virus, saat seorang ibu hamil ia akan mengalami keguguran secara terus menerus, atau bayi yang dikandungnya lahir dalam keadaan cacat fisik, seperti pengecilan kepala, pembesaran kepala dan lahir dengan usus keluar tubuh.

Kemudian pada penyakit herpes, muncul tanda dengan bintik-bintik tubuh dan alat genital. Seorang yang mengidap herpes akan mengalami panas dan kesakitan. Bagi wanita hamil, seringkali keguguran atau bayinya lahir dalam keadaan cacat.

Infeksi-infeksi TORCH ini bisa dideteksi dari pemeriksaan darah. Biasanya ada 2 petanda yang diperiksa untuk setiap infeksi yaitu Imunoglobulin M (IgM) dan Imunoglobulin G (IgG). Normalnya keduanya negatif.

Jika IgM negative dan IgG nya positif, artinya infeksi terjadi dimasa lampau dan tubuh sudah membentuk antibodi. Pada keadaan ini tak perlu diobati. Namun, jika IgG negatif dan Ig M positif berarti infeksi baru terjadi dan harus diobati. Selama pengobatan tak dianjurkan untuk hamil karena ada kemungkinan infeksi bisa ditularkan ke janin. Kehamilan ditunda hingga 1 bulan setelah pengobatan selesai.

Jika IgM positif dan IgG juga positif, maka perlu pemeriksaan lanjutan yakni IgG Aviditas. Jika hasilnya tinggi, maka tak perlu pengobatan, namun jika hasilnya rendah maka perlu pengobatan seperti di atas dan ditunda kehamilanya.  Pengobatan TORCH secara medis diyakini dapat dengan menggunakan obat-obatan seperti isoprinocin, valtrex, repomicine, spiradan, spiromicine,  azithromisin, acyclovir, alancicovir, klindamisin dan lainnya. Namun tentunya pengobatannya membutuhkan biaya yang sangat mahal dan waktu yang relatif lama. Selain itu, ada pula beberapa cara pengobatan alternatif yang ditawarkan.

Pengobatan TORCH secara medis pada wanita yang hamil dengan menggunakan obat azithromisin, spiramisin (spiromicine)dan klindamisin misalnya bertujuan untuk menurunkan dampak infeksi yang timbul pada janin. Namun sayangnya obat-obatan tersebut sering menimbulkan efek muntah, mual dan nyeri perut. Sehingga perlu disiasati dengan cara meminum obat-obatan tersebut sesudah atau pada waktu makan. Itu tadi pengertian tentang Virus Torch Dan Pengobatannya. Semoga bermanfaat…!

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Gejala Virus Herpes Dan Bagaimana Pengobatannya

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *