Nutrisi Ibu Menyusui

Nutrisi ibu menyusui Makanan ibu menyusui memang harus jauh lebih di perhatikan sebab kesehatan yang harus di jaga tidak hanya kesehatan sang ibu saja akan tetapi untuk anaknya juga. Proses laktasi atau menyusui merupakan sebuah kebahagiaan yang begitu luar biasa sebab dapat memberi ASI ekslusif dan juga menjalani kodrat wanita dengan seutuhnya. Memang ada ada beberapa makanan atau minuman yang di sarankan oleh kerabat, ibu anda bahkan ibu mertua, akan tetapi beberapa diantaranya ada yang bilang boleh dikonsumsi, namun ada pula yang bilang jangan dimakan. Memang ada beberapa makanan yang harus di perhatikan sehingga tidak menimbulkan banyak masalah.

Nutrisi Ibu Menyusui

Memang, ibu menyusui mempunyai kebutuhan nutrisi yang lebih banyak bila di banding wanita yang tidak menyusui. Dan sebagai ibu menyusui, tidak hanya kebutuhan diri sendiri yang juga harus di perhatikan namun juga untuk bayi anda. Selalu ingat bahwa apa yang anda konsumsi akan di salurkan oleh sang ibu lewat ASI atau Air Susu Ibu, untuk itu, nutrisi ibu menyusui memang harus di perhatikan. Berikut beberapa contoh makanan ibu menyusui yang perlu di perhatikan antara lain ialah :

  1. Telur

Di dalam telur mengandung protein yang cukup tinggi sehingga dapat di jadikan sebagai pilihan yang sangat tepat untuk memenuhi nutrisi untuk ibu hamil. Namun untuk ibu menyusui, asam lemak esensial yang menjadi kebutuhan yang penting untuk memberi nutrisi pada ASI, maka konsumsi telur yang telah di fortirikasi DHA. Anda dapat menyajikan dalam bentuk rebus maupu orak­arik sebagai santapan pagi.

  1. Salmon

Ikan salmon inimerupakan ikan yang kaya akan nutrisi, termasuk sumber DHA yang sangat bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf anak. Dan kian tinggi DHA dalam ASI maka juga kian baik juga untuk mencegah depresi pasca melahirkan. Namun, jangan konsumsi dengan cara berlebih pula. Maksimal konsumsi ikan salmon sebanyak 12 ons per minggu sebab bisa meningkatkan paparan merkuri pada bayi anda.

  1. Beras cokelat

Mungkin Anda lebih mengenal beras merah bila di banding dengan beras cokelat ini. Namun ternyata beras cokelat mempunyai banyak sekali nutrisi dan serat sehingga mampu menahan kenyang lebih lama. Beras ini juga tidak akan meningkatkan tingkat gula darah sehingga nantinya gula darah anda bisa tetap stabil.

  1. Sayuran hijau

Seperti yang sudah di ketahui bila sayuran mempunyai banyak nutrisi seperti sayur bayam, brokoli, wortel dan lainnya. Sayuran ini sangat kaya akan vitamin A, zat besi, serat,  dan masih banyak lagilainnya. Bahkan, sayuran tidak hanya baik untuk ibu menyusui namun juga baik saat sedang hamil sebab antioksidan yang terkandung bisa membantu kesehatan jantung.

Selain konsumsi beberapa makanan diatas, anda bisa konsumsi Spirulina. Spirulina atau di sebut dengan ganggang hijau ini memang sudah lama di gunakan sebagai bahan dasar suplemen makanan. Spirulina memang menyerupai bentuk spiral dan sudah di kenal sejak 3,5 milyar abad yang lalu, bahkan pada zaman aztec kuno yang ada di meksiko konsumsi spirulina ini sebagai bahan makanan mereka. Spirulina juga berasal dari spesies platensis yang sangat aman untuk di makan dan mempunyai nila gizi yang sangat tinggi, spirulina juga memperoleh gelar Super Food karena di dalam 1 gram spirulina sama dengan kandungan nutrisi yang ada pada 500 sayuran serta buah-buahan. Dan untuk ibu menyusi, spirulina juga bermanfaat sebagai nutrisi ibu menyusui dan juga melancarkan air susu agar menjadi lebih banyak dan lancar.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Solusi Ketergantungan Narkoba

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *