Meningkatkan Kesehatan Ibu Sebagai Upaya Menjalankan Program Kesehatan Ibu Dan Anak

Meningkatkan Kesehatan Ibu – Pemerintah saat ini sedang mencanangkan program Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) dengan target utamanya adalah memperhatikan kesehatan ibu dan anak, tepatnya dengan tujuan 4 menurunkan angka kematian anak dan Meningkatkan Kesehatan Ibu. Program kesehatan ibu dan anak ini merupakan program yang penting karena ibu dan anak merupakan unsur penting dalam membangun pembangunan negara dari SDMnya.

Meningkatkan Kesehatan Ibu Sebagai Upaya Menjalankan Program Kesehatan Ibu Dan Anak

Menurut survey demofrafi dan kesehatan Indonesia, di Indonesia Angka Kematian Neotenal (AKN), Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Balita (AKBAL), Angka Kematian Ibu (AKI) hamil dan saat melahirkan masih sangatlah tinggi. Oleh karena itu, program kesehatan ibu dan anak serta keluarga berencana dicanangkan oleh pemerintah secara berkesinambungan dan terpadu guna membantu mempercepat penurunan AKN, AKB, AKBAL, dan AKI tersebut. Meningkatkan Kesehatan Ibu dalam upaya kesehatan ibu dan anak merupakan upaya di bidang kesehatan yang menyangkut pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui, bayi, balita, serta anak prasekolah.

Tujuan umum dari program ini adalah tercapainya kemampuan hidup sehat melalui peningkatan derajat kesehatan yang optimal bagi ibu dan keluarganya agar menuju Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS), serta meningkatkan derajat kesehatan anak untuk menjamin adany proses tumbuh kembang yang optimal yang merupakan landasan bagi peningkatan kualitas manusia seutuhnya. Sedangkan, untuk tujuan khususnyam sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan ibu baik itu dari pengetahuan, sikap dan perilaku dalam mengatasi kesehatan diri sendiri dan keluarganya dengan menggunakan teknologi tepat guna dalam upaya pembinaan kesehatan keluarga dan sebagainya.
  2. Meningkatkan upaya pembinaan kesehatan balita dan anak pra-sekolah secara mandiri di dalam lingkungan keluarga, paguyuban 10 keluarga, Posyandu, hingga di sekolah Taman Kanak-Kanak.
  3. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan pada bayi, balita, ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, dan ibu menyusui.
  4. Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan ibu hamil, ibu bersalin, nifas, ibu menyusui, bayi dan balita.
  5. Meningkatkan kemampuan dan peran serta masyarakat, keluarga dan seluruh elemen masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan ibu, balita, anak pra-sekolah, terutama melalui peningkatan peran ibu dan keluarganya.

Prinsip pengelolaan Program ini adalah memantapkan dan peningkatan jangkauan serta mutu pelayanan secara efektif dan efisien. Pelayanan Meningkatkan Kesehatan Ibu dengan meningkatkan pelayanan antenatal dan neonatal di semua fasilitas pelayanan dengan mutu yang baik serta jangkauan yang setinggi-tingginya dimulai dengan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada ibu selama masa kehamilannya sesuai dengan standar pelayanan antenatal.  Standar minimal Meningkatkan Kesehatan Ibu untuk pelayanan antenatal terdiri dari; menimbang berat badan dan menguukur tinggi badan, mengukur tekanan darah, pemberian Imunisasi TT lengkap, mengukur tinggi fundus uteri, serta pemberian tablet zat besi minimal 90 tablet selama kehamilan. Frekuensi pelayanan antenatal yang dilakukan adalah minimal 4 kali selama kehamilan dengan ketentuan waktu sebagai berikut:

  • minimal 1 kali pada triwulan pertama,
  • minimal 1 kali pada triwulan kedua,
  • dan, minimal 2 kali pada triwulan ketiga.

Tujuan adanya Program Kesehatan Ibu dan anak (KIA) adalah tercapainya kemampuan hidup sehat melalui peningkatan derajat kesehatan yang optimal, bagi ibu dan keluarganya. Peran serta seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat terlihat secara nyata dalam menjalankan program Meningkatkan Kesehatan Ibu demi masa depan Indonesia yang lebih baik kedepannya nanti.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Informasi Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Yang Bekerja

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *