Masalah Kesehatan Ibu Di Indonesia

 

Masalah kesehatan ibu di indonesia – Sebagai salah satu kategori negara yang berkembang, ternyata negara Indonesia ini masih menyisakan permasalahan khususnya yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan juga anak. Dalam hal kesehatan ibu dan anak, dengan fakta Indonesia masih sangat tertinggal jika dibanding dengan negera negara tetangga misalnya seperti negara Malaysia, Brunai Darussalam maupun negara tetangga lainnya.

Masalah Kesehatan Ibu Di Indonesia

Sebetulnya, Indonesia sebelumnya juga telah menjadi target program Millenium Development Goals (MGDs), akan tetapi target tersebut menjadi tidak terpenuhi yang mana salah penyebabnya ialah tidak terpenuhi target MGDs dalam hal kesehatan ibu dan juga anak. Tahun 2015 saja, sudah tercatat bahwa dari 240 juta penduduk Indonesia lebih dari 58% ini masih mengalami gangguan kesehatan utamanya pada kaum ibu dan juga gizi buruk pada anak.

Lalu apa saja sih permasalahan tersebut? Ada beberapa masalah terkait kesehatan ibu dan anak yang masih melanda negara Indonesia sampai saat ini. Berikut beberapa penjelasan terkait masalah kesehatan ibu di Indonesia seperti berikut ini :

  1. Angka Kematian Bayi dan Angka Kematian Ibu yang Tidak Mengalami Perbaikan

Faktanya ialah kematian Ibu dan Anak di Indonesia ialah masih jauh lebih tinggi di banding dengan negara tetangga sampai tahun 2015 lalu. Bahkan selain itu, Angka Kematian Bayi ini juga tercatat jalan ditempat, bahkan untuk Angka Kematian Ibu justru meningkat yang sebelumnya tercatat  228 kasus setiap 100.000 kelahiran  terus meningkat menjadi  359 kasus.

   2. Gangguan Gizi Buruk

Masalah gizi buruk pada anak pun ini juga tidak ketinggalan, secara fakta Indonesia belum dapat memenuhi target Millenium Development Goals. Hal utama yang menyebabkan gizi buruk pada anak ini ialah sebab minimnya pemahaman para orang tua khususnya di pedesaan terkait pentingnya pemenuhan gizi untuk sang anak.

   3. Permasalahan Air Susu Ibu (ASI)

Sebagai konsumsi utama pada bayi,  Air Susu Ibu ini tetap menjadi yang terbaik untuk bayi dan juga anak. Namun yang di sayangkan, masih banyak para orang tua yang belum sadar sepenuhnya bahwa ASI bisa membantu anak mempunyai sistem kekebalan tubuh yang prima. Maraknya pemberian susu formula pada anak sekarang ini juga telah menjadi permasalahan khusus untuk Indonesia utamanya untuk mewujudkan kesehatan anak dan juga menekan angka kematian bayi beserta anak di Indonesia.

   4. Kekurangan Yodium

Permasalahan yang satu ini sifatnya klasik untuk kesehatan anak Indonesia. Sebab tidak sedikit ditemui anak Indonesia yang kekurangan yodium yang menderita penyakit gondok. Seorang ibu yang saat hamil menderita penyakit pembengkakan kelenjar gondok dengan otomatis maka akan melahirkan bayi yang kekurangan yodium.

   5. Kekurangan Zat Besi

Dapat dibilang hampir sebagian anak indonesia kekurangan zat besi sebab sejak usia 4 bulan bayi harus diberi tambahan seperi zat besi. Akan tetapi tidak semua orang tua menyadari dan juga mengetahui masalah ini. Kekurangan zat besi ini nantinya akan berdampak untuk pertumbuhan anak pada kemudian hari.

   6. Kekurangan Vitamin A

Mata merupakan indera yang berperan sangat penting untuk masa depan seorang anak. Sebab kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan berbagai masalah penyakit mata yang pastinya jika tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan kebutaan. Namun permasalahan ini dapat dicegah sedini mungkin dimulai dari perhatian  pada asupan vitamin A untuk para ibu hamil di Indonesia sampai sang ibu itu sendiri melahirkan. Demikian sedikit informasi terkait masalah kesehatan ibu di Indonesia, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Pentingnya Menjaga Kesehatan Si Buah Hati

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *