Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomattanaman Tomat termasuk kedalam buah karena strukturnya, memiliki daging dan biji sehingga aman bila ditelan. Satu hal yang tidak disukai oleh tomat yakni ketahanannya yang lemah dan mudah busuk. Supaya tahan lama, tomat bisa dibekukan dengan diawali oleh pemilihan, pencucian, perendaman, perebusan, pengupasan, yang diakhiri dengan pembekuan pada lemari es. Dibawah ini beberapa manfaat tomat yang sangat baik untuk tubuh:

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

  1. Mengurangi kadar lemak penyebab kegendutan

Untuk mengurangi kadar lemak yang menumpuk dalam tubuh, diperlukan kerja keras seperti olahraga serta pengaturan pola makan. Jika Anda sudah banyak melakukan olahraga tapi berat badan tak kunjung menurun, silahkan coba dengan konsumsi tomat dengan rutin sebelum latihan. Karena tomat tak mengandung lemak, bahkan tinggi protein, kalori dan karbohidrat. Ketiga nutrisi ini memiliki peranan penting untuk menurunkan berat badan. Kemudian Anda juga dapat mengatur olahraga dengan melakukan seperti gym dan berlari.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat yang ada pada tomat memang sangat tinggi. Oleh sebab itu, dengan tingginya serat pada tomat inilah, maka tomat bisa memelihara kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh. Selain itu serat serta kandungan air dalam tomat bisa membuat perut kenyang sangat cepat sehingga bisa mengurangi kandungan kalori yang berlebih. Dan itu sangat baik untuk mereka yang mau menurunkan berat badan. Harus diperhatikan, jika mengkonsumsi tomat saja tak cukup untuk cara menurunkan berat badan. Karena Anda harus mengkombinasikan dengan olahraga maupun makanan lainnya supaya asupan harian tubuh bisa terpenuhi.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan Likopen dalam buah tomat ini bisa berperan untuk pencegahan kanker. Likopen juga sangat baik dalam menurunkan kolesterol atau pencegahan kanker. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada University of Montreal telah menunjukan jika mereka yang menjalankan diet yang banyak menggunakan tomat bisa menurunkan resiko timbulnya kanker pankreas hingga 31%. Asupan likopen ini bisa meningkat bila di masak lebih dahulu tomatnya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan yang terdapat pada tomat diantaranya ialah potassium, kalium, kolin, vitamin C, dan serat memang sangat penting bagi kesehatan jantung. Apalagi dengan dikombinasikan pada diet rendah natrium, anda akan terhindar dari masalah penyakit kardiovaskular.

  1. Pencegah Diabetes Alami

Asupan kromium yang terdapat dalam buah tomat bisa menyeimbangkan gula darah pada tubuh. Sehingga dengan stabilnya kadar gula darah maka anda bisa terhindar dari penyakit diabetes.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Asupan vitamin K dalam buah tomat sangat baik untuk kesehatan tulang. Kandungan Vitamin K juga mampu menguatkan tulang. Hal ini mampu terhindar dari masalah pengeroposan tulang ataupun yang biasa dinamakan dengan osteoporosis.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kandungan Likopen serta beberapa nutrisi dalam tomat ini juga sangat bagus untuk kesehatan kulit. Konsumsi buah tomat bisa membuat kulit anda bisa lebih kencang serta mampu menghindari penuaan dini.

  1. Membantu meredakan peradangan

Penyakit yang berkaitan dengan peradangan juga bisa diminimalisir dengan cara mengkonsumsi buah tomat. Yang mana dengan mengkonsumsinya, akan bermanfaat dalam meredakan nyeri yang sudah dialami. Hal tersebut karena tomat telah mengandung sangat banyak bioflavonoid serta karetenoid di dalamnya.

Anda jangan menyepelekan peradangan karena dapat menyebabkan terjadinya banyak penyakit berbahaya misalnya kanker, dan jantung. Disamping itu, masalah jerawat juga bisa timbul pada peradangan di dalam tubuh. Untuk mengkonsumsi tomat usahakan untuk konsumsi tomat yang sudah matang, itu karena lycopene sering ditemukan pada tomat yang sudah masak. Manfaat tomat ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh anda.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Keajaiban Cholorophyll Plus Sebagai Pembersih Alam Tubuh Dan Peningkat Kesehatan Jantung

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *