Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Manfaat Timun  – Timun merupakan salah satu jenis buah yang biasanya kerap digunakan sebagai campuran salad dan sayuran lainya. Buah timun kaya akan kandungan air yang sangat segar. Selain rasanya yang segar, buah timun juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita, asalkan kita tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Buah timun mengandung kalori yang sangat rendah, hanya 15 gram kalori saja per 100 gram buah timun. Disamping itu buah timun juga tidak mengandung kolesterol sama sekali. Bahkan buah  ini kerap dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah sembelit kronis. Tidak hanya buahnya saja, bahkan kulit timun juga kaya akan serat  yang bisa mengurangi masalah pencernaan. Berikut ini Manfaat Timun untuk tubuh kita.

  1. Mengobati sakit gigi dan gusi

Serat yang terkandung dalam buah mentimun sangat bermanfaat untuk mengobati sakit gigi dan gusi, terutama untuk penyakit pyorrhea. Disamping itu, timun juga bisa meningkatkan produksi air liur yang berguna untuk menetralisasi asam dan basa yang ada di dalam rongga mulut sehingga gigi dan gusi bisa terhindar dari penyakit.

  1. Memperbaiki fungsi saluran pencernaan

Manfaat timun yang lainya adalah untuk mengatasi masalah pencernaan seperti mulas, maag, dan gastritis. Selain itu, bila anda mengkonsumsinya secara rutin, maka serat yang terkandung pada buah mentimun juga diyakini  bisa mengatasi masalah sembelit.

  1. Menyuburkan rambut  

Bila Anda memiliki masalah rambut rontok, maka sebaiknya anda mencoba mengkonsumsi jus buat timun. Buah timun mengandung silica yang lumayan banyak, jadi sangat berguna untuk menumbuhkan rambut anda. Cara membuat jus dari buah timun sangat mudah, yakni dengan mencampurkanya dengan bahan-bahan lainya seperti bayam, wortel dan juga selada. Dengan mengkonsumsi jus mentimun secara rutin, maka Anda akan mempunyai rambut yang bagus dan terhindar dari kerontokan.

  1. Menjaga kulit anda agar awet muda

Biji mentimun sangat berkhasiat untuk membuat kulit wajah kita awet muda. Oleh sebab itu, ketika membuat jus mentimun, jangan sampai anda membuang bijinya. Pada biji buah timun terdapat kandungan vitamin E dan juga potassium yang bisa mengurangi garis halus, noda hitam dan keriput pada wajah.

  1. Sebagai Anti Kanker

Buah timun juga mengandung lariciresol, secoisolariciresinol dan pinoresol yang sangat bermanfaat untuk mencegah beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker usus, serta kanker ovarium, kanker prostat dan kanker rahim. Ketiga kandungan tersebut bisa mengubah bakteri yang ada dalam pencernaan menjadi enterolignans yang dapat mengikat reseptor estrogen dan mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

  1. Melindungi Otak

Manfaat Timun yang lainya adalah untuk melindungi otak dari penurunan fungsi yang disebabkan faktor usia.  Sebab timun memiliki kandungan flavanol yang bisa meningkatkan memori dan melindungi sel- sel syaraf.  Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa timun bisa mencegah penyakit alzheimer.

  1. Dapat Mempertajam Penglihatan

Buah timun juga sangat baik untuk mempertajam penglihatan kita. Sebab didalam mentimun ada kandungan Vitamin A yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita.

  1. Manfaat Timun Untuk Diet

Manfaat timun yang terkahir adalah untuk menurunkan berat badan. Karena buah ini mengandung banyak air dan kandungan serat, maka buah timun sangat efektif untuk membersihkan racun yang terdapat pada tubuh, sehingga bisa membuat sistem pencernaan kita  menjadi lancar dan alhasil berat badan kita bisa menurun.

Demikianlah ulasan tentang Manfaat Timun , semoga ulasan diatas bermanfaat untuk anda.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

5 Manfaat Lobak Yang Perlu Anda Tahu

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *