Manfaat Tanaman Kunyit Dan Cara Pembuatannya Yang Wajib Diketahui

Khasiat tanaman obat kunyit dan cara pembuatannya – Era modern biasanya membuat gaya hidup kita serba modern, termasuk dalam pengobatan dan juga dalam menjaga kesehatan. Padahal apabila kita mau hidup lebih sehat gaya hidup yang serba alami lebih menjanjikan di banding kita melakukan denga cara yang modern. Terlebih kita hidup di negara yang beriklim tropis, yang sangat mendukung untuk menjaga kesehatan dengan cara alami. Salah satu cara mengobati dan menjaga kesehatan kita ialah dengan memanfaatkan kunyit sebagai pengobatan. Kunyit memang sangat mudah di temukan, sebab kunyit biasanya dijadikan rempah rempah maupun campuran bumbu dapur. Akan tetapi selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, kunyit ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Tanaman Kunyit Dan Cara Pembuatannya Yang Wajib Diketahui

Selain itu kunyit juga seringkali dimanfaatkan dalam dunia kesehatan dan juga kecantikan. Akan tetapi kunyit meski banyak manfaatnya ternyata harganya terbilang murah, makanya tangan kreatif dan otak gemilang juga sudah mulai bersiap-siap melirik bisnis obat alami dari tanaman obat kunyit ini. Dan untuk lebih jelasnya, simak khasiat tanaman obat kunyit dan cara pembuatannya berikut ini :

  •  Mengobati Diare Dengan Kunyit

Rimpang kunyit yang diiris selanjutnya dicampur dengan satu sendok air kapur sirih. Rebus dan juga aduk campuran tersebut hingga rata. Setelah mendidih, dinginkan dan saring ampasnya. Minum 3 x sehari hingga sembuh.

  • Mengobati Demam Dengan Kunyit

Siapkanlah rimpang kunyit 20 gr dan air matang 100 ml. Bersihkanlah rimpang kunyit, selanjutnya diparut. Campur hasil parutan kunyit ini dengan 100 ml air. Selanjutnya peras dan juga saring ampasnya. Air hasil perasan kunyit ini bisa anda minum sebanyak 2 kali dalam satu hari.

  • Mengobati Borok Dengan Kunyit

Parutlah rimpang kunyit yang sebesar ibu jari selanjutnya campur dengan satu sendok air kapur sirih dan juga air perasan satu buah jeruk nipis, jika sudah aduk hingga rata. Oleskanlah ramuan ini ke bagian borok yang sakit.

  • Mengobati Keputihan Dengan Kunyit

Parut kupasan kunyit tua ini kira-kira sebanyak kurang lebih 15 gram. Campur parutan ini dengan 150 ml air asam serta gula jawa, kemudian aduk hingga merata. Peras campuran bahan tersebut dan saring ampasnya dan minumlah setiap hari.

  • Mengobati Cacar Air Dan Gatal Dengan Kunyit

Haluskanlah dengan ditumbuk atau diblender satu potong kunyit yang telah dicampur dengan segenggam daun asam yang sudah dicuci. Oles ramuan ini di bagian cacar air maupun tubuh yang terasa gatal.

  • Mengobati Radang Amandel

Kunyit dengan ukuran kira-kira setengah jari ini diparut selanjutnya di campur dengan 2 sendok air minum. Aduk kedua campuran tersebut dan diperas. Selanjutnya buang ampasnya, jika sudah hasil perasan ini dicampur dengan satu buah kuning telur ayam kampung serta sedikit air kapur sirih. Aduk ramuan ini hingga merata dan minum 1 sampai 2 kali sehari.

  • Mengobati Nyeri Haid

Siapkanlah kunyit dan juga daun sigading sebanyak 15 gram, biji pala dan juga kapulaga 10 gram, jinten hitam, ketumbar dan juga cengkeh 5 gram. Rebuslah semua bahan tersebut dengan menggunakan 3 gelas air. Tunggu hingga mendidih sampai air tersisa sekitar satu gelas. Saring hasil rebusan tersebut selanjutnya bagi menjadi tiga untuk diminum pagi, siang serta sore hari.

Itulah beberapa khasiat tanaman obat kunyit dan cara pembuatannya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk anda semua.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Khasiat Tanaman Bunga matahari Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *