Manfaat Santan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat santan – Semua yang ada pada pohon kelapa bisa dimanfaatkan. Misalnya air kelapa memiliki banyak khasiat rasa air serta buahnya. Disamping itu, air santan juga memiliki banyak khasiat. Air santan ini diperoleh dari kelapa yang diparut dan diambil airnya. Meskipun begitu, manfaat santan untuk kesehatan tubuh juga sangat banyak seperti penjelasan berikut ini;

Manfaat Santan Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Cegah penuaan

Kandungan serat, lemak serta nutrisi dan antioksidan pada air santan kelapa juga dapat membantu mencegah penuaan dini seseorang. Jadi untuk anda yang mengkomsumsi santan dengan teratur, maka kemungkinan besar akan awet muda. Tapi dengan jumlah yang tidak berlebih.

  1. Kaya zat besi

Asupan zat besi pada santan kelapa juga bisa mencegah anemia ataupun kurang darah. Masalah Anemia ini terjadi karena dalam tubuh tidak memproduksi hemoglobin dalam jumlah yang mencukupi untuk aktivitas sehari-hari. Hal ini membuat Anda menjadi lemas, tak produkstif, dan cepat lelah.

  1. Menguatkan tulang

Tulang kuat sebenarnya tak hanya memerlukan zat kalsium saja. Namun juga fosfor yang juga banyak ada pada santan kelapa. Konsumsilah santan kelapa yang sekaligus membantu menyehatkan serta menguatkan tulang.

  1. Memperkuat imunitas

Dalam santan kelapa juga telah mengandung vitamin C serta mampu memperkuat kekebalan dalam tubuh. Anda bisa banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan santan kelapa, masalah flu dan infeksi bisa jarang dialami.

  1. Kaya antioksidan

Santan kelapa juga kaya terhadap antioksidan sehingga bermanfaat untuk melawan radikal bebas sekaligus melindungi adanya kerusakan sel dalam tubuh.

  1. Penyubur Rambut

Sebenarnya minyak pada santan kelapa yang sudah diproses ataupun sisa perasan santan, juga bisa berkhasiat dalam menyuburkan serta menghitamkan rambut.

  1. Memperketat Kulit

Santan kelapa juga bisa dioleskan ke wajah ataupun sebagai sabun wajah yang dipercaya bisa memperketat kulit maupun mencegah penuaan kulit. Umumnya baik digunakan wanita atau pria.

  1. Vitamin dan Mineral

Vitamin C dan E bisa membantu menambah sistem kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin B yang dapat bertanggung jawab dalam menyediakan energi bagi sel. Sementara Air kelapa juga sangat kaya akan magnesium, fosfor, kalium, serta zat besi. Sementara Magnesium juga bertanggung jawab untuk berbagai fungsi biokimia pada tubuh, misalnya mengatur irama jantung sekaligus menjaga fungsi sel saraf.

Kandungan Kalium juga mempertahankan jaringan jantung, otak, ginjal, serta otot. Kandungan Fosfor juga bisa membuat gigi ataupun tulang menjadi kuat. Kandungan zat besi bisa memproduksi sel­sel darah merah sekaligus bisa membawa oksigen sampai ke seluruh bagian tubuh Anda. Tambah santan di dalam sereal serta minumlah dua gelas setiap hari agar menerima manfaat tersebut.

  1. Antioksidan

Terdapat penelitian yang mencatat jika air kelapa kaya terhadap kandungan antioksidan. Hal ini untuk mencegah kerusakan karena radikal bebas. Biasanya radikal bebas berkaitan dengan perkembangan berbagai penyakit, misalnya kanker, sakit jantung, Alzheimer serta demensia yang berhubungan dengan usia. Zat Antioksidan bisa membantu mengembalikan kerusakan sebelumnya sekaligus menunda proses penuaan dini. Konsumsilah segelas air kelapa dengan mengkonsumsi makanan lainnya yang banyak mengandung antioksidan misalnya kemiri, kismis serta cranberry.

Selain itu Santan dapat menjadi penambah energi pada makanan yang kaya terhadap antioksidan serta meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Disamping itu manfaat manfaat santan juga bisa membangun kembali jaringan sel yang telah rusak pada tubuh Anda. Dengan catatan anda tidak boleh mengkonsumsi santan secara berlebihan, konsumsilah secukupnya.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *