Manfaat Pare Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Pare – Pare merupakan salah satu bahan makanan yang terkenal dengan rasa pahitnya. Sayuran yang identik dengan rasa pahit ini sering dihindari untuk dijadikan lauk makanan karena rasanya yang tidak enak. Padahal, dibalik rasa pahit tersebut tersimpan manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh dan kecantikan yang alami. Bahkan di beberapa negara lainnya pare justru dijadikan sebagai ramuan obat-obatan herbal dengan manfaat yang optimal.

Manfaat Pare Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Sebenarnya, rasa pahit pada pare ini tersimpan nutrisi lebih seperti kandungan pigmen , karbohidrat dan albumnoid. Masing-masing kandungan itulah yang memiliki manfaat luar biasa dan seringkali dijadikan sebagai obat. Namun, yang lebih sering yaitu untuk dijadikan lauk pauk dengan rasa pahit dan sedikit gurih. Bahkan bisa juga rasa pahit itu diubah karena penggunaan bahan lain, sehingga pahit bisa hilang. Selain dikonsumsi, pare ini dapat dijadikan sebagai ramuan kecantikan alami. Berikut beberapa manfaat pare untuk kesehatan:

  1. Membantu program diet sehat

Dalam program diet ini diperlukan menu makanan yang rendah kalori dan sebagainya. Pare  sangat cocok sebagai asupan yang mengandung kalori rendah, sehingga sangat aman untuk program diet sehat tanpa menimbulkan lemak yang semakin bertambah. Bahkan sangat baik pula untuk dikonsumsi para penderita diabetes yang ingin menjalankan diet agar lebih lancar.

  1. Mengurangi pertumbuhan sel kanker

Pare juga mampu menghambat sel kanker yang terjadi pada organ Pankreas. Hal ini karena pare dapat memberikan pengaruh pada metabolisme glukosa yang dalam kanker tersebut. Dalam artian, konsumsi pare dalam bentuk jus dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada organ tubuh pankreas ini.

  1. Sebagai ramuan herbal untuk diabetes

Sayur pare ini memiliki kandungan dengan sifat hipoglikemik atau berperan sebagai penurun kadar gula dalam darah. Dalam artian, mengkonsumsi buah pare sama dengan menerapkan perawatan untuk mendapatkan kadar gula dalam darah yang normal. Sayur pare dapat bekerja dengan rasa pahitnya sebagai penurun dari kadar gula yang cenderung untuk naik. Untuk itu, Anda dapat mengkonsumsi pare sebagai pengontrol dan penurun kadar gula dalam darah.

  1. Merawat kecantikan kulit

Pare bisa dijadikan sebagai masker wajah yang alami, caranya yaitu mengolah pare sampai lembut kemudian dioleskan pada wajah. Pare tersebut dapat mengurangi masalah kulit wajah dan menjadikan wajah terlihat segar. Dengan begitu, kulit wajah anda senantiasa terjaga dan tetap cantik alami.

  1. Melegakan pernafasan

Pare mampu menjadikan sel-sel pengecap di saluran pernafasan terbuka secara lebar. Pada kondisi seperti ini, saluran terbuka lebar dan sirkulasi udara jauh lebih lancar dari sebelumnya.

  1. Menyuburkan rambut

Tanaman yang satu ini memiliki khasiat untuk menyuburkan rambut. Caranya yaitu cuci segenggam daun pare sampai bersih, kemudian ditumbuk sampai seperti bubur dan  tambahkan air 3/4 gelas. Lalu embunkan ramuan ini semalaman dan paginya disaring, airnya digunakan untuk membasuh kulit kepala.

  1. Menghitamkan Rambut

Selain berguna menyuburkan rambut, daun pare juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut yang berwarna merah karena sering terpapar sinar matahari atau bawaan lahir. Ambilah daun pare yang masih segar secukupnya, kemudian dicuci bersih. Daun pare tadi ditumbuk hingga halus, lalu diperas dengan sepotong kain. Airnya digunakan untuk melumas kulit kepala. Lakukanlah setiap hari. Ramuan ini terutama digunakan untuk anak balita dan bayi.

Itulah beberapa manfaat pare untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *