Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh  – Renang adalah olahraga yang dapat kita jadikan sebagai media untuk berelaksasi. Seperti halnya olahraga lain, berenang juga bisa memberi banyak untuk kesehatan kita. Berenang bisa menjauhkan kita dari masalah obesitas, menghilangkan stres, meningkatkan kekuatan otot, mengatasi nyeri punggung, dan bahkan bisa mencegah kanker payudara. Selain itu, berenang dengan gerakan tertentu juga bermanfaat untuk kehamilan. Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan, dan yang paling terpenting adalah sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah ulasan tentang Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh.

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh

  1. Mengurangi Resiko Arthritis

Arthritis adalah peradangan yang terjadi  pada sendi yang membuat sendi menjadi kaku. Renang adalah olahraga yang dianjurkan untuk membantu mengurangi resiko Arthritis. Hal tersebut karena olahraga renang adalah olahraga yang menggerakkan setiap bagian tubuh tapi tidak terlalu memberikan beban dan juga ketegangan pada sendi. Ketika berenang berat beban kita akan menjadi ringan dibandingkan saat anda tak berada dalam air. Rheumatoid Arthritis adalah salah satu tipe Arthritis yang membutuhkan terapi renang agar rasa sakit pada sendi bisa berkurang.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Berenang juga sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan jantung. Olahraga renang dapat melancarkan sirkulasi darah pada jatung ketika jantung memompa darah dan juga mengirimkannya kesemua bagian tubuh. Olahraga ini adalah aerobik untuk melatih kardiovaskular.

  1. Memanjangkan umur

Bila anda ingin mempunyai umur panjang, maka lakukanlah olahraga ini secara rutin. Menurut beberapa penelitian, orang yang melakukan olahraga berenang secara rutin setiap hari cenderung lebih sehat dan tingkat kematiannya 50% lebih rendah dibandingkan orang yang tidak melakukan olah raga ini.

 

  1. Membentuk dan Menguatkan Otot

Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh selanjutnya adalah untuk menguatkan otot-otot triceps. Otot triceps merupakan otot yang terletak pada bagian belakang lengan. Jika anda rutin berenang, maka massa otot triceps bias mengalami peningkatan hingga 23,8%  selama 8 minggu atau lebih.

  1. Menjaga Berat Badan

Berenang bukan hanya kegiatan yang menyenangkan, namun juga bisa menjaga berat badan kita agar tetap ideal. Dengan berenang hanya dalam waktu 1 jam saja, anda sudah bisa membakar 100 hingga 200 kalori. Kalori yang terbakar tergantung dengan seberapa sering latihan anda, semakin sering anda berenang, maka akan semakin banyak kalori yang terbakar.

  1. Melatih Keseimbangan dan Kelenturan

Dengan berenang, maka anda sudah melatih kelenturan otot tangan dan juga kaki. Anda dapat mencoba beberapa gerakan renang yang sesuai dengan kemampuan anda. Keseimbangan juga manfaat yang bisa anda dapatkan dengan melakukan olah raga renang secara rutin. Orang berenang dengan rutin dipastikan akan mempunyai keseimbangan yang lebih baik bila dibandingkan dengan mereka yang tak berenang.

  1. Mengurangi Resiko Asma

Manfaat renang untuk tubuh lainya adalah mengurangi resiko terserang penyakit asma. Karena berenang adalah olahraga yang sangat baik untuk melatih pernapasan dan membuat paru-paru bisa menjadi lebih sehat.

  1. Relaksasi

Bila anda merasa stress dan bosan dengan rutinitas harian anda, maka cobalah  melakukan olahraga renang dan nikmatilah waktu bersantai anda untuk menyegarkan pikiran dan tubuh anda. Ketenangan air sangat bagus untuk kesehatan mental anda terutama saat anda mulai menggerakkan tubuh untuk melepaskan ketegangan sendi atau otot. Badan  anda pastinya akan merasa lebih bugar dan fit setelah itu.  Upayakan untuk berenang di tempat yang tidak terlalu ramai supaya relaksasi anda bisa berjalan dengan lebih sempurna.

Demikianlah ulasan tentang Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh, semoga uraian diatas bermanfaat untuk anda.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Olahraga Sit Up Bagi Tubuh

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *