Manfaat Merica Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat MericaMerica sudah dikenal sejak dahulu sebagai bumbu masak yang bisa  memberi aroma dan cita rasa yang khas. Banyak olahan masakan yang menggunakan merica sebagai bumbu pelengkapnya. Akan tetapi apakah Anda tahu, jika merica bermanfaat kesehatan di dalamnya?

Manfaat Merica Bagi Kesehatan Tubuh

Ternyata merica memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam sebuah penelitian disebutkan jika merica memiliki berbagai macam kandungan baik untuk tubuh, namun kandungan yang paling tertinggi yaitu Vit.E, Vit.K dan Vit.C. Dilakukan penelitian lanjutan, dan ternyata merica memiliki jejak kandungan Vit.B seperti Pyridoksin, Niacin dan Riboflavin. Kandungan yang lainnya dalam merica adalah zat kolin, folat, karbohidrat, serat dan protein. Kandungan baik yang melimpah pada merica ini, sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini manfaat merica bagi kesehatan tubuh lainnya yang bisa diperoleh jika dikonsumsi dengan bijak :

  1. Anti Kanker

Ada studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Inggris bertempat di University of Notitingham dan studi lainya yang dilakukan oleh gabungan dari para ilmuwan Amerika menyebutkan bahwa senyawa Capsaicin yang ada dalam merica mampu membunuh beberapa jenis sel kanker, apalagi sel kanker penyebab prostat.

  1. Menurunkan berat badan

Merica mengandung senyawa kimia yang bernama Capsaicin, kandungan inilah yang membuat merica mempunyai rasa pedas seperti pada cabai. Kandungan Capsaicin juga seringkali ditemukan di dalam obat atau pil penurun berat badan dan beberapa suplemen yang lainnya. Nah, cara kerja senyawa kimia Capsaicin sendiri yakni sifat termalnya dapat membakar lemak dan kalori dalam tubuh. Rasa pedas yang timbul akan membakar lemak yang berlebihan dalam tubuh dengan cara alami.

 

  1. Membuat jantung sehat

Jika cairan dalam tubuh banyak, maka berdampak buruk bagi kesehatan terutama organ jantung. Cairan tersebut mengakibatkan ketegangan pada jantung, dan salah satu tanda jika tubuh banyak menyimpan cairan yaitu bengkaknya pergelangan kaki dan tangan. Gejala lainnya yang sangat umum yaitu sulit untuk bernapas, karena paru-paru tertekan oleh banyaknya cairan. Disini merica berperan penting dalam membantu masalah tersebut, jika seseorang rajin mengkonsumsi merica, hal itu bisa menyebabkan tubuh menjadi panas dan berkeringat. Maka cairan yang berlebihan dalam tubuh dapat berkurang dengan sendirinya, karena keluar menjadi kencing dan keringat.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Merica dapat menurunkan kadar tekanan darah yang tinggi karena mengandung zat flavonoid, Vit.A dan Vit.C.

  1. Hidung Tersumbat

Senyawa Capsaicin yang ada di dalam merica dapat menghilangkan sinus, bahkan kandungan ini dapat melawan infeksi sinus. Cara kerjanya yaitu rasa panas merica akan membersihkan rongga udara pada hidung. Maka dengan demikian merica juga dapat membantu melonggarkan pernafasan ketika hidung tersumbat.

  1. Radang Sendi

Senyawa Capsaicin pada merica mempunyai manfaat sebagai anti peradangan, senyawa ini juga berguna untuk meringankan kondisi peradangan yang ada di dalam tubuh. Merica dapat meredakan rasa sakit dan pembengkakan yang timbul akibat menderita Arthritis.

  1. Sakit Kepala

Kandungan Capsaicin yang ada dalam merica mampu untuk memblokir segala macam kegiatan yang ada di Neuropeptida, syaraf ini merupakan pengirim utama rasa sakit ke otak. Jadi merica dapat mengurangi gejala sakit kepala atau pusing.

  1. Sakit Perut

Peran merica disini bukanlah menyembuhkan melainkan mencegah terjadinya sakit perut. Rasa panas yang ditimbulkan oleh merica mampu membunuh bakteri jahat yang berada di dalam usus dan perut, organ-organ tersebut adalah sarang bakteri penyebab sakit perut.

Itulah beberapa manfaat merica bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Inilah Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *