Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat KentangKentang adalah salah satu jenis sayuran yang berasal dari negara Amerika. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, tanaman umbi-umbian ini banyak dibudidayakan di berbagai Negara termasuk indonesia.

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

Kentang sendiri telah menjadi bahan makanan yang cukup populer di berbagai Negara. Bahkan banyak negara yang menggunakan kentang sebagai makanan alternatif pengganti nasi.  Selain itu, banyak tabib yang menggunakan  kentang sebagai obat alternatif untuk mengatasi penyakit kencing manis atau diabetes. Kentang sendiri memiliki kandungan berfungsi untuk menetralisir berbagai jenis bakteri yang masuk ke tubuh dan kandungan tersebut tidak akan hilang sedikitpun, meskipun dimasak dalam bentuk apapun. Kandungan yang terdapat dalam kentang antara lain adalah protein, karbohidrat,  fosfor, kalsium, zat besi, vitamin, potassium dan mineral-mineral yang lainnya. Kandungan yang ada pada kentang tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Adapun manfaat kentang untuk kesehatan adalah seperti berikut ini:

  1. Mencegah berbagai macam penyakit

Kentang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan hampir sama dengan  gandum. Serat sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Untuk orang yang memiliki berat badam berlebih, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti kentang. Namun tidak hanya itu saja, kandungan serat yang ada pada kentang juga bisa mencegah berbagai macam masalah yang mungkin timbul dalam sistem pencernaan. Selain itu, beberapa penelitian menemukan kandungan dalam kentang bisa mencegah munculnya kanker prostat, kanker rahim dan penyakit jantung.

  1. Membantu penurunan kadar kolesterol

Kentang mengandung kalori seperti nasi, tapi kentang memiliki tekstur yang lembut dan bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Disamping itu, kentang juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Zat potasium yang ada pada kentang sangat bermanfaat untuk menghancurkan tumpukan kolesterol yang ada pada sistem pencernaan kita.

  1. Mencegah penyakit batu ginjal

Kentang mengandung kalsium dan zat besi yang bisa mengendap dalam tubuh menjadi batu ginjal dan menimbulkan kadar asam urat. Tapi kentang juga mengandung magnesium yang bisa mencegah endapan batu ginjal di tubuh. Oleh sebab itu, kentang cukup ampuh digunakan untuk mencegah dan juga mengatasi batu ginjal.

  1. Meredakan stres dan baik untuk perkembangan otak

Kentang mengandung vitamin B6 yang bisa meredakan stres. Hormon adrenalin sendiri bisa membuat fikiran dan tubuh menjadi lebih rileks, serta menumbuhkan perasaan tenang dan senang. Disamping itu, vitamin B6 juga bisa meningkatkan perkembangan otak dan juga sistem saraf.

  1. Perawatan kulit dan kecantikan

Manfaat Kentang selanjutnya adalah untuk kecantikan.  Kentang juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kulit terutama untuk wajah yang bisa membuat kulit wajah menjadi lembut, halus dan bersinar. Kita dapat memanfaatkan kentang untuk menghilangkan bengkak dan juga lingkaran hitam yang terdapat di mata dengan cara menempelkan irisan kentang pada mata, tunggu sekitar 30 menit. Tidak hanya itu saja,  kentang juga bisa digunakan sebagai masker untuk membuat wajah anda tampak berish dan berkilau.

Itulah uraian tentang Manfaat Kentang. Bila anda ingin mengkonsumsi sayuran  kentang, maka sebaiknya perhatikanlah cara penyajiannya supaya nutrisi yang ada dalam kentang tidak terbuang. Sebaiknya hindari menggoreng atau membakar, sebab bisa merusak nutrisi yang ada dalam kentang. Akan lebih baik jika anda merebusnya saja, atau membuat menjadi sup dan ditambah dengan bahan-bahan yang bergizi lainya.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Buncis Yang perlu Anda Tahu

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *