Manfaat Kenikir Bagi Kesehatan

Manfaat Kenikir – Menikmati urap-urap sayur kenikir atau lalapan, yang mana juga dikenal dengan sebutan daun ini, memang sangat enak jika dijadikan menu santapan bersama keluarga. Bahkan sayur kenikir sekarang ini sudah tersebar luas di berbagai pelosok tanah air. Hal ini karena banyak para petani yang sudah membudidayakan tanaman kenikir untuk keperluan bagi kalangan masyarakat.

Manfaat Kenikir Bagi Kesehatan

Sebenarnya kenikir berasal dari Amerika latin, yang mana tanaman tersebut tumbuh berkembang sampai tahunan. Tumbuhan sayur kenikir ini dapat tumbuh tinggi sampai mencapai 1 meter, memiliki daun yang bertangkai panjang dan daunnya pun tumbuh secara berhadapan. Biasanya kebanyakan orang memanfaatkan daun kenikir sebagai salah satu menu lalapan dan urap-urap, yang sampai saat ini biasa dikenal dengan urap-urap khas Jawa. Daun kenikir memang menjadi salah satu bahan masakan lalapan yang tidak bisa dilewatkan. Namun, masih sedikit orang yang tahu bahwa daun kenikir ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Baik itu dibuat sebagai obat alami untuk penyembuhan penyakit ataupun dikonsumsi secara rutin untuk mendapat manfaat yang terkandung di dalamnya. Inilah manfaat kenikir bagi kesehatan tubuh manusia:

  1. Mengatasi lemah pada jantung

Kandungan flavonoid atau antioksidan  yang ada pada daun kenikir ini, mampu memperbaiki sel-sel pada tubuh. Bahkan flavonoid akan memberikan manfaat untuk memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Yang mana nantinya berperan untuk memperkuat otot pada jantung  serta pembuluh darah dalam tubuh. Sehingga dari situ jika  konsdisi jantung mulai melemah, maka dengan mengkonsumsi rutin daun kenikir ini, jantung lemah akan bisa normal kembali.

  1. Menjadi obat anti kanker

Di dalam kenikir, terdapat kandungan terpenoid, saponin,  flavonoid dan antioksidan  yang semuanya itu bisa dijadikan bahan yang alami untuk melawan sel kanker. Oleh sebab itu, daun kenikir bisa jadikan obat untuk menanggulangi penyakit kanker, layaknya kanker payudara, hati dan lambung. Dengan cara meminum rebusan air kenikir secara rutin, maka hal demikian bisa anda terapkan dalam menanggulangi jenis penyakit ini.

  1. Membersihkan darah dari racun

Pada daun kenikir, juga bisa anda manfaatkan dalam membersihkan darah dari racun dalam tubuh anda. Hal ini karena kandungan flavonoid, vitamin E,  antioksidan yang terdapat pada daun kenikir cukup dikenal untuk menetralisir darah dari racun yang berbahaya untuk tubuh. Sehingga dengan cara mengkonsumsi daun kenikir secara rutin, kondisi darah dalam tubuh dapat terbebas dari zat racun yang berbahaya.

  1. Menjadi obat lemah pada lambung

Kandungan tokoferol, hidroksieugenol dan polifenol pada sayur kenikir ini, sangat berguna dalam menetralkan asam lambung yang mungkin anda derita. Hal demikian karena kandungan tersebut dapat berguna untuk menguatkan otot sphincter lambung pada tubuh anda.  Oleh sebab itu, mengkonsumsi daun kenikir ini, bisa anda jadikan sebagai obat alami dalam mengatasi lemah pada lambung.

  1. Menguatkan tulang anda

Kandungan kalsium, mineral dan magnesium yang ada pada daun kenikir, memang sangat baik untuk pertumbuhan tulang di dalam tubuh. Sehingga dari situ bisa menjadikan tulang di dalam tubuh terjaga dengan baik  dan tetap kuat. Oleh sebab itu, anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk lalapan sayuran atau bisa berupa air rebusan untuk menjadikan tulang anda kuat.

Itulah beberapa manfaat kenikir bagi kesehatan yang mungkin belum pernah anda ketahui. Gunakanlah kenikir secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Inilah 10 Manfaat Poh-Pohan Yang Perlu Anda Ketahui

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *