Manfaat Kecambah untuk Kesehatan

Manfaat Kecambah – Sayuran Toge yang  juga biasa disebut Tauge adakah hasil dari pertumbuhan biji kacang­-kacangan atau polong­-polongan. Kecambah sendiri sangat mudah dibuat. Kecambah dapat tumbuh dengan baik tanpa kecambah. Memang sistem yang dipakai untuk membuat tauge ialah dengan menempatkannya pada tempat yang berair dan lembab.

Selain sebagai sayuran, kecambah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungannya berupa nutrisi dan mineral yang ada dalam kecambah. Di samping itu, masih banyak lagi kandungan gizi lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya adalah Lemak, Kalori, Protein, Folat, fitoestrogen, Kanavanin, Dainzein, Genistein, serta Saponin. Karena beberapa kandungan kecambah tersebut, tauge sangatlah bagus bagi kesehatan.

Manfaat Kecambah untuk Kesehatan

Di antara manfaat kecambah untuk kesehatan yang bisa menjadi referensi bagi anda. Silakan disimak ulasan di bawah ini.

  1. Kecambah mencegah kanker

Antioksidan yang ada di dalam tauge bisa membantu memperlambat proses penuaan dan menghentikan pembelahan sel-sel kanker dalam tubuh.

  1. Kecambah mencegah serangan jantung dan stroke

Orang-orang yang memiliki risiko terkena stroke dan serangan jantung karena tingginya kadar lemak dalam darah sangat dianjurkan rajin mengkonsumsi kecambah. Kecambah melawan kolesterol tanpa mengganggu lemak baik (HDL).

  1. Manfaat kecambah untuk mencegah osteoporosis

Kandungan estrogen alami yang ada pada kecambah akan bekerja dengan baik karena estrogen alami pada kecambah bisa dengan mudah meningkatkan sistem ketebalan tulang, struktur tulang serta menghentikan kebusukan pada tulang.

Terutama pada wanita yang berisiko tinggi terkena pengeroposan tulang, sebab setiap bulannya wanita mengalami menstruasi yang mengurangi zat besi. Hal ini akan menguras cadangan kalsium dari tubuh wanita. Untuk mencegah osteoporosis atau kerusakan tulang lainnya dianjurkan mengkonsumsi tauge.

  1. Kecambah meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan saponin dalam tauge akan memperbaiki sistem pertahanan tubuh, utamanya dengan meningkatkan aktivitas pada sel-sel pembuluh darah secara alami, khususnya limfosit T-sel dan interferon. Tauge berlimpah akan kandungan anti-oksidan yang berguna memerangi radikal bebas.

  1. Manfaat kecambah untuk pencernaan

Kecambah bersifat basa, maka ia sangat baik untuk menjaga tingkat keasaman lambung dan membantu pencernaan. Di samping itu, kandungan serat kecambah sangat mudah untuk meningkatkan kontraksi pada saluran pencernaan sehingga memperlancar buang air besar.

  1. Anti Oksidan

Vitamin E merupakan zat anti-oksidan yang bisa melindungi sel-sel dari bahaya radikal bebas. Mengkonsumsi tauge dengan rajin, vitamin E bisa menjaga sel-sel telur atau sperma dari kerusakan karena radikal bebas.

  1. Manfaat kecambah untuk kecantikan kulit

Kecambah juga bisa menjadi makanan yang berperan signifikan bagi kecantikan dan bisa membantu menyegarkan dan melembutkan kulit. Ini karena kecambah memiliki banyak kandungan vitamin E yang merupakan anti-oksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari bahaya radikal bebas.

  1. Manfaat kecambah untuk mencegah gangguan menstruasi dan menopause

Kemampuan de-oksidasi yang ada pada kecambah bisa meningkatkan peredaran darah guna menghindari dan menetralkan faktor yang bisa mengganggu menstruasi. Dengan rajin memakan kecambah sebelum datang bulan, maka datang bulan akan lebih lancar.

  1. Manfaat kecambah untuk wanita

Tauge juga memiliki kandungan estrogen alami yang bermanfaat seperti estrogen buatan. Estrogen dalam tauge tentu bisa meningkatkan kepadatan dan struktur tulang serta bisa menghentikan pengeroposan tulang atau osteoporosis.

  1. Menghilangkan racun

Manfaat kecambah lainnya adalah untuk membantu membasmi kotoran di usus besar karena kecambah mengandung banyak serat serta air. Kandungan serat dan air dalam kecambah bisa membantu tubuh terhindar dari penumpukan bahan kimiawi beracun yang bisa memicu sel-sel kanker.

Nah, demikian tadi adalah ulasan tentang manfaat kecambah untuk kesehatan yang bisa menjadi bahan rujukan bagi anda. Terimakasih dan selamat membaca.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *