Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Manfaat Kangkung – Sayur hijau yang disebut dengan Kangkung ini merupakan jenis sayuran yang sering dijumpai dan dimasak untuk dijadikan lauk yang lezat. Kangkung ini bukan hanya memiliki rasa yang sedap untuk lauk ataupun camilan sayuran, akan tetapi juga tersimpan kandungan nutrisi yang lebih seperti vitamin, mineral, kandungan air dan lemak. Dari masing-masing nutrisi tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh pada manusia.

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi sayur kangkung dapat dirasakan manfaatnya secara langsung hingga membutuhkan beberapa proses. Dimana pada manfaat tersebut membuktikan bahwa kangkung bisa dijadikan sebagai pemenuhan nutrisi yang seimbang dan sehat. Beberapa nutrisi tersebut menjadikan manfaat kangkung sangat beragam, antara lain:

  1. Berfungi sebagai obat tidur alami

Merasa sulit untuk tidur yang nyenyak merupakan salah satu hal yang bermasalah, karena dengan tidur tubuh bisa beristirahat. Jika tidur tidak cukup sama juga dengan istirahat yang berkurang. Mengkonsumsi kangkung bisa Anda jadikan sebagai obat tidur yang alami, karena setelah mengkonsumsi sayur hijau ini beberapa saat, dapat mengendurkan saraf serta membuat rasa ngantuk hingga tertidur terlelap.

  1. Mencegah resiko diabetes melitus

Ekstrak sayur kangkung sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti halnya sebagai proses pencegahan diabetes melitus. Penyakit yang berbahaya ini bisa dicegah atau dihindari dengan cara mengkonsumsi sayur tersebut. Di dalam sayur ini tersimpan ekstrak yang baik sehingga membantu dalam proses penyerapan kadar gula di dalam tubuh. Bahkan untuk Anda yang memiliki resiko ini, bisa mengonsumsinya untuk menghambat kenaikan kadar gula di dalam darah.

  1. Mengobati mimisan

Pendarahan pada hidung atau mimisan ini bisa diatasi dengan sayur kangkung. Dimana sayur hijau ini dapat dijadikan obat yang alami untuk proses penyembuhan mimisan yang sering dialami oleh anak-anak. Proses ini dimulai dari menumbuk daun kangkung yang sudah dicuci sampai bersih, lalu ditambahkan gula aren dan air panas, kemudian, aduk sampai merata dan disaring. Tunggulah sampai dingin dan bisa diseduh untuk si kecil atau yang mengalami mimisan.

  1. Membantu menurunkan kolesterol

Untuk Anda yang kadar kolesterol tinggi, ada baiknya untuk rutin mengkonsumsi sayuran hijau salah satunya kangkung. Sebuah penelitian menemukan bahwa rutin mengkonsumsi kangkung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan Trigliserida dalam darah.

  1. Mengobati penyakit kuning

Penyakit yang berkaitan  dengan kerusakan fungsi hati biasanya ditandai dengan warna kulit, lidah dan mata yang berwarna kuning. Maka tak heran jika orang awam menyebutnya penyakit kuning. Nah, ternyata kangkung memiliki kemampuan untuk mengatasi penyakit tersebut. Ekstrak kangkung berguna untuk melindungi hati dari kerusakan karena kandungan antioksidan daun kangkung yang tinggi.

  1. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak

Untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak dan berdarah, ambilah segenggam akar kangkung, rebus dengan menggunakan 1 gelas air sampai mendidih. Saring airnya kemudian tambahkan beberapa sendok teh cuka. Ramuan tersebut digunakan untuk berkumur saat hangat.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit

Anda memiliki penyakit sembelit atau usah buang air besar? Rajinlah mengkonsumsi sayur kangkung. Karena sayur kangkung memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Fungsi serat sendiri yaitu sebagai pembersih untuk saluran pencernaan anda.

  1. Manfaat akar kangkung untuk ambeien

Selain batang dan daunnya yang dijadikan sayuran, akar kangkung ternyata juga bermanfaat sebagai obat tradisional dalam mengatasi wasir atau ambeien. Caranya, ambilah segenggam akar kangkung, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari, masing-masing sebanyak 1/2 gelas.

Itu tadi beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan yang perlu untuk anda ketahui. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

7 Manfaat Kembang Turi Yang Perlu Anda Ketahui

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *