Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan

Manfaat Daun SeraiSerai merupakan salah satu tanaman dari jenis rerumputan yang umumnya dipakai untuk bumbu masak. Serai juga disebut dengan lemongrass. Serai tak mempunyai rasa yang khas, tetapi serai mempunyai aroma harum yang mampu menyedapkan masakan.

Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan

Beberapa manfaat daun serai yang berguna bagi kesehatan, adalah;

  1. Anti Kanker

Sebuah penelitian telah menemukan jika serai memiliki kandungan citral yaitu zat anti-kanker yang bisa membunuh sel-sel kanker. Serai mampu mempertahankan sel atau jaringan sehat di dalam tubuh. Tetapi, hal ini tak berarti jika minum air rebusan serai bisa menyembuhkan kanker dengan permanen, melainkan hanya membantu.

  1. Diabetes

Berdasarkan hasil tes, teh serai bisa membantu membersihkan pankreas serta meningkatkan fungsinya, sehingga bisa menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

  1. Anemia

Zat besi yang ada dalam daun serai penting untuk sintesis hemoglobin. Serai juga bisa membantu mengatasi anemia yang disebabkan karena kurangnya zat besi.

  1. Membersihkan Bakteri dan Infeksi Jamur

Manfaat Daun Serai untuk kesehatan juga mampu menghilangkan mikro-organisme jahat pada tubuh, mendetoksifikasi dan membersihkan darah, menghilangkan bakteri, jamur atau ragi.

  1. Sebagai Minyak Angin

Daun serai mengandung minyak atsiri yang bisa membantu tindakan balsamic yang dapat dipakai dalam masalah saluran pernapasan. Secara umum, daun serai ini dapat dipakai untuk meringankan gejala flu dan demam.

 

  1. Detoksifikasi

Anti-oksidan, anti-septik dan efek diuretik yang ada dalam tumbuhan serai menjadikannya sebagai obat herbal yang sangat penting untuk dimasukkan dalam daftar menu diet sehat sebagai bentuk detoksifikasi. Proses ini sangat bisa membantu membersihkan serta memurnikan organ hati, ginjal, kandung kemih, pankreas serta meningkatkan peredaran darah. Efek diuretik dalam serai juga membantu mengeluarkan racun dengan efektif.

  1. Mengurangi Insomnia

Insomnia atau susah tidur bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan zat kimia di dalam tubuh maupun gangguan pada saraf. Proses pemurnian dan efek terapi yang menenangkan dari tumbuhan serai dapat membantu meningkatkan proses serta memulihkan kualitas tidur.

  1. Mengurangi Kolesterol

Daun serai mempunyai zat anti-kolesterol dan anti-aterosklerosis. Kedua zat tersebut mampu membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus, serta oksidasi kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga mampu mencegah salah satu proses pembentukan plak aterosklerotik.

  1. 9. Gastritis atau Mulas

Secangkir teh serai hangat bisa memulihkan gangguan pencernaan karena kandungan zat asam berlebihan. Minum teh serai ini adalah salah satu terapi untuk mengurangi kambuhnya perut mulas atau gastritis.

  1. Sistem Saraf

Kandungan magnesium, fosfor dan folat yang ada dalam serai adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk perkembangan dan fungsi sistem saraf. Nutrisi tersebut membantu meningkatkan konsentrasi, memori dan kemampuan otak saat memproses informasi.

  1. Tindakan Pemurnian

Manfaat serai untuk kesehatan lainnya adalah memurnikan seluruh tubuh, karena membantu menghilangkan racun dari tubuh dengan membersihakan usus besar.

  1. Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun serai yang juga sangat terkenal ialah untuk pencernaan. Serai mengatur fungsi usus dengan sifat anti-mikroba yang dimiliki serai. Zat ini mampu membantu menghilangkan bakteri jahat dan parasite. Selain itu, serai mengembalikan bakteri baik dalam usus dan membantu memperbaiki fungsi pencernaan seperti adanya gangguan pencernaan, sembelit, diare, kembung usus, perut kembung, kejang perut, muntah hingga kram.

Demikian tadi adalah ulasan tentang manfaat daun serai untuk kesehatan yang bisa menjadi bahan informasi bagi anda. Terimakasih dan selamat mencoba.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Kandungan dan Manfaat Ketimun untuk Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *