Manfaat Daun Lembayung

Manfaat daun lembayungdaun lembayung mempunyai tekstur yang kasar serta keras. Jadi jika anda mau memasak daun lembayung, pilihlah daun yang muda. Daun lembayung rasanya juga enak untuk untuk dibuat sayur. Pada pasar tradisional sayuran ini sangat mudah di jumpai, sebab harganya sangat terjangkau. Tapi di balik harga yang terjangkau tersebut, ternyata daun lembayung mempunyai kandungan gizi yang sangat banyak seperti karbohidrat, protein, vitamin A, kalori, lemak, kalsium, fosfor, zat besi serta vitamin B. Manfaat daun lembayung juga banyak sekali seperti penjelasan berikut ini;

Manfaat Daun Lembayung

1.Mengobati Pembengkakan Payu dara

Bagi ibu yang baru melahirkan biasanya terjadi pembengkakan bagian payudara. Hal ini bisa terjadi karena produksi asi yang terdapat dalam payudara wanita. Selain itu pembengkakan juga bisa terjadi karena bayi anda terlalu kuat ketika menghisap payudara. Jika anda mengalami pembengkakan ini, bisa membuat obat dengan menggunakan daun lembayung. Cara membuatnya dengan menyiapkan beberapa helai daun lembayung. Lalu cuci sampai bersih dan remas atau tumbuk daun tersebut. Setelah ini usap pada payudara yang bengkak. Untuk mendapat hasil yang lebih maksimal, lakukan secara rutin setiap hari hingga pembengkakan dapat sembuh.

2.Melancarkan Buang air Kecil

Jika anda memiliki masalah kurang lancar buang air kecil, maka anda juga dapat mengatasinya dengan cara mengkonsumsi daun lembayung. Urin yang terdapat dalam tubuh bila tak di keluarkan bisa sangat berbahaya bagi tubuh. Karena dalam urin ada racun dan toksin sehingga bisa menimbulkan penyakit berbahaya jika tak secepatnya di keluarkan. Jika anda sering menahan air kencing, akan berakibat sakit di bagian kantung kemih serta pencernaan.

Untuk mengolah daun lembayung sebagai obat pelancar kencing juga sangat mudah. Rebus daun lembayung dengan air hingga mendidih selama 30 menit. Sesudah itu tunggu hingga dingin, dan saring untuk diambil airnya. Minumlah air rebusan daun lembayung ini setiap pagi serta sore. Jika dirasa kurang enak, tambah gula merah didalamnya.

3.Mencegah Kerontokan Rambut

Masalah kerontokan rambut sebenarnya dapat di alami siapa saja pria dan wanita. Jika kerontokan ini dibiarkan, maka akan membuat kepala anda botak. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena daun lembayung juga bisa dibuat menjadi obat pencegah kerontokan pada rambut.

Tumbuk daun lembayung dan campur dengan minyak kasturi. Oles pada kulit kepala di sertai pijatan yang lembut. Sesudah anda mengoles sampai rata, ambilah handuk sebagai bungkus rambut lalu biarkan hingga 30 menit supaya sari daun lembayung bisa meresap pada kulit kepala. Sesudah itu anda dapat langsung membersihkan dengan keramas serta lakukan secara rutin.

4.Memperlancar Produksi Asi.

Asi adalah asupan nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Mengkonsumsi makanan lain disamping asi untuk bayi yang berusia sebelum 6 bulan bisa menyebabkan pencernaan bayi menjadi terganggu. Untuk anda yang sedang memiliki bayi yang berusia sebelum 6 bulan pasti sangat menginginkan produksi asi meningkat. Cara meningkatkan asi anda sangat efektif dengan cara mengkonsumsi daun lembayung. Anda dapat menjadikan daun lembayung tersebut sebagai lalapan, sayur maupun olahan masakan yang lain. Kelebihan daun lembayung tersebut ialah mempunyai aroma yang tajam, jadi tak membuat ibu menyusui merasa mual serta muntah. Manfaat daun lembayung masih ada lagi. Daun ini juga bisa di manfaatkan oleh para petani untuk pupuk kompos. Pada daun lembayung tua juga dapat dijadikan pupuk kompos sebab teksturnya yang keras serta kasar.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Kecambah untuk Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *