Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil

Manfaat daun katukdaun katuk sering di kenal dengan manfaatnya untuk melancarkan produksi air susu ibu. Keyakinan manfaat sayur katuk sebagai pelancar ASI memang benar dan sudah terbukti sehingga tak diragukan lagi. Tanaman Daun katuk sejenis dengan tumbuhan perdu. Memiliki batang yang sedikit lunak dengan daun yang berbentuk bundar ataupun lonjong yang jumlahnya relatif banyak. Selain itu pohon katuk juga memiliki buah berwarna putih dengan bentuknya yang kecil. Buah tersebut menempel dibagian cabang maupun ranting pohon katuk. Ternyata Manfaat daun katuk bukan hanya itu saja, berikut ini penjelasannya:

Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil

  1. Melancarkan ASI (air susu ibu)

Dalam daun katuk telah mengandung senyawa esensial misalnya saponin, tanin, asam amino, flafonoid, dan triterpenoid. Senyawa-senyawa ini juga sangat bermanfaat dalam membantu melancarkan produksi Air Susu Ibu terutama untuk ibu menyusui.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Pada daun katuk memiliki kandungan kalsium senilai 2,8%. Asupan kalsium pada daun katuk ini dapat membantu menjaga kesehatan serta kekuatan tulang. Kandungan kalsium berfungsi sebagai pencegah terjadinya osteoporosis ataupun pengeroposan tulang anda. Terlebih bagi seorang wanita, resiko terjadinya osteoporosis sangat tinggi disebabkan wanita yang telah mengalami proses menstruasi setiap bulannya.

  1. Membantu mengatasi flu

Asupan efedrin yang ada dalam daun katuk juga bisa membantu mengurangi masalah flu yang anda alami. Selain kandungan efedrin, terdapat juga kandungan vitamin C yang ada pada daun katuk yang bisa bermanfaat dalam mengganti sel-sel dalam tubuh yang telah rusak ketika sakit.

  1. Menjaga kesehatan mata

Pada daun katuk juga terdapat kandungan vitamin A, dimana kandungan tersebut bisa berfungsi dalam menjaga kesehatan mata anda.

  1. Mengatasi frambusa atau penyakit kulit

Daun katuk juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Caranya dengan menyediakan daun katuk, yang dicuci sampai bersih dan dihaluskan. Tambah juga seperempat gelas air yang sudah matang serta garam. Aduklah sampai rata campuran daun katuk tersebut kemudian saringlah. Gunakan air perasan untuk dioles pada bagian kulit anda yang terasa sakit.

  1. Mencegah anemia

Pada 100 gram daun katuk telah mengandung sebesar 2,7 mg asupan zat besi. Kandungan tersebut membuat daun katuk menjadi bermanfaat terutama sebagai pencegah anemia atau yang disebut dengan kurangnya sel darah merah dalam tubuh.

  1. Mengandung cukup banyak klorofil

Terdapat klorofil yang ada pada daun katuk yang sangat tinggi. Kandungan Klorofil itu sendiri bisa berfungsi Membantu membersihkan beberapa sisa metabolisme maupun racun-racun yang ada dalam tubuh.

  1. Membantu mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi

Jumlah kalsium yang sangat rendah pada tubuh bisa mengakibatkan seseorang hipertensi dan tekanan darah yang tinggi. Sehingga dengan mengkonsumsi daun katuk ini secara rutin akan membantu mengatasi masalah hipertensi. Hal tersebut karena kandungan kalsium dalam daun katuk sangat tinggi.

  1. Membantu menjaga kualitas dan kuantitas sperma

Ada zat aktif dalam daun katuk yang bisa mempengaruhi sintesis pada hormon steroid misalnya testosteron serta progesteron. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga jumlah dan kualitas sperma untuk pria.

  1. Menurunkan resiko kanker payudara

Pada daun katuk juga memiliki kandungann kaempferol. Kandungan Kaempferol sendiri adalah flavonol alami pada strukturnya yang hampir sama dengan hormon estrogen. Ada sebuah penelitian telah ditemukan jika kaempferol dapat menyatu dengan reseptor estrogen sehingga meningkatkan efek agonis atau antagonis yang berasal dari estrogen. Manfaat daun katuk ini sangat bagus untuk kesehatan tanpa efek samping.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan Tubuh

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *