Manfaat Buncis Yang perlu Anda Tahu

Manfaat Buncis – Buncis adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki manfaat yang sangat banyak. Walaupun buncis tidak berasal dari negara Indonesia, tapi  Indonesia adalah salah satu Negara penghasil buncis terbesar didunia. Buncis yang memiliki nama latin Phaseolus Vulgaris ini sangat cocok ditanam di dataran medium ataupun dataran tinggi. Tanaman buncis dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yakni buncis tipe tegak dan tipe merambat.

Manfaat Buncis Yang perlu Anda Tahu

Buncis mengandung gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Beberapa kandungan tersebut antara lain adalah Vitamin A, Vitamin C, Protein, Vitamin B1, B3, B2, B6, B11,  Lemak, Kadar abu, Mangan, Magnesium, Molibdenum, Potasium, Fosfor, Zat besi, Kalsium, Tembaga, Serat kasar, Karbohidrat, dll. Biasanya, buncis kerap dijadikan sebagai menu utama dalam masakan sehari-hari karena memiliki raza yang cukup lezat. Adapun Manfaat Buncis untuk kesehatan tubuh kita adalah:

  1. Mengontrol glukosa

Buncis mempunyai kadar protein yang lumayan tinggi dan protein yang ada didalamnya hampir sama dengan protein yang terdapat pada telur. Jika buncis dimasak dengan benar, protein yang terdapat didalamnya bisa terserap dengan sempurna oleh tubuh. Dengan begitu, kadar gula dalam darah atau glukosa bisa terkontrol dengan baik.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buncis 4 kali dalam 1 minggu, ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga organ jantung agar tetap sehat. Hal ini karena buncis memiliki kandungan asam folat.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Buncis bisa dikatakan sebagai salah satu keluarga dari kacang-kacangan sehingga bukan hal yang mengherankan jika buncis mengandung serat yang cukup tinggi. Serat pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh karena sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Dengan sistem pencernaan yang baik maka jumlah kolesterol yang ada dalam tubuh anda bisa terkontrol dan jantung anda bisa tetap sehat. Oleh karena itu, untuk anda yang memiliki masalah jantung, konsumsilah buncis secara teratur.

  1. Membuat wajah lebih awet muda

Sebetulnya penuaan dini dapat dicegah dengan mengkonsumsi buncis setiap harinya. Buncis memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Untuk siapa saja yang ingin terlihat lebih awet muda, maka sebaiknya konsumsi sayuran yang kaya akan manfaat ini.

  1. Meningkatkan sistem metabolism

Buncis memiliki kandungan mineral seperti mangan, zat besi, kalium, dan juga magnesium. Seluruh senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan   sistem metabolisme dalam tubuh. Sistem metabolism tersebut juga sangat baik untuk meningkatkan kinerja organ tubuh kita yang lainnya.

6. Mengatasi batu ginjal

Sayuran buncis memiliki serat yang cukup tinggi dan  sangat bermanfaat untuk melarutkan batu ginjal serta mencegah pembentukan batu di ginjal. Oleh sebab itu, jika anda berkonsultasi pada dokter, pasti banyak yang akan menyarankan anda mengonsumsi jenis makanan yang satu ini.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buncis juga mengandung vitamin C, vitamin B1 dan B6 yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda pastinya tahu jika sistem kekebalan tubuh kita baik, maka dapat mencegah tubuh kita terserang dari berbagai macam penyakit. Untuk itu konsumsilah buncis secara rutin.

  1. Rendah kalori

Buncis memiliki kadar kalori yang cukup rendah jadi sayuran ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki masalah berat badan yang berlebih. Seperti yang Anda ketahui jika berat badan yang berlebih dapat memicu munculnya beragam penyakit yang bisa membahayakan kesehatan tubuh  Anda.

Demikianlah ulasan tentang Manfaat Buncis, semoga ulasan diatas bermanfaat untuk anda.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Pakcoy Bagi Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *