Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan – Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Manfaat olahraga ini tidak kalah besar dengan olahraga lainya seperti, jogging atau aerobik. Bersepeda bisa membantu Anda membakar kalori, meningkatkan fitalitas dan juga menghilangkan Berikut ini adalah  manfaat bersepeda bagi kesehatan yang harus anda ketahui.

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

  1. Membakar Kalori

Bersepeda bisa membakar kalori dengan cepat. Sekitar 300 kalori akan dibakar per jamnya, jika kita bersepeda dengan kecepatan sedang. Sebanyak 400 kalori akan dibakarnya per jamnya bila kita bersepeda dengan kecepatan 10-11 mph, dan terakhir 700 kalori akan dibakar jika kita bersepeda gunung dimedan yang berat selama 1 jam. Dengan bersebeda, sudah dapat membakar lemak sekitar 5 kg selama 1 tahun, hanya dengan memanfaatkan waktu ½ jam saja dalam 1 hari  dengan kecepatan yang sedang.

  1. Mempertegas otot

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan selain bisa membakar lemak, bersepeda juga bisa memperkuat ketegasan otot-otot di paha, betis dan kaki. Bersepeda di atas tanah yang bergelombang bisa melatih tubuh bagian atas anda.

  1. Meningkatkan suasana hati(mood)

Kecemasan, depresi dan stress bisa teratasi dengan bersepeda, sebab aktivitas bersepeda bisa memberikan kepuasan dan kesenangan tersendiri. Bersepeda adalah olahraga yang sangat baik untuk kesehatan mental. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh pelepasan endorfin (senyawa kimia pada otak yang bisa menimbulkan perasaan senang) saat bersepeda.

  1. Dapat mencegah penyakit jantung dan membuat awet muda

Sebuah studi menemukan jika bersepeda pada jarak 20 mil dalam 1 minggu bisa mengurangi resiko terserang penyakit jantung koroner sebanyak 50%. Selain itu bersepeda juga dapat menghilangkan kerutan. Penelitian lain menemukan jika bersepeda selain menyehatkan, juga bisa membuat seseorang terlihat 10 tahun lebih muda.

  1. Meningkatkan stamina

Bersepeda merupakan jenis olahraga  yang ringan. Bersepeda adalah cara terbaik untuk meningkatkan stamina,  sebab Anda dapat mengayuh lebih lama daripada senam aerobik atau berlari yang bisa membuat Anda lebih cepat  merasa lelah. disamping itu, bersepeda juga bisa memperkuat paru-paru dan jantung.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Beberapa penelitian telah menunjukkan jika aktivitas bersepeda, dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit seperti penyakit flu. Jadi akan lebih baik bila hari-hari menuju ke tempat kerja Anda lalai dengan bersepeda, jika keadaanya memungkinkan.

  1. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Bersepeda juga bentuk dari latihan keseimbangan. Saat berbelok otot inti akan bekerja membuat tubuh Anda tetap tegak. Selain itu, mengubah gigi dan menggunakan lengan atau kaki juga membutuhkan koordinasi. Jangan merasa khawatir bila anda merasa bergetar ketika pertama naik sepeda, sebab hal ini bisa terus meningkat sering berjalanya waktu.

Bersepeda sangat mudah dimasukkan kedalam gaya hidup. Ini adalah olahraga yang mudah dilakukan secara teratur dalam kehidupan kita. Anda tak dapat berenang untuk bisa pergi ke kampus atau bermain tenis sambil berjalan ke tempat kerja. Jadi bersepeda merupakan olahraga yang cocok untuk semua orang, sebab dapat dilakukan oleh hampir semua usia. Dengan bersepeda kita juga bisa menghirup udara segar dan melihat pemandangan yang indah disekeliling kita. Anda tidak membutuhkan persiapan banyak untuk memulai bersepeda. Anda cukup menyediakan baju yang memadai, sepatu dan helm bila diperlukan. Demikianlah uraian tentang Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat untuk anda.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Jogging Setiap Hari

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *