Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Asparagus Asparagus merupakan suatu jenis sayuran yang kerap dijadikan sebagai bahan makanan karena memiliki rasa yang lezat. Asparagus adalah sayuran dengan kalori yang rendah, tidak mengandung kolesterol atau lemak, dan hanya mengandung sedikit natrium. Biasanya, asparagus disajikan sebagai sayuran segar ataupun makanan kaleng. Tapi kita bisa mengolahnya sesuai dengan keinginan kita.

Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan Tubuh

Asparagus selain memiliki rasa yang lezat, kandungan gizi yang terdapat pada sayuran ini  juga cukup banyak seperti vitamin B6, magnesium kalsium, seng, vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin K, thiamin, rutin, riboflavin, niacin, asam folat, fosfor, besi, kalium, mangan, tembaga dan selenium. Kandungan gizi yang ada pada asparagus tersebut bisa menjaga kesehatan tubuh kita. Adapun Manfaat Asparagus untuk tubuh adalah seperti berikut ini.

  1. Manfaat asparagus untuk peluruh kencing (diuretik).

Rebung asparagus mempunyai manfaat sebagai peluruh kencing (diuretik), karena didalamnya terdapat kandungan asam amino asparagin yang mempunyai efek diuretik yang cukup kuat. Jika pembuangan urine kita lancar, maka racun yang ada dalam tubuh akan terbuang melalui urine. Hal ini berdampak positif untuk membersihkan tubuh kita dari zat-zat berbahaya yang bisa membuat tubuh kita terserang penyakit. Untuk orang  yang menderita gangguan ginjal, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asparagus agar pembuangan racun melalui urine menjadi lebih lancer, sehingga dapat membantu mengurangi beban ginjal supaya tidak terlalu berat.

  1. Manfaat asparagus untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Sayuran Asparagus memiliki kandungan inulin, yaitu karbohidrat yang tak bisa dicerna oleh tubuh kita. Serat tersebut bisa mencapai usus besar tanpa melewati reaksi enzimatis, sehingga bisa bekerja sebagai probiotik. Kandungan inulin  yang ada dalam usus bisa meningkatkan kehidupan mikroflora yang baik untuk proses pencernaan tubuh kita. Mikroflora tersebut adalah bakteri Lactobacillus sp dan Bifidobacteria sp.

  1. Manfaat asparagus untuk menjaga kestabilan tekanan darah.

Dengan kadar garamnya yang rendah, asparagus sangatlah baik untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Untuk anda yang sering mengalami kenaikan tekanan darah, maka asparagus sangat baik untuk menjaga tekanan darah Anda agar tetap stabil. Disamping itu, asparagus adalah sumber kalium yang cukup baik untuk tubuh. Untuk orang yang menderita hipertensi, peningkatan kadar kalium sangat berguna sebab akan meningkatkan rasio antara natrium dan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah anda.

  1. Khasiat asparagus untuk mengatasi gangguan kulit dan alergi.

Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang juga bisa mengatasi masalah gatal-gatal. Asparagus mengandung basa yang bisa membersihkan darah dari asam yang merupakan salah satu penyebab munculnya alergi. Untuk Anda yang menderita eksem, maka anda bisa memanfaatkan asparagus sebagai obat alami. Darah Anda bisa menjadi  bersih, sehingga eksem akan berangsur menghilang.

  1. Khasiat Asparagus Untuk Mencegah Anemia.

Asparagus juga memiliki kandungan zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel darah merah. Jika tubuh kita kekurangan zat besi, maka akan membuat tubuh kita menjadi lesu, pandangan berkurang dan kepala pusing. Ini merupakan salah satu gejala penyakit anemia. Ada banyak jenis makanan yang mengandung zat besi, tapi sebaiknya anda memilih makanan nabati sebab lebih aman untuk tubuh kita, seperti Asparagus.

  1. Manfaat Asparagus Untuk Mencegah Serangan Jantung Mendadak.

Untuk anda yang menderita penyakit jantung koroner, sebaiknya  konsumsi asparagus karena dapat mencegah serangan jantung secara mendadak. Serangan jantung biasanya disebabkan karena kerusakan yang ada pada pembuluh darah. Bila pembuluh darah rusak maka asupan oksigen ke dalam tubuh berkurang dan serangan jantung bisa terjadi. Oleh karena itu konsumsilah asparagus untuk mencegah hal ini terjadi. Demikianlah, ulasan tentang Manfaat Asparagus, semoga bermanfaat untuk anda.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Pare Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *