Makanan Yang Harus Dihindari Pada Penderita Wasir

Makanan yang harus dihindari pada penderita wasir – Wasir atau ambeien memanglah penyakit yang tidak mematikan namun dampaknya bisa membuat pasien sangat menderita. Rasa sakit yang ditimbulkan bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tidak bisa melakukan aktivitasnya dengan baik. Orang yang mengalami wasir akan mengalami kesulitan BAB karena  terjadinya pembengkakan anus dan akan mengeluarkan darah pada saat BAB. Si penderita juga mengalami sakit pada saat duduk.

Makanan Yang Harus Dihindari Pada Penderita Wasir

Wasir sendiri merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat pembengkakan pembuluh darah pada lubang anus, baik itu di luar ataupun di dalam. Seorang yang mengalami wasir akan terjadi pendarahan pada saat BAB, terdapat benjolan pada anus. JIka anda mengalaminya maka anda harus seger mewaspadai jangan didiamkan saja, periksakan ke dokter. Cara yang paling mudah yaitu mengetahui makanan yang harus dihindari pada penderita wasir seperti dibawah ini :

  1. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi

Makanan yang harus dihindari penderita wasir yang pertama yaitu makanan dengan serat yang tinggi. Memang serat sangatlah baik untuk membantu proses pencernaan. Akan tetap terlalu banyak mengkonsumsi serat yang berlebih maka serat tersebut akan menumpuk pada usus. Sehingga dapat membuat ukuran feses menjadi besar. Dengan ukuran feses yang besar maka anus pun harus bekerja ekstra untuk mengeluarkannya, sehingga membuat pembuluh darah pada anus menjadi pecah. Makanan serat memang bagus untuk pencernaan kita, namun janganlah berlebihan dalam mengkonsumsinya.

  1. Makanan yang berminyak

Makanan berminyak bisa menyebabkan wasir semakin parah. Makanan berminyak membuat sistem pencernaan lambat dan sulit mencerna makanan. Hal ini dapat membuat kesulitan dalam BAB.

  1. Makanan pedas

Makanan pedas selalu berkaitan dengan masalah pencernaan, salah satunya yaitu wasir atau ambeien. Makanan pedas ini dapat membuat penderitanya mengalami kesakitan saat BAB dan terjadi pendarahan pada anus. Makanan pedas seperti cabe perlu dihindari bagi penderita wasir.

  1. Garam

Seorang penderita wasir perlu menghindari makanan dengan menggunakan garam yang berlebihan. Karena garam bisa memicu dehidarasi dan membuat sembelit. Selain itu efek negatif garam pada penderita wasir yaitu menyebabkan kembung, menghambat sistem pencernaan, memicu wasir atau benjolan pada usus menjadi besar dan bengkak.

  1. Biji bijian

Seorang penderita wasir harus menghindari biji bijian karena biji bijian ini bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi dan serat. Kurangnya serat dan nutrisi pada tubuh bisa membuat pencernaan menjadi sulit.

  1. Makanan dengan rasa yang asam

Selain makanan diatas, makanan dengan rasa asam juga dapat memicu wasir menjadi semakin parah. Makanan yang mengandung rasa asam dapat membuat perih pada saat BAB. Kurangilah mengkonsumsi makanan asam untuk menghindari penyakit wasir dan ambeien.

  1. Makanan olahan

Makanan berikutnya yang harus dihindari penderita wasir adalah makanan olahan. Makanan olahan ini bisa menyebabkan sembelit dan harus di hindari bagi penderita wasir. Makanan olahan tersebut dapat berupa makanan yang didinginkan,  makanan siap saji, junk food, makanan kemasan, makanan kaleng dan lain lain.

  1. Jeroan

Bagi Anda yang menderita wasir, ucapkanlah selamat tinggal kepada aneka olahan jeroan. Jeroan adalah salah satu pantangan yang tidak boleh dikonsumsi oleh para penderita wasir. Kandungan kolesterol dan lemak yang sangat tinggi menjadikan jeroan menjadi musuh utama bagi penderita ambeien atau wasir.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang harus dihindari pada penderita wasir . Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Lambung

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *