Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Kolesterol

Makanan yang harus dihindari bagi penderita kolesterol   – Kolesterol tinggi merupakan kondisi yang mana dapat menyebabkan meningkatkanya risiko penyakit stroke, jantung dan sirkulasi darah yang buruk. Kolesterol adalah zat yang memiliki fungsi sangat penting bagi tubuh. Sebenarnya zat ini adalah zat lemak yang dikenal sebagai lipid.  Produsen utama zat ini yaitu hati, namun lipid juga bisa berasal dari makanan. Kadar lipid yang sangat tinggi, disebut dengan hiperlipidemia dimana dapat mempengaruhi kondisi kesehatan. Meski kolesterol tinggi tidak menyebabkan gejala apa pun, namun tapi tetap bisa membahayakan kesehatan.

Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Kolesterol

Dikarenakan kolesterol yang tinggi merupakan suatu kondisi yang sangat berbahaya, maka dari itu sebaiknya kita mengetahui makanan yang harus dihindari bagi penderita kolesterol, agar nantinya kita dapat menjaga kondisi kesehatan kita dan terhindar dari penyakit seperti jantung, stroke,  pembekuan darah dan penyakit lainnya yang dikarenakan tingginya kadar kolesterol. Berikut ini daftar makanan pantangan bagi penderita kolestrol :

  1. Gorengan

Makanan yang diolah dengan digoreng bisa mengandung kolesterol. Hal ini bisa terjadi jika dalam proses menggoreng menggunakan minyak yang sudah berkali-kali dipakai atau menggunakan minyak yang panas. Proses menggoreng dengan minyak tersebut memberikan dampak meningkatnya kadar kolesterol pada seseorang. Jika minyak goreng semakin sering digunakan maka asam lemak jenuhnya juga semakin banyak.

  1. Kuning Telur

Kuning telur diketahui mengandung kolesterol yang tinggi jika dibandingkan dengan makanan lainnya. Dalam 100 gram kuning telur memiliki kandungan kolesterol setidaknya 1200 miligram. Jumlah ini sekitar 400 persen lebih jika dibandingkan kolesterol yang dibutuhkan setiap harinya. Maka dari itu, jika pada pagi hari Anda mengkonsumsi kuning telur, maka sebaiknya setelah mengkonsumsi kuning telur tersebut hindari makanan lain yang mengandung kolesterol tinggi lainnya.

  1. Otak Sapi

Kandungan kolesterol dalam 10 gram otak sapi bisa mencapai 2.500 mg. Maka  dari itu hal ini harus diperhatikan apalagi bagi Anda yang suka makanan-makanan hewani yang memiliki kandungan lemak tinggi misalnya otak sapi ini. Maka dari itu lebih baik mulai anda mengurangi makanan-makanan yang bersumber dari makanan hewani yang memiliki lemak jenuh tinggi dan mulai meningkatkan asupan makanan yang lebih sehat seperti sayuran, ikan dan jenis makanan sehat lainnya.

  1. Hati

Banyak sekali orang yang menikmati dan suka mengkonsumsi hati. Namun, ternyata hati memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Didalam 100 gram lever setidaknya terdapat 564mg kolesterol atau 188 % dari konsumsi kolesterol harian. Dalam 1 ons hati yang diolah menjadi masakan setidaknya mengandung 311 mg kolesterol, sedangkan orang yang sudah dewasa tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung 300 mg kolesterol dalam setiap harinya.

  1. Butter

Dalam 100 mg butter memiliki kandungan kolesterol sekitar 215 mg, dan 1 sendok makan butter memiliki kandungan 20 mg kolesterol. Sedangkan makanan yang mengandung butter seperti kue, roti, dan makanan lainnya seringkali dikonsumsi. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi setiap makanan kurang sehat yang Anda konsumsi setiap harinya.

  1. Makanan Cepat Saji

Kandungan kolesterol yang terdapat pada makanan cepat saji memiliki tingkat yang cukup tinggi. Misalkan keripik, biskuit dan juga telur setidaknya memiliki kandungan kolesterol 172mg dari setiap 100mg nya. Selain itu dalam 1 biskuit terdapat kandungan kolesterol sekitar 246 mg. dalam makanan cepat saji umumnya terdapat kandungan minyak jenuh yang membuat makanan cepat saji tersebut tinggi akan kolesterol.

Itu tadi beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita kolestrol. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Darah Tinggi

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *