Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Urat

Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Urat  – Nyeri yang terjadi pada sendi dapat diakibatkan oleh kadar asam urat yang tinggi. Tapi sakit yang terjadi pada otot tidak selalu karena asam urat. Untuk mengetahui apakah sakit yang terjadi di otot terjadi karena asam urat atau tidak, sebaiknya anda melakukan cek medis. Sakit yang dirasakan oleh penderita asam urat begitu sangat menyakitkan. Untuk meredakan rasa sakitnya, biasanya penderitanya mengkonsumsi obat anti inflamasi atau obat penghilang rasa sakit. Asam Urat  terjadi saat asam urat berlebih mengkristal lalu menumpuk pada persendian. Asam urat yang berada dalam kadar yang normal sangat bermanfaat sebagai antioksidan dan melindungi lapisan pembuluh darah di tubuh kita. Tapi jika asam urat dalam tubuh kita memiliki kadar yang, justru bisa merusak pembuluh darah kita. Bila dibiarkan asam urat tinggi dapat memicu penyakit lainya seperti jantung dan stroke. Asam urat sendiri diproduksi dari pemecahan zat organik yang ada dalam makanan yang sering disebut dengan purin. Purin ada dalam setiap jenis makanan. Tapi ada makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang rendah, dan ada pula makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang tinggi.

Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Urat

Untuk anda yang memiliki masalah asam urat, sebaiknya simak Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Urat berikut ini agar penyakit anda bisa segera sembuh dan dan tidak kambuh lagi. Purin banyak ditemukan di jeroan hewan, seperti ginjal, hati, otak, babat, dan lidah. Jadi semua jenis jeroan tersebut  harus anda dihindari. Daging juga memiliki kandungan purin, tapi tidak terlalu tinggi. Sangat disarankan untuk membatasi asupan seluruh jenis daging sampai 4 ons per harinya, termasuk ayam, daging babi, bebek, angsa, domba, kelinci, kalkun, dan daging sapi.

Selain dalam jeroan hewan, purin dengan kadar yang tinggi juga ditemukan pada produk makanan hewani lainnya, seperti kaldu, sup ayam dan saus. Makanan dengan kuah kaldu seperti soto dan bakso merupakan salah satu makanan berkaldu yang mengandung purin yang cukup tinggi, jadi anda harus membatasinya. Jika perlu hindari makanan-makanan tersebut. Beberapa ikan dan juga seafood juga mengandung sumber purin yang cukup tinggi. Makanan yang terburuk untuk penderita asam urat adalah ikan sarden, kerang,  ikan teri, mackerel dan ikan asin. Jenis ikan lainnya yang mengandung purin  yang cukup tinggi adalah ikan mas, tuna, ikan kod, akap, salmon, dan  juga ikan trout

Lobster, udang dan kepiting juga termasuk Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Urat sebab memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dan harus anda hindari. Kacang-kacangan seperti kacang tanah juga termasuk makanan yang memiliki kadar purin cukup tinggi. Selain itu, belinjo juga mengandung purin yang cukup tinggi. Makanan tersebut haruslah anda hindari.  Biji-bijian seperti sereal dan roti gandum juga mengadung purin tinggi. Penderita asam urat akan lebih baik mengkonsumi nasi putih dari pada daripada mengkonsumsi gandum.  Makanan yang dibuat dengan cara dikeringkan juga tidak cukup baik untuk penderita asama urat. Makanan yang dioven digoreng, dan dipanggang harus dihindari oleh penderita asam urat. Sebab makin sedikit kadar air suatu makanan, maka kadar purinnya juga semakin tinggi. Makanan yang dikeringkan juga cenderung mendorong kita untuk makan dalam porsi yang lebih banyak lagi. Demikianlah informasi tentang Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Urat. Semoga bermanfaat untuk anda.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Makanan Yang Dilarang Dimakan Saat Maag

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *