Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Lambung

Makanan yang harus dihindari bagi penderita asam lambung – Permasalahan pada lambung sering dialami oleh banyak orang. Ada bermacam-macam masalah pada lambung, seperti mulas, perut kembung,  mual, dan muntah. Namun, pernahkah Anda merasa perut anda panas disertai rasa mulas atau mual? Bisa jadi Anda mengalami masalah dengan refluks asam lambung yakni saat asam lambung yang berlebih naik dari lambung ke tenggorokan. Salah satu penyebab dari refluks asam lambung yaitu makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Jika Anda sedangan mengalami masalah dengan refluks asam lambung, maka hindari makanan yang harus dihindari bagi penderita asam lambung berikut ini:

Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Lambung

  1. Cokelat

Mungkin bagi Anda yang tak menyukai cokelat, tidak masalah untuk menghindari makanan yang satu ini. Namun, jika Anda memang penyuka cokelat, ini merupakan kabar buruk. Coklat memang sangat menggoda, namun ada beberapa alasan coklat dapat memicu refluks asam lambung. Cokelat mengandung kafein dan stimulan yang lainnya yaitu theobromine, yang bisa menyebabkan refluks. Coklat juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, dan lemak dapat menyebabkan refluks. Coklat juga tinggi akan cocoa yang juga menyebabkan refluks. Dark chocolate mungkin tak seburuk milk chocolate yang tinggi akan lemak, namun 2 hal lainnya tetap bisa memicu asam lambung

  1. Makanan yang bercita rasa pedas

Makana berikutnya yang harus dihindari bagi penderita asam lambung yakni makanan yang bercita rasa pedas. Makanan tersebut bisa menyebabkan iritasi lambung sehingga membuat ketidaknyamanan pada lambung.

  1. Makanan yang kaya akan kandungan gas

Makanan ini sangat jelas dilarang dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Karena makanan tersebut akan merangsang asam lambung naik sehingga gejala pun bisa kembali kambuh. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan gas yang wajib untuk dihindari bagi penderita asam lambung  yaitu ubi, sayuran sawi dan kol, pisang ambon dan buah nangka.

  1. Makanan dengan cita rasa asam yang pekat

Makanan ini dapat memperburuk kondisi penderita asam lambung, hal ini disebabkan kadar keasaman meningkat melebihi batas normal.

  1. Buah-buah jenis tertentu

Ada  beberapa jenis buah-buahan tertentu yang perlu dihindari bagi para penderita asam lambung seperti mangga muda, belimbing, nanas, Belimbing wuluh dan kedondong.

  1. Makanan mengandung alkohol

Makanan yang mengandung alkohol sedikitpun dilarang bagi penderita asam lambung. Karena alkohol dapat menimbulkan gas yang sangat tinggi dan bisa meningkatkan resiko asam lambung naik. Makanan yang memiliki kandungan alkohol diantaranya tape ketan, tape singkong,  manisan buah dan sayur, dll

  1. Makanan Berlemak Jenuh

Makanan yang berlemak jenuh seringkali kita jumpai di berbagai cemilan, salah satunya  yaitu gorengan. Bagi penderita asam lambung cemilan gorengan perlu dihindari untuk dikonsumsi karena bisa membuat lambung teriritasi.

  1. Daging Merah

Daging merah merupakan makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam lambung, terutama diolahnya dengan cara dipanggang. Hal ini dikarenakan efek panas yang ditimbulkan daging merah dapat membuat lambung teriritasi dan kadar asam lambung akan meningkat naik.

  1. Citrus

Lemon, Jeruk,  jeruk nipis dan jeruk bali merupakan buah-buah yang termasuk ke dalam citrus. Mungkin, kita seringkali mendengar bahwa mengonsumsi jeruk nipis dapat mengurangi batuk. Pendapat berbeda dikemukakan dalam sebuah penelitian yang dipublikasi Annals of Otology bahwa membatasi asupan asam atau  dietary acid dapat meredakan gejala asam lambung seperti suara serak dan batuk.

Itu tadi beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita asam lambung. Semoga bermanfaat !

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Kolesterol

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *