Makanan yang Dilarang Pasca Operasi Caesar dan Cara Pemulihannya

Makanan yang Dilarang Pasca Operasi Caesar – Operasi adalah jenis operasi bedah yang dilakukan untuk membantu proses persalinan dengan membedah dan mengiris bagian perut ibu hamil untuk mengeluarkan bayi. Proses ini umumnya hanya dilakukan ketika cara yang normal tidak bisa ditempuh karena adanya risiko yang tinggi atau ketidakmampuan ibu. Prosedur ini harus dilakukan oleh para dokter spesialis di bidangnya atau oleh para bidan professional dengan melakukan suntik anastesi.

Makanan yang Dilarang Pasca Operasi Caesar dan Cara Pemulihannya

Proses pembedahan dengan mengiris bagian tubuh, dalam hal ini perut, sangat berbahaya dan harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan professional. Sehingga pasca operasi ini, banyak sekali larangan atau pantangan yang harus dipatuhi ibu yang baru saja melahirkan dengan proses caesar, di antaranya adalah Makanan yang Dilarang Pasca Operasi Caesar seperti;

  • Kol, brokoli, lobak, kembang kol juga jamur. Makanan-makanan ini harus dihindari sebab bisa menimbulkan gas yang bisa menambah tekanan di perut.
  • Hindari makanan yang bisa memicu sembelit seperti daging merah, produk gula, produk susu. Karena sembelit akan memicu perut yang mengalami luka sayatan caesar akan menekan saat buang air besar.
  • Hindari juga makanan pedas, mengandung lemak, gorengan, soda dan junkfood.

Selain makanan-makanan di atas, beberapa hal yang harus dilakukan agar segera pulih dari operasi caesar ada di bawah ini.

  • Gerak-gerakkan Kaki dan Berjalan-jalan Ringan

Rasa sakit yang terjadi pasca operasi caesar mungkin membuat ibu kesulitan berjalan. Tetapi, para ibu sebaiknya tidak terus menerus beristirahat dan sebaiknya berusaha untuk berjalan-jalan yang ringan atau mencoba bangkit dari temoat tidur dengan sesekali menggerakkan pergelangan kaki.

  • Kelola emosi dengan baik

Merupakan hal yang wajar jika ibu mengalami perasaan yang tak terduga sebelumnya setelah operasi. Perasaan ini tergantung dari harapanmu sebelum melahirkan dan proses persalinan tersebut. Biasanya para ibu akan mengalami rasa tidak percaya diri setelah menjalani operasi caesar karena ketidakmampuannya untuk melahirkan dengan normal seperti wanita pada umumnya. Namun sebaiknya para ibu harus tetap bersyukur karena kondisi bayi dan ibu terselamatkan berkat operasi caesar tersebut. Karena itulah, sebaiknya ibu juga mengendalikan emosinya agar bisa cepat pulih dan dapat mengasuh anak dengan sehat.

  • Merawat bekas luka caesar

Hal yang paling penting dilakukan adalah merawat bekas luka jahitan setelah operasi caesar. Bekas luka ini biasanya berupa sayatan yang ada pada bagian perut yang kemudian akan dijahit setelah bayi dikeluarkan. Maka, bagi anda yang baru saja operasi caesar, sebaiknya melakukan beberapa hal seperti;

  • Menghindari berhubungan seksual
  • Mengganti perban setiap hari
  • Pastikan saat merapat bagian yang dimaksud, tangan dalam kondisi steril dan bersih
  • Jika perawat meletakkan plester di luka, biarkan hingga plester tersebut terlepas dengan sendirinya atau setidaknya dan tunggu hingga seminggu. Tetapi, jika belum juga terlepas hingga seminggu, ibu bisa melepasnya sendiri dengan perlahan-lahan.
  • Jangan menggunakan bedak atau lotion pada luka sayatan
  • Istirahat yang cukup

Istirahatlah saat memiliki kesempatan, seperti saat bayi sedang tertidur seperti pada siang hari.  Karana biasanya pada malam hari, upayakan juga untuk tidur selama 7 hingga 8 jam jika memungkinkan. Tidur bermanfaat dan penting untuk tubuh guna mendukung pertumbuhan jaringan yang membantu proses penyembuhan luka. Jangan lupa untuk mengkonsumsi banyak air putih dan mengonsumsi makanan serat tinggi untuk mencegah sembelit.

Makanan pantangan dan cara menyembuhkan ini sebaiknya anda lakukan agar hasilnya maksimal dan operasi caesar tidak lagi menjadi momok bagi anda. Terimakasih dan selamat membaca Makanan yang Dilarang Pasca Operasi Caesar.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

8 Manfaat Olahraga Skipping yang Penting Anda Ketahui

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *