Makanan Yang Dilarang Dimakan Saat Maag

Makanan Yang Dilarang Dimakan Saat Maag – Maag merupakan gangguan lambung yang cukup sering diderita oleh banyak masyarakat di Indonesia. Biasanya penyakit ini menimbulkan rasa perih, kembung,  mual dan perasaan ditusuk-tusuk di bagian lambung dan juga ulu hati. Dan rasa sakit tersebut bisa membuat aktivitas sehari-hari terganggu. Penyakit maag atau tukak lambung sendiri merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya radang atau luka di bagian lambung. Penyebabnya dari penyakit maag adalah karena mengonsumsi jenis makanan-makanan tertentu yang membuat produksi asam lambung menjadi berlebih, pola makan tidak teratur, stres, kurang tidur, mengkonsumsi alkohol dan lain sebagainya. Penderita penyakit maag masih digolongkan menjadi beberapa bagian sesuai dengan tingkat keparahanya. Ada maag yang ringan, maag sedang, maag parah atau kronis bahkan ada juga yang sampai bisa menyebabkan kanker lambung. Beberapa cara agar bisa menghindari kambuhnya penyakit maag adalah mengatur pola makan. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya penderita maag hindari. Dengan begitu diharapkan penyakit maag tidak mudah kambuh, dan aktivitas harian anda tidak terganggu. Berikut ini adalah Makanan Yang Dilarang Dimakan Saat Maag.

Makanan Yang Dilarang Dimakan Saat Maag

  1. Buah dan sayur yang bisa menghasilkan gas

Beberapa jenis buah dan sayur bisa menghasilkan gas setelah kita konsumsi. Penderita penyakit maag sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan jenis ini, seperti kol/kubis,  sawi, kacang-kacangan, buah nangka, kedondong, pisang ambon, dan berbagai macam buah yang dikeringkan.

  1. 2. Makanan Pedas

Makanan Yang Dilarang Dimakan Saat Maag selanjutnya adalah makanan dengan rasa yang pedas. Makanan pedas mungkin memang nikmat, namun terlalu sering makan makanan yang pedas apalagi bila jumlah cabainya banyak bisa melukai lambung anda. Apalagi jika maag anda sedang kambuh, jangan berani-berani anda mengkonsumsi makanan pedas, sebab bisa memperburuk keadaan anda. Selain makanan pedas yang mengandung banyak cabai, makanan yang mengandung merica juga harus anda hindari sebab dapat memberikan efek yang sama.

  1. 3. Minuman Bersoda

Minuman ini jelas bisa menghasilkan banyak gas yang dapat memunculkan rasa penuh di dalam perut kita. Jadi sebaiknya penderita maag menghindati minuman bersoda. Selain minuman bersoda minum lain yang harus dihindari oleh penderit penyakit maag adalah minuman beralkohol.

  1. 4. Makanan asam yang memicu asam lambung

Beberapa makanan bisa membuat lambung kita memproduksi asam dalam jumlah yang banyak. Hal ini dapat membuat penderita maag mengalami rasa nyeri di perut. Oleh sebab itu penderita maag harus menghindari makanan ataupun buah yang bersifat asam, cuka dan kopi.

  1. 5. Makanan yang sulit dicerna tubuh

Ada beberapa jenis makanan yang sulit dicerna oleh organ lambung, sehingga jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebih bisa mebuat lambung kita bekerja dengan berat. Beberapa makanan tersebut antara lain adalah makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi, kue dengan banyak krim, keju dan  juga cokelat.

  1. Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat

Sebagian makanan yang memiliki kandungan karbohidrat juga tak baik untuk organ lambung para penderita maag. Usahakan  untuk menghindari mengonsumsi mie, bihun, ketan, pasta, jagung, ubi, ketan, talas dan singkong. Sebab makanan-makanan tersebut tidak cukup baik untuk lambung penderita maag.

Itulah beberapa Makanan Yang Dilarang Dimakan Saat Maag. Jika anda ingin organ lambung anda tetap sehat dan penyakit maag anda tidak kambuh atau semakin parah, sebaiknya  hindarilah makanan-makanan diatas.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Pengidap Liver

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Perlu Dana Tunai di Jawa Timur..? Cukup WA/SMS, Kami Datang, Dana Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *