Khasiat Tanaman Obat Jahe Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Obat Jahe – Jahe adalah salah satu jenis tanaman yang hidup sepanjang tahun. Tanaman ini bisa tumbuh di berbagai wilayah, seperti India, Indonesia, Cina, Karibia,  Asia Barat Daya dan Afrika Barat. Adapun ciri-ciri tanaman jahe yaitu memiliki bau yang tajam dan khas serta terasa hangat jika dikonsumsi. Biasanya jahe digunakan sebagai campuran jamu, bumbu masakan atau bisa juga dibuat untuk wedang jahe. Seiring perkembangan zaman, cara pengolahan jahe pun semakin beragam dan berkembang. Kini, jahe dapat digunakan sebagai campuran berbagai jenis makanan olahan seperti permen jahe, dodol jahe, dan selai jahe.

Khasiat Tanaman Obat Jahe Untuk Kesehatan

Selain diolah menjadi bermacam-macam jenis makanan, ternyata jahe memiliki begitu banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Jahe bukan sekedar sebagai bahan pelengkap untuk menambah citarasa masakan Anda. Apa saja itu? Berikut ini daftar khasiat tanaman obat jahe:

  1. Mengobati gangguan saluran pernapasan

Jika Anda mengalami gangguan pernapasan, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi minuman dari ekstrak jahe. Ekstrak jahe memberikan rasa lega pada saluran pernapasan sehingga napas bisa menjadi lebih lancar. Mengkonsumsi jahe akan memberikan sensasi hangat sehingga tenggorokan terasa lebih hangat.

  1. Membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan

Konsumsilah ekstrak jahe untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. Jahe membantu proses pemecahan protein pada makanan yang kita konsumsi. Selain itu, mengkonsumsi jahe dapat juga membantu proses penyerapan berbagai nutrisi makanan. Selain itu, kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada jahe dapat membuat saluran pencernaan terhindar dari infeksi berbagai macam penyakit.

  1. Mencegah penyakit kanker

Jahe memiliki kandungan antioksidan yang alami, yaitu minyak atsiri. Minyak atsiri berpotensi untuk mencegah masuknya penyakit akibat radikal bebas, salah satunya penyakit kanker. Untuk mencegah berkembangnya sel kanker, Anda dapat mengkonsumsi jahe merah secara rutin. Selain mencegah penyakit kanker, mengkonsumsi jahe juga dapat mencegah masuknya berbagai jenis penyakit lain karena jahe sangat kaya akan antioksidan.

  1. Mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur

Jahe memberikan manfaat keteraturan siklus menstruasi bagi wanita. Di China misalnya, gula merah dan jahe yang dicampurkan dalam teh banyak dikonsumsi untuk mengurangi kram ketika datang bulan.

  1. Mengobati rematik

Untuk mengobati rematik, siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut ke atas bara atau api dan kemudian ditumbuk. Tempel tumbukan jahe ke bagian tubuh yang sakit rematik. Cara yang lain yaitu dengan menumbuk bersama cengkeh, dan ditempelkan ke pada bagian tubuh yang rematik.

  1. Mencegah peradangan

Kandungan gingerol pada tanaman jahe berfungsi sebagai anti inflamasi yang berkhasiat untuk meredakan peradangan. Obat anti peradangan biasanya mengandung gingerol sebagai komposisi bahan buatannya.

  1. Obat mual & masuk angin

Karena jahe dapat memblok serotonin yakni senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbullah rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan. Membuat lambung nyaman, meringankan kram perut dan juga membantu mengeluarkan angin.

8. Menangkal radikal bebas

Jahe mengandung antioksidan yang dapat menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Itulah beberapa khasiat tanaman obat jahe untuk kesehatan tubuh. Konsumsilah jahe ataupun ekstrak jahe untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan mencegah timbunya penyakit. Mengkonsumsi jahe dalam bentuk minuman juga baik untuk menghangatkan badan pada cuaca dingin. Semoga bermanfaat…!

Baca artikel sebelumnya juga ya…

8 Khasiat Tanaman Obat Ginseng Untuk Kesehatan

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *