Khasiat Tanaman Obat Daun Dewa Untuk Kesehatan

Khasiat tanaman obat daun dewa – Daun dewa atau yang memiliki nama latin gynura civaricata adalah tanaman herbal yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Tanaman daun dewa dapat digunakan sebagai pengobatan mulai dari akar hingga daunnya.

Khasiat Tanaman Obat Daun Dewa Untuk Kesehatan

Tanaman daun dewa berasal dari Cina dan Myanmar. Daun dewa digunakan sebagai obat tradisional sejak ribuan tahun lalu karena memiliki kandungan kimia seperti minyak astiri, saponin, tannin, flavonoid, polifenol, vanilat,  asam pp-kumarat, asam klorogenat, alkaloid, asam p-hidroksi benzoate, sterol, tritelpenoid dan vitamin K. Tanaman dewa yang memiliki tinggi sampai sekitar 40 cm dan batang tegak ini dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Jika anda penasaran apa sajakah khasiat tanaman obat daun dewa untuk kesehatan, berikut ini ulasanya :

  1. Mengobati Diabetes

Daun dewa mempunyai sifat hipoglikemin yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Untuk mengobati penyakit diabetes, seduh 5 lembar daun dewa dengan 110 ml air panas. Setelah airnya hangat atau agak dingin, minum dengan perlahan. Lakukan pengobatan tradisional ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Melawan kanker

Daun dewa bersifat sitotastik dimana mampu menghambat pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker. Untuk membuat ramuan anti kanker ; ambilah daun dewa, daun jombang dan temu putih masing-masing sebanyak 30 gram. Rebuslah dengan 600 ml air sampai airnya menyusut 300 ml. Minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari selama dua minggu. Berhenti selama 3 hari, kemudian lanjutkan pengobatan setelahnya. Cara ini juga efektif untuk mengobati tumor secara alami.

  1. Mengobati rematik

Gejala reumatik tentunya sangat menyiksa penderita. Rasa sakit dan nyeri di persendian sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk pengobatan rumahan, buatlah ramuan dari daun dewa. Sediakan 30 gram daun dewa yang segar, 10 gram jahe merah dan 30 gram akar sawi langit. Rebuslah ketiga bahan dengan 600 ml air, biarkan sampai air tersisa 300 ml saja. Setelah airnya dingin, minum dengan segera.

  1. Mengatasi kejang pada anak

Tak perlu panik, saat anak anda menderita demam tinggi disertai dengan kejang. Obati dengan menggunakan daun dewa. Caranya yaitu tumbuk batang tanaman ini sampai mengeluarkan airnya. Campur dengan menggunakan madu murni, berikan kepada anak anda untuk diminum.

  1. Mengobati demam berdarah

Penyakit demam berdarah diakibatkan oleh virus dengue, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk betina aedes aegypti. Untuk mengobati demam berdarah, cobalah cara yang tradisional. Siapkan 30 gram daun dewa dan rebus dengan 600 ml air sampai airnya berkurang setengahnya. Minum ramuan tersebut dengan rutin, 2 kali dalam sehari.

  1. Mengobati wasir

Daun dewa juga berkhasiat untuk mengobati penyakit wasir atau ambien. Cara membuat ramuan yaitu ambil daun dewa, madu murni dan gel lidah buaya. Rebus dengan air secukupnya selama beberapa menit. Minum ramuan tersebut setiap hari sampai sembuh.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun dewa juga memiliki sifat hipotesif yang berguna untuk mengobati hipertensi secara alami. Cara membuat ramuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu rebus 7 lembar daun dewa yang sudah tua dengan 3 gelas air sampai menyusut segelas. Minum airnya di pagi dan sore hari. Anda juga dapat makan daun dewa segar sebagai lalapan.

Itu tadi beberapa khasiat tanaman obat daun dewa yang bisa anda jadikan sebagai ramuan tradisional alami. Semoga bermanfaat….!

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Tanaman Kunyit Dan Cara Pembuatannya Yang Wajib Diketahui

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *