Khasiat Tanaman Obat Akar Wangi

Khasiat Tanaman Obat Akar Wangi

Khasiat tanaman obat akar wangi – Mungkin masih banyak masyarakat kita yang belum begitu mengetahui mengenai tanaman yang dikenal dengan sebutan akar wangi. Namun jika disebutkan minyak atsiri mungkin banyak orang yang mengenalnya, dan akar wangi inilah yang ternyata merupakan penghasil minyak atsiri kelas satu. Selain itu, ternyata akar wangi ini juga merupakan salah satu bahan utama pada industri kosmetik khususnya parfum. Tanaman yang memiliki ciri berbatang lunak dengan ruas-ruas berwarna putih serta memiliki bentuk daun berbentuk garis pipih dan kaku serta memiliki bentuk bunga berbulir-bulir pada ujung batang ini tampaknya tak hanya memiliki manfaat dalam masalah kecantikan saja, namun khasiat tanaman obat akar wangi ini ternyata juga berdampak pada masalah kesehatan dan juga mengatasi beragam jenis penyakit yang menjangkiti seseorang. Hal ini lantaran di dalam akar wangi ini terdapat beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh seperti asam vevitena, vetiverol, minyak atsiri, vetiveron.

Khasiat Tanaman Obat Akar Wangi

Khasiat Tanaman Obat Akar Wangi

Beberapa khasiat akar wangi yang dapat dimanfaatkan masyarakat kita dalam menjaga kesehatan dan juga digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit tertentu diantaranya yaitu :

  • Dapat bermanfaat untuk mengusir serangga yang menganggu
  • Untuk mencegah bau mulut dan bau badan
  • Dapat digunakan sebagai obat gosok untuk mengobati penyakit reumatik , pegel linu dan encok
  • Untuk mengobati sakit gigi
  • Untuk mengobati luka
  • Untuk mengobati bekas gigitan hewan berbisa seperti ular, kalajengking dan tawon.
  • Karena akar wangi ini memiliki sifat deuretik, maka tak heran jika salah satu khasiat tanaman obat akar wangi ini adalah untuk menurunkan panas tinggi atau demam
  • Akar wangi yang memiliki sifat anti inflamasi juga memiliki manfaat untuk mengatasi radang atau pembengkakan.
  • Untuk memperlancar keluarnya keringat pada tubuh, sehingga akan sangat cocok bagi mereka yang sedang meriang.
  • Dapat menjaga sistem syaraf yang telah rusak dan bahkan memperbaikinya
  • Tak hanya untuk bahan uatam parfum, akar wangi ini juga bisa digunakan sebagai penghalang munculnya iritasi pada jerawat.
  • Untuk membantu menghancurkan pada penderita batu ginjal dan mencegah munculnya kembali gejala penyakit batu ginjal
  • Mampu mencegah tekanan darah tinggi. hal ini dikarenakan akar wangi ini juga memiliki peran dalam melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  • Untuk kecantikan rambut, akar wangi ini juga memiliki peran dalam membasmi kutu dan ketombe pada kulit kepala dan rambut.

Cara untuk mendapatkan khasiat tanaman obat akar wangi ini ada beragam cara, baik itu dengan cara direbus sebagai ramuan obat dari dalam tubuh yang diminum, atau bisa juga digunakan sebagai obat oles untuk penggunaan luar yaitu dengan cara mengambil ekstrak atau sari akar wangi, atau bisa juga digunakan sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulut dan menjaga kesehatan mulut dan gigi. Selain itu juga, kabar gembiranya, akar wangi ini tampaknya tidak akan menimbulkan efek samping apapun ketika sedang mengkonsumsinya bahkan jika akar wangi ini dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Namun meskipun begitu, jika memang ada keluhan akibat penggunaan akar wangi ini, bisa jadi memang karena kondisi tubuh anda yang sedang tidak sehat atau memang terjadi alergi terhadap akar wangi. Meskipun memang sangat jarang sekali kasus alergi terhadap akar wangi.

Semoga bermanfaat bagi pembaca…!

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Khasiat Tanaman Obat Alpukat

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *