Khasiat Tanaman Bunga matahari Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Khasiat tanaman obat bunga matahari – Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman bunga Matahari? Selain bentuknya yang hampir mirip dengan sang surya yang selalu menyinari dunia yaitu berbentuk bulat dan juga berwarna kuning, bunga ini juga selalu menghadap ke arah matahari. Cobalah anda untuk memperhatikan, biasanya bunga matahari ini akan tertunduk ke bawah pada saat malam datang dan akan menghadapkan mukanya lagi di siang hari.

Khasiat Tanaman Bunga matahari Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Tanaman bunga Matahari ini biasanya ditanam di kawasan pegunungan dengan kelembaban yang cukup dan banyak mendapat sinar matahari dengn cara langsung. Tanaman yang berbatang basah ini biasanya tumbuh setinggi 1 hingga 3 meter. Sebab bentuknya yang cukup indah, bunga ini biasanya juga hanya dijadikan sebagai tanaman hias saja. Akan tetapi, seiring dengan kesadaran masyarakat akan banyaknya manfaat yang dihasilkan, maka sebagian orang juga sudah mulai memanfaatkan bunga matahari ini untuk pengobatan. Bagi anda yang penasaran, yuk simak beberapa khasiat tanaman obat bunga matahari berikut ini :

  • Pengobatan Disentri

Ternyata bunga matahari ini juga bisa di gunakan untuk pengobatan disentri. Anda dapat menyeduh kurang lebih 30 gram biji dari bunga matahari ini selanjutnya anda tim kurang lebih selama 1 jam, setelah berubah dingin anda bisa menambah dengan gula batu. Minuman ini bisa anda konsumsi untuk meringankan penyakit disentri anda.

  • Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Manfaat bunga matahari yang selanjutnya ialah mengobati infeksi yang terjadi di saluran kencing. Siapkanlah 40 gram akar dari bunga matahari. Bersihkan sampai akar bersih, potong kecil-kecil dan juga rebus memakai 2 gelas air. Dan setelah mendidih dan air tersisa segelas, segeralah di angkat. Tunggu sampai ramuan hangat dan segeralah minum.

  • Mengobati sakit kepala

Sakit kepala juga dapat di obati dengan memakai rebusan bunga ini. Ambilah 50 gram bunga matahari ini selanjutnya rebus dengan sebutir telur ayam akan tetapi jangan dipecahkan. Rebus dengan memakai 4 gelas air. Tunggu sampai air rebusan ini tersisa 1 gelas, minumlah air rebusan ini usai makan 2 kali dalam satu hari.

  • Kesulitan buang air

Memang salah satu penyebab kesulitan buang air ini baik besar dan kecil ialah adanya masalah dalam sistem pencernaan. Hal ini dapat di atasi dengan meminum air rebusan akar bunga matahari. Bagian akar yang direbus ini sebanyak 15 sampai 30 gram. Untuk menggunakanya, rebus 15 sampai 30 gram akar bunga matahari yang segar, selanjutnya minum airnya dan semuanya akan lancar kembali.

  • Infeksi saluran kencing

Rebuslah 30 gram akar bunga matahari yang segar. Sewaktu akan mendidih, segera diangkat dan minum selagi minuman ini masih hangat untuk membantu mengatasi infeksi saluran kencing anda.

  • Radang payudara

Peradangan di payudara ini juga seringkal di sebut dengan istilah medis mastitis. Sebenarnya radang yang terjadi di payudara ini dapat di sembuhkan dengan sangat mudah yaitu dengan menggunakan ramuan tanaman obat bunga matahari. Kepala bunga yang tanpa biji ini dipotong halus-halus selanjutnya dijemur. Setelah kering digongseng atau sangrai hingga hangus, jika sudah giling menjadi serbuk atau tepung. Setiap kali minum 10 sampai 15 gr yang dicampur arak putih + gula + air hangat. Ramuan ini bisa diminum 3 kali dalam satu sehari.

Itulah beberapa khasiat tanaman obat bunga matahari yang mungkin banyak dari anda yang belum mengetahuinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca artikel sebelumnya juga ya…

Manfaat Tanaman Obat Herbal Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Dapat ALPHARD hanya dengan bekerja 3 jam per hari

Tips-cara-melangsingkan-tubuh-yang-sehat-aman-dan-alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *